Terakurat.com – Festival Musim Panas – Pada saat musim dingin, Jepang akan semakin indah dengan balutan saljunya. Saat musim semi tiba, Jepang akan dipenuhi dengan bunga Sakura yang bermekaran.Pada saat musim gugur pun, Jepang terlihat indah dengan daun yang berwarna kuning kemerahan. Tetapi, musim panas di Jepang juga tidak kalah menarik, loh! Banyak banget festival musim panas di Jepang yang bisa kamu datangi.

Musim panas di Jepang dimulai pada bulan Juni – Agustus. Nah, apa saja, sih, festival musim panas di Jepang? Simak di berikut ini festival musim panas di Jepang yang bisa kamu datangi!

Nebuta Aomori Festival

Festival Nebuta ini merupakan salah satu festival bintang (Tanabata) terbesar yang tergabung dalam tiga perayaan, Toppers. Festival musim panas di Jepang yang satu ini diadakan di kota Aomori pada 2 – 7 Agustus.

Parade ini setiap malamnya akan menampilkan kereta dengan lentera-lentera besar yang diiringi tabuhan taiko, pemusik, dan penari. Pada hari terakhir perayaan diadakan lebih cepat yang kemudian digantikan dengan pesta kembang api yang meriah, loh!

Tenjin Festival

Festival Tenjin merupakan salah satu festival terbesar di Jepang, Toppers. Festival ini diselenggarakan di Osaka yang biasanya diadakan pada tanggal 24 -25 Juli. Dalam bahasa Jepang Tenjin memiliki arti “Dewa Langit”.

Festival ini sudah berlangsung sejak lama ribuan tahun lalu, loh. Awalnya, festival ini diadakan untuk memperingati proses pendewaan seorang cendekiawan bernama Sugawara Michizane.

Di festival ini, kamu bisa melihat parade kuil berjalan dengan ribuan orang menari mengelilingi kota dan festival perahu yang ditutup dengan pesta kembang api yang sangat meriah.

Akita Kanto Festival

Festival musim panas di Jepang yang berkaitan dengan Tanabata adalah Akita Kanto Festival. Festival ini juga dikenal dengan festival tiang lentera. Festival ini biasanya diadakan pada tanggal 3 – 6 Agustus.

Baca juga  Tempat Hangout Asik di Kota Serang, Banten.

Pada festival ini, penampil akan memperlihatkan kemampuan mereka menyeimbangkan tiang Kanto yang diatasnya terdapat lampion kertas.

Ukuran masing-masing tiang bervariasi, ada yang sampai 12 meter dengan berat 50 kg dan dapat membawa 46 lampion dengan lilin di dalamnya. Saat mengarak tiang-tiang ini tentu diramaikan dengan dentuman musik yang meramaikan acara.

Gion Festival

Festival musim panas di Jepang ini diadakan di Kyoto selama satu bulan penuh pada bulan Juli, Toppers. Festival ini sudah diadakan sejak ratusan tahun yang lalu, loh. Gion Festival ini memiliki berbagai macam pertunjukkan berbeda.

Puncak perayaannya berlangsung selama 4 hari, yaitu tanggal 14 – 17 Juli dengan diaraknya kereta Yamaboko akan ke kota. Selama parade berlangsung, kamu bisa menikmati aneka makanan yang dijual di kaki lima.

Sumidagawa Fireworks Festival

Festival musim panas di Jepang ini adalah festival kembang api yang diselenggarakan di Sungai Sumida, Tokyo, Jepang. Kembang api dengan berbagai corak diluncurkan dari kedua sisi Sungai Sumida.

Festival ini diadakan pada sabtu terakhir selama bulan Juli. Kalau kamu ingin menikmati kembang api di spot yang tidak terlalu ramai, kamu bisa ke Shiori Park atau Oyokogawa Water Park.

Awa Dance Festival

Festival Tari Awa diadakan di Provinsi Awa, Jepang, dengan menari secara ramai-ramai yang bertujuan untuk menyambut perayaan Obon.

Festival musim panas di Jepang ini diselenggarakan pada setiap tanggal 12 – 15 Agustus, Toppers.

Sekitar 100.000 penari ikut berpartisipasi dalam festival ini, loh! Mereka akan menari secara berkelompok dan menunjukkan keunikannya masing-masing.

Fukagawa Hachiman Matsuri

Festival ini biasanya diselenggarakan pada pertengahan bulan Agustus. Di Festival ini, kamu akan melihat orang akan saling menyiramkan air, Toppers.

Baca juga  Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia.

Ribuan peserta akan menyiramkan air ke rombongan pembawa tandu (mikoshi) selama pagelaran. Tetapi, fokus dari festival ini adalah tandu tersebut, loh!

Masyarakat Jepang meyakini bahwa dengan menyiramkan air ke tandu akan membawa kesehatan rohani dan jasmani kepada mereka.

Festival ini juga merupakan bentuk penghormatan pada Dewa Hachiman yang diyakini sebagai pelindung masyarakat Jepang.

Fuji Five Lakes Fireworks Festival

Lima danau yang terletak di kaki Gunung Fuji ini adalah Danau Kawaguchiko, Danau Yamanakako, Danau Saiko, Danau Shojiko, dan Danau Motosuko.

Festival kembang api di danau dekat Gunung Fuji ini diselenggarakan setiap tahunnya pada awal tanggal 1 – 5 Agustus.

Setiap harinya, kembang api akan dinyalakan di satu danau yang dimulai dari Danau Yamanakako dan berakhir di Danau Kawaguchiko.

Tidak hanya itu, akan ada berbagai pertunjukkan seperti musik selama kamu menunggu pesta kembang api, loh!

Nah, itu dia tadi beberapa festival musim panas di Jepang yang bisa kamu masukkan ke daftar perjalan kamu selama di Jepang!

Jangan sampai kamu melewatinya dan buat itinerary perjalanan kamu dengan detail biar perjalanan kamu semakin mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here