Terakurat – Jenis Tanaman Pengusir Serangga – Nyamuk merupakan salah satu serangga yang kerap kali merepotkan manusia. Selain dapat menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulit ketika terkena gigitannya, beberapa jenis nyamuk tertentu bahkan bisa membawa penyakit yang mematikan. Untuk mengusir mereka, biasanya kita menggunakan obat nyamuk kimia atau lotion anti nyamuk. Namun hal ini tidak baik jika dilakukan setiap hari.

Sebenarnya terdapat beberapa cara alami untuk mengusir serangga dari dalam rumah yakni dengan menanam tanaman yang mereka tidak sukai. Meskipun secara teknis tidak ada yang namanya tanaman pengusir nyamuk, namun terdapat beberapa tanaman yang setidaknya menawarkan perlindungan jangka pendek terhadap nyamuk.

Sebelum kamu menggunakan bahan-bahan kimia untuk membasi serangga yang mengganggu, ada baiknya mencoba dengan menanam tanaman yang dapat mengusir serangga. Berikut ini adalah ulasan beberapa jenis tanaman pengusir serangga yang dapat kamu tanam di sekitar rumah.

Jenis Tanaman Pengusir Serangga yang Dapat Kamu Andalkan!

Basil – Ocimum Basilicum

Jenis Tanaman Pengusir Serangga

Basil merupakan tanaman yang masih berkerabat dekat dengan kemangi ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Tengah dan Asia Tenggara. Mungkin kamu akan lebih mengenal basil sebagai tanaman yang kamu gunakan untuk memasak sebagai bumbu dapur.

Selain memiliki manfaat sebagai bahan masakan, basil merupakan tanaman yang dapat mengusir serangga, terutama nyamuk. Minyak dari basil dapat membunuh telur nyamuk dan menurut sebuah jurnal, tipe basil berbulu ampuh membunuh beberapa jenis nyamuk.

Tanaman basil dapat dengan mudah tumbuh di cuaca hangat dan cerah. Selain itu, kamu juga dapat menanamnya di dalam pot. Tanaman basil akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Jadi kamu dapat menanamnya di dekat rumah sehingga dapat meminimalisir masuknya nyamuk atau serangga lainnya kedalam rumah.

Baca juga  Perbedaaan Kualitas OEM, KW, KW Super dan Original!

Mint – Mentha

Tanaman Mint memiliki cukup banyak jenisya dan setiap jenisnya memiliki rasa yang berbeda. Tetapi terdapat dua jenis tanaman mint yang paling sering digunakan, yakni spearmint dan peppermint. Jenis spearmint memiliki rasa yang ringan, sedangkan peppermint memiliki rasa yang kuat dari mentholnya.

Aroma yang dimiliki mint dapat mengusir serangga seperti nyamuk, kutu, semut, kumbang dan lain-lain. Sebaiknya kamu menanam mint didalam sebuah pot, karena mereka dapat tumbuh dengan sangat agresif. Letakan pot yang telah ditanami mint di tempat yang tepat agar serangga tidka dapat masuk ke dalam rumah.

Kamu juga harus rajin memeriksa tanaman mint karena mereka dapat tumbuh dengan sangat cepat dan harus rajin memangkasnya agar tidak tumbuh terlalu lebat. Tanaman mint cukup sulit dibatasi pertumbuhannya jika sudah lebat di tanah, karena akarnya dapat cepat menyebar saat menyentuh tanah.

Rosemary – Rosmarinus Officinalis

Rosemary merupakan tanaman rempah yang biasa digunakan pada masakan Italia. Nah, selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, rosemary juga memiliki manfaat lain yaitu kemampuannya dalam mengusir serangga.

Rosemary adalah jenis tumbuhan yang dapat mengusir serangga seperti nyamuk, kecoa, siput, dan lainnya. Tanaman ini memiliki zat cineole dan camphor yang membantu menjaga sayuran dari kutu. Selain itu, tanaman ini memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Menurut sebuah penelitian, minyak esensial yang terdapat pada rosemary mampu mengusir nyamuk dan serangga lebih lama. Jika kamu tertarik menanamnya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menanamnya di tempat yang cukup sinar matahari dan mempunyai sirkulasi udara yang baik serta drainase yang baik.

Serai – Cymbopogon Citratus

Serai merupakan tanaman yang sering digunakan untuk bumbu dalam masakan. Tanaman yang berasal dari daerah yang beriklim tropis dan subtropis asia ini memiliki kandungan minyak citronella yang mampu mengusir nyamuk.

Baca juga  Kamu Harus Tahu! Macam-macam Kecerdasan yang Dimiliki Manusia

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, minyak yang dihasilkan oleh serai mampu menjaga dari beberapa nyamuk hingga 95% selama 2,5 jam. Meskipun kita harus mengingat yang diuji adalah minyaknya, bukan tanamannya. Kamu capat mencoba menanamnya untuk melihat ke efektifannya.

Tanaman serai ini kerap kali digunakan sebagai desinfektan dalam bentuk spray atau juga dalam bentuk sabun. Tanaman ini sangat bagus jika kamu tanam di cuaca yang cerah dan memiliki drainase yang baik, kamu dapat menanamnya di dekat rumah untuk mencegah nyamuk dan juga serangga masuk.

Petunia – Petunia Spp

Jenis Tanaman Pengusir Serangga

Petunia merupakan tanaman yang memiliki bunga dengan warna yang cantik ini dapat mengusir serangga saat bunganya telah mekar. Tanaan ini terbilang cukup mudah dalam perawatannya dan dapat tumbuh di pot yang digantung.

Kebanyakan orang menganggap bahwa bunga petunia merupakan insektisida alami. Bunga petunia mampu mengusir serangga seperti kutu daun, cacing tanduk pada tomat, wereng danjuga kumbang asparagus. Kamu dapat menanamnya di dekat tanaman sayuran dan juga rempah-rempah.

Bunga Krisan – Chrysanthemmum Indicum

Jenis Tanaman Pengusir Serangga

Bunga krisan merupakan tanaman asli dari daerah Asia Timur dna juga Eropa Timur Laut. Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat mengusir serangga dengan baik. Jika kamu menanamnya, tumbuhan ini dapat mencegah serangga seperti nyamuk, kecoa, kutu busuk, kumbang jepang dan juga tunggau.

Bunga ini memiliki zat yang bernama pyrethrin yang berguna untuk membunuh serangga terbang. Tetapi kamu harus ingat, jika zat pyrethin tidaklah bagus untuk manusia karena bersifat karsinogenik. Terutama jika kamu menjadikan bunga krisan sebagai insektisida dalam bentuk semprot.

Sage – Salvia Officinalis

Sage merupakan tanaman asli dari daerah Mediterania, tetapi saat ini telah banyak tumbuh di daerah lain. Tumbuhan ini juga merupakan tanaman yang sering digunakan untuk keperluan medis dan juga bahan dapur. Saat ini, selain digunakan untuk kedua hal tersebut, sage juga ditanam untuk tanaman hias.

Baca juga  Ini Dia Mobil Termahal di Dunia Dengan Harga yang Fantastis!

Tanaman ini memiliki manfaat sebagai tanaman yang dapat mengusir serangga seperti semut, lalat dan nyamuk. Penelitian mengatakan jika menanam sage dapat menjaga kamu dari beberapa nyamuk hingga 32%.

Lavender – Lavandula Spica

Lavender merupakan tanaman yang dikenal luas dapat mengusir nyamuk. Selain dapat mengusir nyamuk, ternyata lavernder juga dapat mengusir ngengat, lalat dan juga kutu. Lavender memiliki aroma yang disukai oleh manusia, tetapi sebaliknya tidak disukai oleh serangga.

Nah, kamu dapat menanamnya di dekat jendela, sehingga dapat mencegah serangga masuk ke dalam rumah. Tanamlah lavnender di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan aroma dari lavender juga membantu kamu mengatasi insomnia dan membuatmu merasa relaks.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman pengusir serangga yang dapat membantumu mengatasi serangan serangga di kebun atau rumahmu. Selain dapat mengusir serangga, kamu juga dapat menikmati halaman yang penuh dengan bunga yang berwarna warni dan memiliki aroma yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here