Terakurat – Mata uang paling tinggi – Jika membahas tentang mata uang, pastinya Dollar, Poundsterling, Yen, dan Won yang akan kamu ingatat. Meski paling banyak di kenal tapi bukan berarti nilainya paling tinggi.

Mungkin kamu pasti beranggapan jika British Pound merupakan mata uang paling mahal di dunia. Sebenarnya masih terdapat beberapa mata uang dari negara lain yang lebih bernilai. Nah berikut ini beberapa mata uang dari negara lain yang lebih bernilai.

Daftar Mata Uang Paling Tinggi di Dunia

Dinar Kuwait

Posisi pertama munkin tidak sesuai dengan tebakan kamu, tapi posisi pertama mata uang tertinggi ditempati oleh Dinar Kuwait. Dinar Kuwait ini adalah mata uang resmi yang di gunakan Kuwait, sebelunya ia menggunakan Rupee Teluk.

Kuwait merupakan negara kerajaan yang terletak di Teluk Persia, Timur Tengah, Asia Barat. Negara yang kaya akan hasil Minyaknya ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan sedangkan sebelah utaranya berbatasan dengan Irak.

Meski Kuwait merupakan negara yang kecil, mereka memiliki kekayaan yang luar biasa. Nilai tinggi kurs mata yangnya jelas didapatkan dari ekspor minyak yang signifikan ke pasar global.

Karena ekonominya berbasis minyak bumi yang sangat stabil, produksi dan ekspor minyak pun sangat maju. Lebih dari 80% pendapatan negaranya berasal dari industri minyak dan hal inilah yang membuat Kuwait sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Selain ekonominya yang stabil, Kuwait juga termasuk kedalam negara yang bebas pajak dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah. Jadi wajar saja jika Dinar Kuwait menjadi mata uang nomor satu tertinggi di dunia.

Dinar Bahrain

Di posisi kedua terdapat dinar lagi, tetapi dari negara tetangganya Kuwait yakn Bahrain. Bahrain adalah negara kepulauan Teluk Persia yang populasi penduduknya hanya 1 juta orang lebih. Sama halnya dengan Kuwait, sumber pendapatan negara ini adalah ekspor emas hitam alias minyak. Yang menjadi menariknya, Dinar Bahrai dipatok dengan nilai tukar Dollar AS, dan kursnya terhadap Dollar AS tetap stabil sejak 2005.

Baca juga  Dampak Negatif Dari Internet Yang Wajib Kamu Ketahui

Nominal angkanya diwakili dengan tiga tempat desimal yang menunjukan fils. Dinar Bahrain diperkenalkan pada tahun 1965 menggantikan Rupee Teluk. Dahulunya 10 Rupee+1 Dinar. Awalnya Abu Dhabi mengadops Dinar Bahrain, tapi seiring berjalannya jaman sudah berubah menjadi dirham Uni Emirat Arab pada tahun 1973.

Rial Oman

Rial merupakan mata uang negara Oman yang disediakan oleh Bank Sentral Oman. Mata uang ini memiliki simbol dalam huruf Arab, yakni ر.ع. yang dibaca R.O. Perbandingan 1 OMR sama dengan 2.60 USD atau 2.37 EUR.

Oman adalah negara di Semenanjung Arab, berkat lokasinya yang strategis menjadikannya memiliki ekonomi yang maju dan kualitas hidup yang tinggi. Karena daya beli mata uang ini begitu tinggi, hingga pemerintah Oman sampai harus mengeluarkan uang kertas ¼ dan ½ Rial. Fakta menariknya Rial Oman juga dipatok ke Dollar AS sebagai Dinar Bahrain.

Dinar Yordania

Dinar Yordania (دينار أردني) merupakan mata uang resmi negara Yordania sejak tahun 1950. Akan tetapi mata uang ini banyak digunakan di West Bank bersamaan dengan syikal Israel. Pecahan dinar Yordania dibagi menjadi 10 dirham, 100 qirs hingga 1000 fulus.

Namun negara ini tidak berkembang secara ekonomi serta tidak memiliki sumber daya penting seperti minya. Namun, nilai 1 Jordan Dinar berharga 1,41 Dollar AS sehingga menjadikannya salah satu dari 10 mata uang yang terkuat di dunia. Jordan berada di peringkat ke 5 dari 14 negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang skor keseluruhannya jauh di atas rata-rata regional dan dunia.

Pound Britania

Pound Britania dianggap mata uang paling mahal di dunia oleh kebanyakan, padahal posisinya berada di urutan ke lima. Selain di Britania Raya, pound sterling juga digunakan di sekitarnya seperti kepulauan Falklang, Jersey, Guernsey dan masih banyak lagi.

Baca juga  Memiliki Istri Cerewet Rupanya Dapat Membuat Suami Menjadi Tambah Sehat

Akan tetapi Koloni Inggris mengeluarkan uang kertas mereka sendiri yang secara visual berbeda dari uang kertas yang dikeluarkan oleh Bank of Englang.

Sehingga negara lainnya yang menggunakan pound sepereti Skotlandia, Irlandua, Manx dan lainnya bisa menggunakan pound apasaja.

Namun yang mengherankan penduduk asli Inggris tidak selalu ingin menerima pound lain sebagai alat pembayaran, dan hanya pound sterling mereka saja.

Dolar Kepulauan Cayman

Cayman Dollar adalah mata uang resmi yang hanya digunakan di Kepulauan Cayman saja. Kepulauan Cayman adalah sebuah wilayah di bagian luar Britania Raya tepatnya berada di Laut Karibia bagian Barat. Kepulauan ini terdiri dari tiga pulau diantaranya, Cayman Besar, Cayman Kecil dan Cayman Brac.

Kepulauan Cayman merupakan salah satu dari sekian surga pajak terbaik di dunia. Pasalnya pulau-pulau ini menyediakan lisensi untuk ratusan bank, dana lindung nilai dan perusahaan asuransi.

Dolar Kepulauan Cayman begitu kuat dikarenakan dewan mata uang Cayman menyimpan lebih dari 100% cadangan dalam kewajiban pemerintah AS, seperti obligasi, surat berharga dan lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir CMIA telah menyimpan lebih dari 120% yang melindunginya dari fluktuasi harga obligasi.

Euro

Euro dengan lambang € ini merupakan salah satu mata uang yang dipakai di 19 negara anggota Uni Eropa. Wilayah mata uang ini disebut Eurozone. Diantaranya adalah Jerman, Irlandia, Belanda, Prancis, Luksemburg, Austria, Finlandia, Belgia, Italia, Portugal, Spanyol, Yunani, Slovenia, Siprus, Malta, Slowakia, Estonia, Latvia, dan Lituania.

Uang kertas EU memiliki gambar yang sama, tetapi uang logamnya memiliki ukuran yang berbeda pada bagian belakangnya sesuai dengan masing-masing negara anggota Zona Euro. Mata uang Euro beberapa tahun terakhir menguat, sehingga memungkinkannya untuk naik dalam daftar mata uang yang paling kuat.

Baca juga  Tren Teknologi di Tahun 2020, Kecerdasan Buatan Hingga 5G Berkembang Pesat

Sebagai alasannya karena EU mata uang secara resmi di negara-negara di Eropa. Selain itu Euro juga merupakan mata uang dunia cadangan kedua yang mencakup sebanyak 22,2% dari seluruh tabungan di dunia.

Franc Swiss

Meski terletak di jantung Benua Eropa, tetapi Swiss bukanlah bagian dari Uni Eropa. Negara Swiss melakukan aktivitas perekonomiannya dengan menggunakan Franc. Sejak tahun 1798, Franc Swiss sudah menjadi mata uang resmi negara Swiss dan Liechtenstein.

Uniknya, disetiap negara yang menggunakan Franc, ketika uang kertasnya dipecah menjadi koin, namanya akan berbeda-beda. Setiap 1 Franc menjadi 100 Rappen di Jerman, 100 Centime di Prancis dan 100 Centesimi di Italia.

Swiss tak hanya salah satu negara terkaya di dunia, tetapi ia juga termasuk kedalam negara yang paling stabil. Sistem perbankannya telah lama dikenal karena Kerahasiaan Bank. Selain itu Swiss juga menciptakan beragam barang-barang berteknologi tinggi yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Nah itulah beberapa Negara dengan Nilai Mata Uang Paling Tinggi, Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here