Terakurat.com – Inovasi Tenun Garut yang Memukau – Kota Garut yang dikenal masyarakat sebagai sentra olahan dodol ternyata juga memiliki kerajinan dunia tekstil. Jika dilihat dari sejarah, Kabupaten Garut telah menjadi daerah penghasil sutera alam sejak era kolonial Belanda.

Keberadaan industri sutera Garut mempelopori industri kain sutera di tanah air. Tak heran banyak upaya untuk terus memajukan industri tenun tradisional Garut.

Kendati industri sutera alam sudah sejak ada dari dulu, namun harga jualnya rendah karena varian motif yang monoton.

Namun berkat upaya beberapa pihak yang peduli terhadap industri tekstil yang satu ini, produk tenun daerah ini menjadi bangkit kembali.

Salah satunya dengan pembentukan Kampung Tenun Panawuan sebagai sentra industri tenun.

Dahulu sebagian besar masyarakat di Kampung Panawuan berprofesi sebagai petani, namun saat ini sebagian besar sudah beralih profesi menjadi pengrajin tenun ikat Garut.

Inovasi Tenun Tradisional Garut

Garis geometri dipadu dengan gambar aneka bunga menjadi ciri motif tenun yang satu ini. Bunga-bunga yang menjadi motif tenun ikat ini antara lain bunga tapak dara, bunga kusuma, bunga puspa dan lainnya.

Selain paduan garis dan motif bunga, kain tradisional Garut juga memiliki warna yang terang. Menghadapi persaingan industri tekstil di era sekarang ini, Garut berinovasi melalui banyak workshop.

Pelatihan atau workshop yang diadakan di Garut dengan mengundang beberapa desainer Indonesia telah banyak memunculkan inovasi pada teknik serta motif tenun Garut.

Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, sejak 2016 instansi-instansi yang peduli seperti PGN (Perusahaan Gas Negara) dan CTI (Cita Tenun Indonesia) telah melakukan beberapa workshop di beberapa desa di Kabupaten Garut.

Inovasi yang dihasilkan berupa perpaduan antara tenun ikat Garut dengan berbagai teknik lainnya seperti teknik sulam, teknik plat, dan teknik twill (kepar silang) dan desain modern berupa garis sesuai perkembangan tren fesyen dan interior.

Baca juga  Makanan Khas Kalimantan yang Menggiurkan.

Selain teknik,diperkenalkan juga tren warna modern seperti polychromatic yang menonjolkan kesan anggun modern namun tanpa meninggalkan sentuhan khas tenun tradisional Garut.

Diharapkan, inovasi yang dilakukan oleh para pengrajin tenun ikat di kota ini dapat menjadikan produk bangsa ini dikenal luas hingga dunia internasional.

Bagi Anda para UMKM yang ingin menambah keilmuan tentang dunia bisnis dan kewirausahaan maupun ekonomi kreatif, dapat mengikuti webinar yang diadakan oleh Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), suatu event tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama dan sinergi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan, dan Perbankan dengan mengunjungi halaman berikut ini.

https://karyakreatifjawabarat.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here