Terakurat – Cara Upgrade dari Windows 7 – Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini dapat disebut sebagai salah satu sistem operasi terbaik yang ada saat ini karena mampu mengkombinasikan fitur dari Windows 7 dan Windows 8. Selain itu, pada Windows 10 ini kamu juga dapat dengan mudah mengoperasikan berbagai macam fitur didalamnya secara mudah, seperti ketika menggunakan Windows 7 dan 8.

Tak hanya itu saja, pengguna Windows 10 juga akan mendapatkan tampilan yang menarik sama halnya seperti pada Windows 8. Nah, berikut ini kami akan mengulas cara upgrade dari Windows 7 dan 8 serta cara fresh instal Windows 10.

Cara Upgrade dari Windows 7 dan 8.1 dengan Mudah

Cara Upgrade dari Windows

Cara yang paling mudah untuk melakukan instalasi Windows 10 adalah dengan melakukan upgrade dari Windows 7 dan 8.1. Seperti yang kita ketahui, Microsoft memberikan Windows 10 secara gratis kepada pengguna dua sistem operasi Microsoft tersebut dengan syarat produk yang digunakan adalah orisinil atau asli.

Untuk melakukan Upgrade, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh file instalasi Windows 10 terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya secara otomatis, kamu bisa melakukan reservasi Windows 10 atau mengunduhnya melalui Windows Update. Sedangkan untuk mengunduhnya secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi Media Creation Tool yang telah disediakan oleh Microsoft. Simak langkah-langkah lengkapnya berikut ini mengenai cara mengunduh Windows 10.

Setelah semua file instalasi telah terunduh, kamu akan diberitahu jika Windows 10 sudah siap untuk digunakan. Silahkan klik tombol “Start the Upgrade Now” untuk melakukan proses installasai. Proses ini akan berlangsungg kurang lebih 60 menit hingga selesai menyeluruh.

Selama proses instalasi, yang kamu perlukan hanyalah memantau saja karena semuanya dilakukan secara otomatis. Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat langsung menggunakan Windows 10 tersebut. Semua aplikasi serta data pribadi akan tersimpan di tempat asalnya dan tidak akan dihapus selama proses update ke Windows 10 berlangsung.

Baca juga  Resep Es Kelapa Muda untuk Lepas Dahaga Setelah Puasa

Instal Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Jika kamu tidak ingin melakukan upgrade dari Windows 7 atau 8.1 melalui Windows Update, maka kamu bisa melakukan fresh instal dengan menggunakan flashdisk atau DVD. Namun, kamu perlu mengunduh file ISO-nya terlebih dahulu.

Setelah file instalasinya terunduh, silahkan burn file ISO tersebut ke dalam kaset DVD jika ingin menginstalnya via Optical Drive. Namun, jika kamu mengunduhnya dalam flashdisk, maka tidak perlu melakukannya lagi. Selanjutnya kamu hanyalah perlu mengatur BIOS-nya agar melakukan booting melalui USB atau Optical Drive, tergantung dari opsi yang kamu pilih. Silahkan booting untuk memulai proses instalasi Windows 10 lalu ikuti beberapa langkah berikut ini.

Atur Bahasa, Waktu dan keyboard

Pada jendela pertama yang muncul pada proses instalasi, kamu diharuskan untuk mengatur beberapa hal seperti pengaturan bahasa yang ingin digunakana. Windows 10 sendiri sudah menyediakan puluhan bahasa yang bisa kamu pilih, seperti Inggris, Amerika, Perancis dan lainnya.

Setelah itu kamu harus memilih format waktu serta format penulisan mata uang yang akan digunakan di Windows 10. Terakhir, kamu harus memilih jenis keyboard yang akan kamu gunakan. Jika semuanya telah selesai diatur, lalu klik tombol Next. Pada jendela selanjutnya, maka akan terlihat sebuah tombol besar yang bertuliskan “Instal Now”. Klik tombol tersebut untuk memulai proses instalasi Windows 10.

Menentukan Tipe Instalasi

Selanjutnya kamu diharuskan untuk memilih dua macam tipe instalasi Windows 10 yang akan kamu gunakan. Yang pertama adalah “Upgrade”yang akan meyimpan data dari sistem operasi sebelumnya. Sedangkan yang kedua adala “Custom” yang akan menghapus semua data dari OS sebelumnya.

Karena kita akan melakukan Fresh Instal, maka pilihlah opsi “Custom”. Dengan memilih opsi ini maka Windows 10 yang terinstal akan benar-benar baru sehingga kamu akan terbebas dari masalah yang ada pada sistem operasi sebelumnya.

Baca juga  Tips Buka Puasa Bersama Menjadi Lebih Seru dan Menyenangkan

Membuat Partisi

Silahkan pilih partisi yang akan kamu gunakan untuk lokasi instal system Windows 10 tersebut jika kamu sudah mempersiapkan partisi sebelumnya. Jika belum, maka kamu dapat membuat partisi baru atau memformat partisi yang sudah ada.

Untuk dapat menginstal Windows 10 maka kamu wajib memiliki ruang kosong sebesar 16 GB untuk versi 32 bit dan 20 GB untuk versi 64 bit. Sangat disarankan untuk menyediakan ruang yang lebih besar dari kebutuhan tersebut, agar dapat menyimpan banyak aplikasi didalamnya.

Jika pada hardisk kamu sebelumnya sudah terdapat data-data, maka berhati-hatikah dalam mengatur partisi ini agar partisi yang berisikan data-data tersebut tidak terhapus. Setelah pembuatan partisi selesai dilakukan, selanjutnya klik tombol Net.

Install dan Lakukan Konfigurasi

Cara Upgrade dari Windows

Selanjutnya, proses intalasi Windows 10 akan segera di mulai. Proses ini akan sedikit memakan waktu sekitar 60 menit, tergantunug dari spesifikasi laptop atau komputer yang kamu gunakan. Selama proses ini, komputer atau laptop kamu akan melakukan restart beberapa kali.

Setelah instalasi selesai, kamu akan disuguhkan dengan opsi Setting atau pengatura di layar laptop kamu. Untuk mengatur berbagai konfigurasi tersebut silahkan pilih tombol “Customize”. Jika kamu tidak ingin membuang-buang waktu, silahkan pilih tombol “Use Express Settings”.

Dengan Sign in kedalam akun Microsoft maka kamu dapat mengakses beragam fitur terbaik dari Windows 10 ini seperti Windows Store dan lain-lain. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol next pada setiap halaman yang muncul hingga proses pengaturan selesai.

Windows 10 Siap Digunakan

Setelah konfigurasi selesai, komputer atau laptop yang kamu gunakan akan melakukan restart beberapa saat, kali ini untuk menyelesaikan beberapa proses instalasi dan konfigurasi. Terakhir, komputer atau laptop kamu akan masuk ke Windows 10 dan menampilkan dekstop yang sangat menarik khasi Windows 10.

Baca juga  Whatsapp Web di Komputer, Cara Menginstal Dan Menggunakannya.

Silahkan jelajahi beragam fitur yang ada pada Windows 10 agar kamu dapat cepat beradaptasi dengan fitur dan tampilan baru didalamnya. Jangan lupa juga untuk melakukan berbagai pengaturan agar kinerja Windows 10 ini sesuai denga keinginan kamu.

Selanjutnya, silahkan instal berbagai macam driver yang dibutuhkan oleh komputer atau laptop kamu. Meskipun Microsoft telah menginstal secara otomatis beberapa driver, namun terdapat beberapa komponen yang harus di instal terlebih dahulu dengan driver khususnya. Biasanya, pada laptop beberapa driver tersebut sudah disediakan pada halaman resmi dari brand laptop yang kamu gunakan. Sedangkan jika kamu menggunakan komputer rakitan, maka silahkan download di halaman website komponennya masing-masing. Atau mengandalkan aplikasi penginstal driver yang akan secara otomatis mengunduh dan memasang driver yang laptop kamu butuhkan.

Nah, itulah cara melakukan Cara Upgrade dari Windows 7 dan 8.1 dengan Mudah melalui fresh instal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here