Terakurat – Cara Smoothing Sendiri – Tak sedikit orang Indonesia yang menginginkan rambut halus, panjang dan lembut. Maka dari itu, banyak jasa smoothing rambut di salon selalu laris manis di pasaran. Bahkan, tak hanya wanita saja, melaikan ada juga pria yang melakukan smoothing. Biasanya, karena mereka tidak menyukai rambutnya yang terlalu keriting dan tidak beraturan. Jika hanya untuk wanita saja, mungkin sudah jelas karena wanita memang menyukai rambut yang lembut dan mudah diatur.

Apakah kamu bingung dengan perbedaan smoothing dan rebonding? jika saat ini kamu sedang berniat untuk meluruskan rambut dengan kedua teknik ini, ada baiknya kamu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu.


Perbedaan smoothing dan rebonding terletak pada 3 hal, jenis rambut awal, metode pengaplikasian maupun obat yang digunakan. Smoothing cocok diaplikasikan pada rambut ikal dan mengembang, sedangkan rebonding lebih cocok untuk rambut yang sering keriting.

Jika rebonding menggunakan bahan kimia yang cenderung lebih keras, maka berbeda dengan smoothing yang menggunakan obat yang mengandung protein. Sehingga hasilnya lebih sehat.

Biaya smoothing rambut disalon juga terbilang fantastis, karena smoothing membutuhkan tingkat lebih bagus dibandingkan rebonding. Rebonding memang menghasilkan rambut yang lebih lurus, tetapi cenderung merusak. Sedangkan smoothing fungsinya untuk meluruskan rambut, namun membuatnya menjadi lebih lembut dan tetap sehat.

Maka dari  itu, wajar saja jika smoothing rambut bisa lebih mahal dibandingkan rebonding. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk smoothing di salon juga terbilang lama, bahkan bisa seharian.

Inilah Cara Smoothing Sendiri di Rumah dengan Mudah

Nah, kamu juga bisa smoothing rambut sendiri dirumah tanpa perlu pergi ke salon dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Baca juga  Kandungan Dalam Skincare Untuk Melembabkan Kulit!

Keramas Rambut

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam melangsungkan smoothing rambut adalah dengan membersihkan rambut terlebih dahulu. Keramaslah seperti biasa, untuk membilasnya cukup menggunakan air dingin agar pori-pori kulit kepala tidak terbuka. Dan hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menggunakan kondisioner.

Keringkan Rambut

Setelah selesai keramas rambut, lalu keringkan menggunakan handuk. Jika rambutmu tebal dan panjang, meggunakan hair dryer juga dibolehkan. Asalkan jangan mengeringkan rambut hingga kering total. Hal tersebut dikarenakan jika kamu smoothing rambut yang kering, maka dapat mengakibatkan rambut menjadi kusut, rusak dan kusam.

Membagi Rambut

Langkah selanjutnya dalam smoothing rambut sendiri adalah dengan menyisir rambut ke bawah hingga rapi. Setelah itu, bagi rambut menjadi dua bagian atau lebih. Jika rambutmu pendek maka dua bagian saja sudah cukup, yaitu bagian atas dan bawah.

Sedangkan jika rambutmu sedang, maka bagi rambut menjadi tiga bagian yaitu dua dibawah dan satu diatas. Jika rambutmu panjang, maka bagi menjadi empat. Sedangkan rambut yang sangat panjang dan tebal bisa dibagi menjadi 5 atau 6 bagian dan gunakan ikatan atau penjepit rambut untuk menahan bagian-bagian rambut tersebut.

Mengoleskan Krim Smoothing

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan krim smoothing, sisir cat (sisir yang terdapat kuas dan pegangannya panjang dan runcing­). Lalu lepaskan jepit atau ikatan pada salah satu rambut dan sisir rambut tersebut hingga tidak ada bagian yang menyangkut lagi.

Setelah itu, oleskan krim smoothing secukupnya dari pangkal rambut hingga bawah dan sisir hingga merata. Lanjutkan langkah ini hingga semua bagian rambut terkena krim smoothing secara merata. Dan jangan sampai krim smoothing sampai menempel di kulit kepala, pasalnya dapat menyebabkan rasa gatal dan perih. Jadi lebih baik kamu mengoleskan krim smoothing sekitar 1.5 – 1 cm dari akar rambut kepala.

Baca juga  Lipstick Sering Dipakai Untuk Mempercantik Wajah, Berikut Ini Sejarahnya!

Tunggu Hingga Krim Benar-benar Meresap

Waktu yang diperlukan dalam mengaplikasikan krim smoothing bisa 10 menit hingga 40 menitan, tergantung dari seberapa panjang dan tebal rambut yang di smoothing. Setelah semua krim smoothing telah diaplikasikan rapi pada rambut, lalu diamkan selama 20 menit agar krim dapat bekerja dengan baik.

Bilas dengan Air Hangat

Setelah didiamkan selama 20 menit atau lebih, nah sekarang waktunya membilas rambut menggunakan air hangat. Jika tidak ada air hangat, otomatis kamu harus memasak air hangat terlebih dahulu. Selagi menunggu krim smoothing meresap kedalam rambut, kamu bisa memasak air terlebih dahulu.

Air hangat digunakan agar dapat mengilangkan krim smoothing pada rambut dengan lebih cepat. Jika menggunakan air dingin, maka akan sedikit sulit jadinya kamu membutuhkan bantuan shampo.

Keringkan Rambut

Jika smoothingmu sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mengeringkat rambut. Jika mengunakan rambut, jangan gosok kasar rambut. Cukup tekan-tekan saja sambil dirampihkan ke arah bawah atau kamu juga bisa menggunakan bantuan hair dryer agar rambut mengering lebih cepat.

Vitamin Rambut

Agar rambutmu tidak rusak dan membuat hasil smoothinganmu menjadi lebih awet, maka aplikasikanlah vitamin rambut. Gunakan vitamin rambut ketika rambut dalam kondisi setengah kering untuk hasil yang lebih baik.

Catok Rambut

Setelah rambutmu benar-benar kering, lalu lanjutkan dengan catokan. Selesai melakukan smoothing, rambut wajib dicatok agar hasil smoothingnya lebih awet. Siapkan alat catok, jika kamu belum memilikinya mungkin kamu perlu membelinya terlebih dahulu sebelum melakukan proses smoothing.

Panaskan alat catok hingga 200°, atau kurang dari 200°. Nah, selama menunggu catokan rambutmu mengering, maka bagi lagi rambut menjadi dua atau empat bagian untuk mempermudah proses catok.

Baca juga  Rekomendasi Merk Foundation Terbaik Agar Makeup Tahan Lama

Lalu, catoklah rambutmu mulai dari pangkalnya hingga ke ujung. Tak perlu mencatok rambut yang sama secara berulang-ulang, terlalu ditekan, atau terlalu lama. Cukup satu kali hingga dua kali pengulangan saja untuk setiap helai rambut agar tidak mudah rusak.

Perawatan

Agar hasil smoothiong menjadi lebih awet dan rambut menjadi tidak mudah rusak, maka diperlukan perawatan tertentu seperti menggunakan shampo khusus untuk perawatan rambut smoothing. Setelah selesai keramas, menggunakan kondisioner merupakan hal yang baik.

Lakukan perawatan rambut dengan melakukan creambath atau hair spa sekali atau dua minggu sekali. Kamu bisa melakukan perawatan seperti ini di rumah ataupun di salon. Selain menggunakan produk masker untuk smoothing yang banyak dijual di pasaran, kamu juga bisa melakukan creambath dengan bahan alami.

Nah, itulah beberapa cara smoothing rambut sendiri dirumah yang bisa kamu coba. Apakah beberapa langkah diatas cukup mudah? Tentunya, dengan smoothing rambut sendiri dirumah bisa menghemat biaya dan waktu. Jangan malas merawat rambut agar hasil smoothing tidak gagal dan cepat hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here