terakurat.comhantu-cina-Pernah menonton film Mandarin? tentu kamu tak asing lagi dengan sosok vampir. Tapi tahu nggak sih, ternyata China juga punya banyak urband legend dengan hantu-hantu yang lebih menyeramkan selain vampir.

Sama seperti di Indonesia yang punya banyak sosok hantu menyeramkan seperti, kuntilanak, pocong, atau genderuwo. China ternyata juga punya banyak kisah dan sosok hantu yang bisa membuat kamu merinding atau bahkan pingsan kalau ketemu sama mereka.

Penasaran seperti apa penampakan mereka? Yuk, simak ulasan para hantu berikut ini…

You Hun Ye Gui.

unimaginablenightmares.blogspot.com

You hun ye gui dikenal sebagai hantu liar. Ia diyakini memiliki sifat pendendam dan ingin balas dendam pada orang-orang yang pernah membuatnya tersinggung saat masih hidup dulu. Jangan sampai deh ketemu sama hantu yang satu ini.

Wu Tou Gui.

m.kwikku.com

Tanpa kepala, hantu yang satu ini justru berkeliaran tanpa tujuan yang jelas. Hantu ini adalah roh-roh orang yang dibunuh dengan cara dipenggal. Dalam beberapa cerita rakyat China, hantu ini konon akan mendekati seseorang di malam hari dan meminta kepala orang tersebut.

Niu Tou Ma Mian.

id.wikipedia.org

Niu Tou dan Ma Mian adalah sepasang penjaga menakutkan dari Di Yu (akhirat) dalam mitologi China, tempat roh yang sudah meninggal akan menerima pengadilan atas perbuatan mereka sebelum bereinkarnasi.

Sebagaimana arti nama mereka, Niu Tou memiliki kepala kerbau dan Ma Mian berkepala kuda. Mereka juga disebut Ngau Tau Ma Min dalam dialek Kantonis dan Gu Tau Beh Bin atau Gu Thou Be Bin dalam dialek Hokkien.

Yuan Gui.

mythians.blogspot.com

Yuan gui adalah ruh dari orang-orang yang mati dengan cara yang tidak adil. Cerita tentang hantu ini muncul di China saat awal Dinasti Zhou dan direkam dalam catatan klasik Zuo Zhuan, lho. Tidak ada satupun dari hantu ini dapat beristirahat dengan tenang ataupun pergi ke ‘dunia bawah’ untuk direinkarnasi.

Baca juga  Tempat-tempat Angker Di Indonesia.

Nu Gui.

idnispirasitime.blogspot.com

Nah, kalau hantu yang bernama Nu gui ini adalah hantu perempuan pendendam dengan rambut yang panjang dan digambarkan selalu bergaun merah. Dalam dongeng, hantu ini adalah ruh dari perempuan yang mati karena bunuh diri dan memakai gaun merah saat kematiannya.

Gui Po.

konfrontasi.com

Gui po adalah hantu berbentuk sosok wanita tua yang ramah. Konon mereka adalah roh baik yang dulunya bekerja sebagai pembantu di sebuah keluarga kaya. Dan kemudian mereka kembali untuk membantu tuan mereka.

Ba Jiao Gui.

pinterest.se

Hantu yang satu ini mirip dengan kuntilanak dalam legenda di Indonesia. Ba jiao gui secara harfiah diartikan sebagai hantu pisang. Hantu wanita yang tinggal di pohon pisang ini akan muncul sembarai meratap pada malam hari, kadang-kadang sambil membawa bayi.

Dalam beberapa cerita rakyat dari Thailand, Malaysia dan Singapura, orang-orang senang meminta nomor undian dari hantu itu dengan harapan memenangkan undian.Mereka akan mengikat benang merah mengelilingi batang pohon dan menempelkan jarum di dalamnya dan kemudian mengikat ujung tali ke tempat tidur mereka.

Saat malam hari, Ba jiao gui akan muncul dan memohon kepada orang-orang itu untuk membebaskannya, dan sebagai imbalannya, ia akan memberikan nomor undian. Jika orang tersebut tidak memenuhi janjinya untuk membebaskan hantu tersebut setelah menang, dia akan bertemu dengan kematian yang mengerikan. Hantu ini sering disamakan dengan Pontianak, hantu dalam cerita rakyat Melayu.

Heibai Wuchang.

journeytothewestresearch.wordpress.com

Heibai Wuchang adalah dua dewa, satu pendek, satu tinggi, dan keduanya dirantai menjadi satu pada pergelangan kaki mereka. Mereka bertugas memberi berkah pada orang baik dan hukuman pada orang jahat.

Keduanya adalah bawahan Yan Luo Wang atau raja akhirat dalam kepercayaan Taoisme dan bertugas untuk mengawasi perbuatan baik dan buruk manusia di dunia.

Baca juga  Misteri Gunung Lalakon, Makam Embah Batu Gajah

Jiangshi.

mikeportal.blogspot.com

Jiangshi, juga dikenal sebagai vampire atau zombie ‘melompat’ dari China. Hantu ini adalah tipe mayat yang dihidupkan kembali dalam legenda dan cerita rakyat China.

Hantu ini biasanya digambarkan sebagai mayat hidup yang dapat bergerak dan menghisap darah manusia. Siapapun yang dihisap darahnya juga akan berubah menjadi vampir.

Dalam cerita atau legenda rakyat China, vampir dikenal dengan sebutan jiangshi atau juga dieja chiang-shih. Jiangshi biasanya digambarkan sebagai mayat kaku yang mengenakan pakaian resmi dari Dinasti Qing dan bergerak dengan cara melompat dan merentangkan kedua tangan ke depan.

E Gui.

sharethisya.blogspot.com

Hantu ini diyakini sebagai roh dari orang-orang yang melakukan dosa karena keserakahan mereka ketika masih hidup, dan telah dikutuk untuk menderita kelaparan setelah kematian.

Sebutan ini mengacu pada hantu yang muncul selama Festival Hantu berlangsung di China. E gui memiliki mulut yang terlalu kecil untuk menelan makanan dan seluruh tubuhnya ditutupi dengan kulit berwarna hijau atau abu-abu, kadang-kadang dengan perut gendut.

Hantu ini menderita rasa lapar yang tak akan pernah bisa terpuaskan. Dia menghantui jalanan dan dapur, mencari korban dan makanan yang telah membusuk. E gui yang lapar juga mengonsumsi sesuatu, termasuk kotoran dan daging busuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here