Dunia maya merupakan hal yang tidak bisa dihentikan sekarang ini. Mulai dari anak-anak hingga dewasa kini bergabung dan berselancar dalam dunia maya saat ini. Namun, untuk menggunakan Media sosial yang terhubung dengan dunia maya, banyak yang perlu kita perhatikan. Misalnya privasi dan komentar yang kita ketik unuk orang lain. Salah bertindak bisa membuat kita justru berada dalam masalah yang besar. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dari dunia maya, yuk simak ulasan berikut. Beberapa film yang menceritakan betapa menyeramkannya dunia maya!

1. Cam.

Film original milik Netflix ini dibintangi oleh Madeline Brewer yang pernah hadir dalam serial “Black Mirror” dan “Orange is the New Black”. Madeline berperan sebagai seorang cam girl online yang melakukan broadcast demi mendapatkan ranking tinggi. 

Suatu hari, tibatiba ada seseorang yang berwajah sama dengan dirinya mengambil alih akunnya. Padahal, ia tidak sedang melakukan live show

2. Unfriended.

Bercerita tentang seorang perempuan yang bunuh diri, karena videonya tersebar di dunia maya. Setahun kemudian, sekelompok siswa yang diperankan oleh Shelley Hennig, Moses Jacob Storm, dan lain-lain memiliki grup chat di Skype. Tiba-tiba, ada seseorang dengan username “Billie227” yang masuk ke dalam grup chat tanpa bisa dikeluarkan. Ternyata, ia adalah Laura Barns, siswa yang setahun lalu melakukan bunuh diri. 

3. Friend Request.

Film ini dirilis pada tahun 2016 ini dimainkan oleh Alycia Debnam-Carey, William Moseley, dan Connor Paolo. Melalui Facebook, Alycia mendapatkan friend request dari teman kelasnya yang terkenal sangat pendiam. Anehnya, ia terus menemukan keanehan yang terjadi pada teman sekelasnya tersebut. Ternyata, teman sekelasnya itu sedang dirasuki oleh arwah jahat. 

4. Pulse.

Dibintangi oleh Kristen Bell, Ian Somerhalder, dan Christina Milian, film ini merupakan hasil adaptasi dari film Jepang yang berjudul “Kairo”. Teror menyeramkanpun terus terjadi pada Kristen Bell via online, mulai dari chat, sistem komputer, dan lain-lain. Semua hal tersebut membuatnya harus menderita bersama teman-temannya, sehingga memutuskan untuk memperbaiki berbagai hal.

5.Chain Letter.

Siapa yang tidak pernah mendapatkan pesan berantai? Biasanya, pesan berantai minta diteruskan, agar tidak terjadi sesuatu yang buruk. Film yang satu ini mengangkat fenomena tersebut dengan menggunakan e-mail. Secara perlahan, satu demi satu orang mendapatkan email yang harus diteruskan kepada orang lain. Bila tidak kematian bisa menghantui mereka.

6. The Den.

Berawal dari seorang perempuan yang diperankan oleh Melanie Papalia yang sedang mengakses The Den, sebuah media sosial berbasis webcam. Ia suka berbicara dengan orang asing melalui media sosial tersebut. Pada suatu hari, ada seseorang yang melakukan hack pada akunnya, sehingga webcam sering menyala dengan sendirinya. Tanpa sengaja, ia menyaksikan pembunuhan seseorang, saat sedang berbicara melalui webcam. 

7. Like.Share.Follow.

Film ini menceritakan tentang Keiynan Lonsdale, pemeran utama dalam film ini merupakan seorang Youtuber yang sedang naik daun. Pada awalnya, ia selalu menjaga jarak dengan fans, agar tak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Suatu hari, ia mendapatkan email dari salah satu fans, berujung pada keduanya menjalani hubungan yang serius. Ternyata, fans yang jadi kekasihnya itu adalah seorang psycho. 

8. Open Windows .

Film ini tentang kejahatan internet yang mengeksplorasi kecanggihan internet. Konfilk yang terjadi dalam film ini lebih kompleks. Banyak hacker yang saling menunjukkan kemampuannya. Sejak awal hingga akhir, film garapan Nacho Vigalondo ini memberi ketegangan sekaligus kebingungan yang intens.

Film ini tidak hanya bikin kamu tegang karena misteri yang disampaikan, tapi juga dengan konflik kejahatan yang ditampilkan sepanjang film ini.

9. Searching.

Film ini punya point of view yang mirip dengan Unfriended (2014) alias sepanjang film lo bakal lihat layar desktop dengan aplikasi jadulnya. Hebatnya, dengan tampilan seperti itu enggak bikin lo pusing. Ditambah, sutradara Aneesh Chaganty bisa bikin lo ikut hadir dan merasakan yang dihadapi pemeran utama.

Secara desain, film ini memang punya budget rendah. Namun, film tentang kriminal di dunia maya ini bisa digarap brilian meski plotnya pasaran. Film yang bikin lo fokus sepanjang film ini bisa mampu memberikan nuansa teka-teki dan misteri. Lo udah bisa nonton film ini mulai 4 September 2018 di bioskop.

10. Host.

Film horor ini terinspirasi dari penggunaan sebuah aplikasi video conference, zoom. Cerita berawal ketika enam orang teman yang terjebak lockdown menggelar pertemuan via aplikasi zoom. Mereka lantas melakukan sebuah pemanggilan arwah secara online. Sayangnya, ritual tersebut akhirnya berubah menjadi teror maut. Para roh jahat mulai menyerang rumah mereka.

Yang menarik dalam film ini, Host ditulis sekaligus diproduksi Rob Savage sepenuhnya saat Lockdown. Bahkan, Savage tak pernah bertemu langsung dengan para pemainnya. Haley Bishop, Edward Linard, Jemma Moore, Radina Drandova, Caroline Ward, dan Emma Louise Webb. Mereka semua hanya diarahkan secara Daring. Sama seperti film Searching yang sukses menarik perhatian penonton, host juga akan mengajak penonton melihat seluruh adegan melalui layar komputer.

Baca juga  Film Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here