Terakurat – cara mengetahui sifat seseorang – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui sifat seseorang seperti salah satu cara berikut ini yang bisa kamu coba. Menilai kepribadian seseorang hanya dengan melihat dari perilakunya saja memang bisa membantu. Meskipun tidak semuanya dapat dipertanggung jawabkan.

Nah, cara mengetahui sifat seseorang melalui prilaku memang bisa dipelajari dalam ilmu psikologi. Namun, seperti halnya ilmu setiap saat manusia terus berkembang dan berevolusi. Sehingga memerlukan kebijaksanaan dalam menyikapinya. Nah berikut ini adalah cara mengetahui sifat seseorang dari caranya berbicara, simak ulasannya!

Cara Mengetahui Sifat Seseorang

Berbicara Kasar

Kebanyakan orang aka malas jika berhadapan dengan orang yang suka berbicara kasar. Mereka akan cenderung menghindar bahkan menjauhi tipe orang yang sering berbicara kasar.

Nah, jika kamu termasuk orang yang enggan untuk menjalin komunikasi dengan tipe orang seperti ini, maka kamu harus tahu bahwa menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California San Franscisco.  

Orang-orang yang berkata kasar memiliki mental dan fungsi otak yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah berkata kasar. Selain itu, mereka yang sering berkata kasar memiliki kepribadian dominan, keras, apa adanya bahkan cenderung pemarah.

Meskipun terdengar cukup menyeramkan, namun kehadiran orang-orang seperti ini memang terkadang kita butuhkan dalam kehidupan.

Berbicara dengan Suara Pelan

Mendengar seseorang berbicara dengan suara yang pelan dapat membuat kita kesal. Pasalnya terkadang kita tidak terlalu memahami apa yang sedang dibicarakan.

Jika ada tipe orang seperti di lingunga sosial kamu, maka kamu wajib tahu bahwa menurut penelitian psikologis, orang-orang yang suka berbicara pelan seringkali memiliki masalah kepercayaan diri.

Baca juga  10 Cara Untuk Melatih Kreatifitas Yang Penting

Mereka nerasa rendah diri sehingga lebih menyukai memelankan suaranya. Sifat minder mereka bisa saja berubah karena dukungan yang kamu berikan pada mereka.

Berbicara dengan Tempo Lambat

Menjalin komunikasi dengan orang yang berbicara dengan tempo lambat, terkadang terasa membosankan. Selain mengesankan orang yang bersangkutan lambat dalam berfikir, hal tersebut juga terkadang bisa membuat kita berpikir negatif pada orang tersebut.

Jika kamu bertemu dengan tipe orang seperti ini, bisa jadi orang tersebut termasuk orang yang lemah dan penakut. Sifatnya yang berhati-hati membuat orang dengan tipe ini biasanya mudah untuk dimanfaatkan, baik itu dalam hal yang positif maupun negatif.

Berbicara Cepat

Cara Mengetahui Sifat Seseorang

Bertemu dengan orang yang berbicaranya dengan tempo tepat, terkadang dapat membuat kepala pusing dan kurang jelas perkataannya. Orang yang berbicara dengan tempo cepati identik dengan orang-orang yang cerewet. Sifat orang seperti ini biasanya egois dan tidak mau kalah, mereka cenderung hanya ingin didengarkan tanpa ingin mendengarkan orang lain.

Namun, meski begitu tidak semua orang yang cerewet selalu mengarah pada sesuatu yang buruk. Terkadang kamu memerlukan kehadiran orang yang cerewet agar bisa mengingatkan kamu untuk tidak melakukan kesalahan.

Suara Lantang Ketika Berbicara

Jika dalam lingkungan kamu ada seseorang yang berbicara dengan suara yang lantang, maka kamu termasuk orang yang beruntung. Pasalnya orang seperti ini termasuk orang yang bisa menjadi panutan. Mereka yang suka berbicara dengan suara yang lantang biasanya memiliki kecerdasan, sikap percaya diri, tegas dan peduli pada orang lain.

Orang-orang seperti ini biasanya suka membagi pikirannya untuk setiap permasalahan dan mereka juga bisa menularkan sikap optimis mereka dalam menjalani kehidupan. Sikap seperti ini biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin

Baca juga  Cerita Tentang Kejujuran Sebagai Motivasi dan Edukasi Pada Anak

Berbicara dengan Lembut

Siapa yang tak suka dengan orang yang berbicara dengan lembut? Semua orang pasti menyukainya bukan. Nah, orang-orang seperti ini biasanya banyak disukai oleh banyak orang. Caranya dalam berbicara bisa jadi cerminan dari sifatnya yang baik.

Mereka juga biasanya selalu menjaga perasaan orang lain dan ia akan selalu menjaga perkataan yang keluar agar tidak menimbulkan konflik lawan bicaranya.

Orang seperti ini juga biasanya pengertian dan selalu bersikap sabar. Kehadirannya ditengah lingkungan sosial tentunya akan lebih menyenangkan. Kamu akan lebih nyaman jika berada di dekat orang yang berbicara dengan lembut.  Jika dalam lingkunganmu terdapat seseorang seperti ini maka kamu akan betah mengobrol berlama-lama dengannya.

Berbicara dengan Terbata-bata

Dalam keadaan tertentu, kamu juga bisa melihat kepribadian seseorang ketika ia berbicara. Orang yang bicaranya terbata-bata bisa jadi orang yang suka menyimpan sesuatu atau berbohong.

Orang dengan tipe ini ketika menyampaikan sesuatu akan selalu terhenti karena dirinya sendiri tidak yakin dengan apa yang dibicarakannya. Mungkin kamu sering menghadapi orang seperti ini. Namun, meskipun demikian jangan terlalu mudah untuk menyimpulkan segala sesuatu karena bisa jadi orang yang berbicara dengan terbata-bata tersebut mengalami bawaan sejak lahir.

Berbicara Sembarangan atau Melantur

Kehidupan tentunya tidak akan lengkap dengan kehadiran orang-orang yang suka berbicara sembarangan atau melantur. Orang yang suka berbicara melantur biasanya suka mengatakan sesuatu tanpa berpikir terlebih dahulu. Meskipun hal tersebut dirasa kurang baik, namun dalam lingkungan pertemanan orang-orang seperti ini selalu bisa menghibur orang disekitarnya.

Mereka biasanya memiliki sifat yang lucu dan menyenangkan. Namun, dalam keadaan tertentu orang seperti ini bisa sangat menjengkelkan dan menyebalkan hingga membuatnya tidak disukai oleh banyak orang.

Baca juga  Fakta Menarik Dibalik Pasangan yang Suka Tampil Mesra di Medsos

Berbicara Berputar-putar

Jika kamu menemukan orang yang berbicaranya suka berputar-putar, mungkin orang seperti ini biasanya pemalas. Karena ia lebih suka berkutat pada satu titik permasalahan tanpa mau mengekplorasi lebih jauh karena sifat pemalas yang tidak mereka sadari.

Orang-orang seperti ini malas untuk mempelajari sebuah persoalan dan mereka akan cenderung berputar-putar pada satu persoalan saja. Sifatnya tersebut juga akan cenderung merugikan bagi dirinya sendiri. Selain wibawa orang tersebut akan menurun, kadar pengetahuannya juga akan mudah dinilai oleh orang lain yang melihatnya.

Tidak Banyak Bicara

Dalam lingkungan masyarakat, kehadiran orang yang tidak banyak bicara tentunya selalu mengundang rasa penasaran orang lain. Orang yang tidak banyak berbicara juga bisa jadi menunjukan kepribadianya yang tertutup atau pendiam.

Mereka lebih suka mendengarkan orang lain ketimbang ikut terlibat dalam sebuah percakapan dan orang-orang seperti ini hidupnya akan lebih tenang.

Karena gesekan yang mungkin terjadi saat interaksi lebih dapat diminimalisir. Namun, karena sifatnya yang cuek dan tidak peduli pada lingkungan sekitarnya. Orang-orang seperti ni akan sulit dalam menjalin sebuah hubungan.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui sifat seseorang dari caranya ia berbicara. Sejatinya, manusia merupakan makhluk yang kompleks yang setiap saat dapat berubah. Sebagai makhluk sosial, maka diperlukan juga sikap bijaksana saat menerima setiap informasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here