Kecerdasan Habibie Menurun Hingga ke Anak Cucunya.

Kepergian Almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggalkan duka mendalan bagi masyarakat Indonesia, bayak orang turun ke jalan untuk mengucapkan selamat tinggal pada BJ Habibie untuk terakhir kalinya saat Jenazahnya melintas menuju pemakaman. Presiden ke-3 Indonesia itu juga dikenal sebagai bapak teknologi.

Habibie mengantongi puluhan hak paten dari hasil karyanya sebagai ilmuwan. Kejeniusan Habibie juga membuatnya dijuluki Mr. Crack.

Usai sang presiden meninggal dunia, sosok dua putra Habibie menjadi sorotan. Masyarakat selama ini mungkin sudah mengenali wajah putra sulung Habibie yang bernama Ilham Akbar Habibie. Namun si bungsu, banyak yang baru melihatnya karna jarang terekspose.

Putra kedua Habibie-Ainun ini bernama Thareq Kemal Habibie. Wajahnya yang muncul saat memberi keterangan pers meninggalnya sang ayah menjadi perhatian. Thareq tampil dengan satu penutup mata.

Sosok Ilham Habibie.

tribunnews.com

Ilham Habibie lahir di Kota Aachen, Jerman, 16 Mei 1963. Ilham Habibie menikah dengan Insana Ilham Habibie dan kini sudah dikaruniai tiga orang anak.

Sejak SD, Ilham Habibie bersekolah di Jerman, tepatnya di Elementary School Windmuehlenweg, Hamburg, Jerman (1969-1973).

Kemudian dilanjutkan High School Hochrad, Hamburg, Jerman (1973-1981).

Di perguruan tinggi, Ilham Habibie memilih Fakultas Teknik Mesin di Technical University of Munich, Jerman (1981-1986).

Ilham Habibie melanjutkan pendidikan S2 di tempat yang sama hingga memperoleh predikat cum laude dan lulus pada tahun 1987.

Untuk gelar doktor, Ilham Habibie masih menuntut ilmu di kampus yang sama dengan hasil summa cum laude pada 1994.

Meski sudah meraih gelar doktor di bidang teknik, Ilham Habibie masih melanjutkan untuk menuntut ilmu bisnis. Ilham Habibie mendapat gelar master of business administration (MBA) di Universitas Chicago pada 2003.

Ilham Habibie mengawali kariernya sebagai Presiden PT Dirgantara Indonesia (2002) dan juga menjadi Komisioner PT Asuransi Wuwungan (2002).

Kemudian Ilham Habibie menjadi Presiden Direktur PT Global Group Asia (2003-2006).

Di tahun 2004, Ilham Habibie menjadi Komisioner PT Citra Tubindo, Tbk dan Pimpinan Mitra Energia Ltd.

Di tahun 2005, ia melanjutkan kariernya menjadi Presiden Direktur PT Industri Mineral Indonesia, Presiden Direktur PT Ilthabi Bara Utama, dan PT Ilthabi Sentra Herbal.

Pada 2006, Ilham Habibie menjabat sebagai Komisioner PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, Komisioner PT Global Group Asia, dan Komisioner Sound Oil plc.

Baca juga  Puteri Indonesia 2019, 39 Finalis Terpilih.

Mendirikan Gedung Tertinggi di Batam.

properti.kompas.com

Kini Ilham Habibie menjabat sebagai Komisaris PT Pollux Barelang Mega Superblok Meisterstadt Batam. Dalam Konferensi Pers ‘Meisterstadt Batam – Pollux Habibie International’ yang dilaksanakan pada 5 Maret 2019 lalu, Ilham Habibie menjelaskan soal proyek gedung tertinggi di Indonesia itu.

Melalui unggahan kanal YouTube Pollux Indonesia, 21 Maret 2019, Ilham Habibie menjelaskan bahwa pembangunan gedung itu adalah wasiat dari mendiang sang ibunda.

Sebelum meninggal dunia, Ainun Habibie membeli tanah di Batam dan bermimpi ingin mendirikan rumah sakit berkualitas bagus di sana.

Ilham Habibie juga menjelaskan nantinya di gedung itu akan ada rumah sakit berkualitas internasional yang berkiblat pada negara Jerman. Ilham Habibie dikenal sebagai putra Habibie yang juga menggeluti dunia dirgantara.

Sementara Thareq mulai muncul kertika perusahaannya berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk membuat perangko khusus Habibie-Ainun.

Thareq Kemal Habibie.

kumparan.com

Sosok Thareq Kemal Habibie lah dari pihak keluarga yang kali pertama secara resmi menyampaikan kabar meninggalnya BJ Habibie. Namun, Banyak yang belum tahu siapa sebenarnya sosok nyentrik bak ‘Nick Fury’ ini.

Thareq Kemal Habibie lahir pada tahun 1967, dari pasangan Baharuddin Jusuf Habibie dan Hasri Ainun Besari. Dia merupakan anak bungsu.

Saat ini, usia Thareq Kemal Habibie memasuki 52 tahun. Thareq Kemal Habibie memiliki pasangan istri bernama Widya Leksmanawati, seorang dokter gigi yang bertugas pada TNI AL.

Selain itu, Widya Leksamanawati kini merupakan Ketua Dewan Pengurus Korpri TNI periode tahun 2016-2021. Mereka menikah pada tahun 1997 atau 12 tahun lalu.

Dikutip dari Kompas.com, BJ Habibie menikahkan Thareq Kemal Habibie dengan Widya Leksamanawati sebelum menjabat sebagai Presiden RI.

Thareq Kemal Habibie melangsungkan akad nikah dengan Widya Leksmanawati di Masjid Baiturrahim, Istana Kepresidenan, Jakarta 12 April 1997. Saat itu BJ Habibie masih menjabat sebagai Menristek/Ketua BPPT.

Saksi dalam pernikahan itu adalah Presiden Soeharto dan Wapres Try Sutrisno. Buah pernikahannya, Thareq Kemal Habibie dan Widya Leksamanawati dikaruniai 3 orang anak. Yakni, Farrah Azizah Habibie, Farhan Sultan Habibie, dan Felicia Rasyida Habibie.

Penampilan Nyentrik Thareq Menggunakan Eye patch.

tribunnews.com

Yang paling menarik perhatian adalah Thareq Kemal Habibie memakai eye patch atau penutup mata kanan yang diikat melingkar di kepala.

Baca juga  Christina Aryani, Caleg Dapil Jakarta 2

Kenapa Thareq Kemal Habibie memakai eye patch seperti ‘Nick Fury’ di film Avengers?

Belum ada penjelasan langsung dari yang bersangkutan. Eye patch biasanya digunakan untuk menutup mata yang terluka atau untuk terapi amblyopia.

Amblyopia atau mata malas adalah berkurangnya penglihatan yang terjadi karena otak mengabaikan gambar yang diterima dari mata.

Berdasarkan penelusuran Tribun-Timur.com, dikabarkan Thareq Kemal Habibie mengalami kerusakan saraf pada mata yang disebut glaukoma.

Menerbitkan Prangko Seri Habibie Ainun.

ekbis.sindonews.com

Dia mengelola perusahaan bernama PT Thareq Habibie Carbon. Sejak tahun 2017, perusahaan tersebut bekerja sama dengan PT Pos Indonesia menerbitkan prangko seri Habibie-Ainun.

Bentuk serta jenis kerja sama dilaksanakan meliputi pembuatan desain, tema dan gambar, pengaturan dan kesepakatan tentang hak cipta bagi prangko Habibie dan Ainun yang akan dijadikan sebagai benda koleksi berharga bagi mitra pihak PT Thareq Habibie Carbon maupun bagi masyarakat umum.

Dikutip dari arsip berita Tribunnews.com, Thareq Kemal Habibie menjelaskan, prangko pernikahan Habibie dan Ainun dicetak dalam jumlah terbatas.

Setiap edisi bernomor seri. Prangko tersebut dicetak dalam tujuh edisi, masing-masing edisi sebanyak 100.000 lembar dan per seri berisi empat foto keping prangko tentang pernikahannya.

Ia juga menjelaskan kerja sama ini juga akan menerbitkan replika prangko emas Habibie-Ainun. Masing-masing dicetak sebanyak 18 keping dengan 4 jenis desain yang berbeda. Total akan diterbitkan sebanyak 72 keping prangko emas Habibie dan Ainun.

Selain itu, PT Thareq Habibie juga menerbitkan prangko special edition, yaitu edisi 8 windu pernikahan Habibie dan Ainun yang akan dicetak dalam lembaran emas.

Prangko tersebut masing-masing berisi 125 keping dari 4 jenis desain yang berbeda atau total sebanyak 500 keping replika prangko emas edisi khusus 8 windu pernikahan Habibie – Ainun.

Penggunaan dan penyebaran pangko emas tersebut dilakukan sepenuhnya oleh pihak PT Thareq Habibie Carbon.

tribunnews.com

Tidak hanya anak-anak Habibi yang sangat luar biasa, cucu-cucu Habibie juga ternyata punya background dan bakat yang luar biasa dan mewarisi kecerdasan sang kakek.

Berikut adalah potret keenam cucu dari BJ Habibie :

1. Nadia Sofia Fitri Dahlia.

grid. id

Merupakan putri dari anak pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie. Nadia pernah menimba ilmu di University of Chicago, Amerika Serikat mengambil jurusan ekonomi. Nadia Sofia lahir bertepatan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga  Putra Nababan: Membumikan Pancasila Jadi Tantangan PDIP

2. Muhammad Pasha Nur Fauzan.

insertlive.com

Calon Penerus Eyang di Bidang Dirgantara Cowok yang akrab disapa Pasha ini juga merupakan anak dari Ilham Akbar Habibie. Pasha meneruskan minat dari sang kakek di bidang dirgantara. Pak Habibie pernah menuturkan kalau wajah Pasha mirip banget sama wajah beliau saat masih muda.

Enggak cuma parasnya aja yang mirip, Pasha diketahui merupakan anak yang cerdas dan berprestasi. Di usia 16 tahun, Pasha pindah ke Boston, AS, dan masuk ke sekolah khusus yang menyediakan fasilitas asrama. Tujuannya, supaya ia bisa lulus dengan nilai terbaik dan mudah diterima di kampus-kampus terbaik dunia.

Ia pun berhasil menjadi lulusan dengan nilai tertinggi. Ia pun melanjutkan studinya di Illinois Institute of Technology dan mendapatkan beasiswa penuh di sana.

3. Tifani Mutiarahati Rahima Tahira.

grid.id

Ikut Akting di Film Habibie Ainun 3 Tifani merupakan anak bungsu dari Ilham Akbar Habibie. Sosok Tifani sempat menjadi bahan pembicaraan lantaran dirinya turut berperan di film Habibie Ainun 3.

4. Farhan Sultan Habibie.

kumparan.com

Thareq Kemal Habibie juga dikaruniai tiga orang anak sama seperti sang kakak. Farhan Sultan Habibie merupakan putra sulung dari Thareq Kemal hasil pernikahannya dengan Widya Leksmanawati. Nama Farhan Sultan sendiri memiliki arti sosok pemimpin yang membawa kebahagiaan.

5. Farrah Azizah Habibie.

Cucu BJ Habibie yang satu ini juga enggak kalah mencuri perhatian. Farrah Habibie merupakan putri kedua dari Thareq Kemal yang memiliki paras ayu nan menawan layaknya seleb. Saat ini, Farrah sendiri diketahui udah berusia 20 tahun.

6. Felicia Rasyida Habibie.

grid.id

Merupakan cucu termuda dari BJ Habibie. Felicia Rasyida Habibie merupakan putri bungsu Thareq Kemal Habibie yang saat ini masih berusia 12 tahun.

Semoga semua cucu beliau bisa meneruskan cita-cita dan prestasi dari sang kakek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: