Terakurat – Kelebihan Windows 10 – Windows merupakan salah satu sistem operasi populer yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini selalu menghadirkan pembaharuan untuk memuaskan penggunanya. Sistem operasi yang paling mutakhir saat ini adalah Windows 10, namun masih banyak yang ragu untuk menggunakan sistem operasi ini.

Banyak orang yang enggan untuk memperbaharui Windows 7 atau 8.1 mereka ke windows 10 dikarenakan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah publik mempertanyakan mengapa Microsoft langsung meluncurkan Windows 10 bukan 9 terlebih dahulu.

Microsoft menuturkan bahwa Windows 10 merupakan sistem operasi yang komprehensif, sehingga kurang cocok jika dinamakan Windows 9.

Kegagalannya pada Windows 8 juga menjadi salah satu penyebabnya, dimana Windows 8 dianggap lebih berat dan rumit dibandingkan Windows 7. Selain itu, tidak semua aplikasi dan game kompatibel dengan sistem operasi terbaru ini.

Nah, buat kamu yang berencana untuk melakukan pembaharuan ke Windows 10 namun masih belum yakin, berikut ini kami akan mengulas berbagai kelebihan Windows 10 dan kekurangannya.

Kelebihan Windows 10

Kelebihan  Windows 10

Microsoft tentunya ingin segera menebus kesalahan sebelumnya yang mereka buat pada Windows 8. Beberapa fitur dari Windows 7 kembali dihadirkan pada Windows 10 dengan tetap membawa tampilan khas Windows 8. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu temukan pada Windows 10.

Kompatibel dengan Semua Perangkat

Windows 10 tak hanya kompatibel digunakan pada komputer dan laptop saja, tetapi sistem operasi terbaru dari Microsoft ini dapat berjalan pada Smartphone atau tablet tertentu. Ini merupakan salah satu terobosan terbaru dari Microsoft, sehingga penggemar Windows tetap bisa mengandalkan sistem operasi ini di Smartphone atau tablet yang mereka miliki.

Baca juga  Benarkah Social Spy Bisa Digunakan Untuk Menyadap Whatsapp?
Dilengkapi dengan Virtual Dekstop

Virtual dekstop merupakan salah satu keunggulan dari Windows 10, karena teknologi yang satu ini belum dijumpai pada sistem operasi lain. Virtual dekstop adalah teknologi yang akan membuat penggunanya untuk membuat beberapa dekstop dengan tema dan tujuan yang berbeda.

Keistimewaan dari Vidrual dekstop adalah, pengguna dapat dengan cepat dan mudah berpindah-pindah dekstop. Disamping itu, pengguna juga akan dimudahkan untuk mencari file dengan sangat cepat dan akurat.

Hingga saat ini, keluhan mengenai tombol start menu yang kurang efisien masih sering terdengar. Banyak pengguna Windows 7 yang mengeluh karena start menu pada Windows 8 sangat berbeda dengan versi pendahulunya.

Menanggapi keluhan dari penggunanya tersebut, Microsoft mengembangkan tombol Start menu pada Windows 10 menjadi lebih dinamis dan efisien. Jika dilihan secara sekilas, tampilan Start menu pada Windows 10 tampak seperti kombinasi dari 2 versi sebelumnya, yakni Windows 7 dan 8. Hal yang paling penting adalah Start menu pada Windows 10 ini sangat mudah digunakan.

Tampilan Multitasking dalam satu Layar

Jika sebelumnya pengguna harus menutup satu aplikasi yang sedang dijalankan ketika ingin membuka aplikasi lainnya, maka dengan Windows 10 kamu tidak lagi perlu melakukan hal tersebut. Windows 10 memungkinkan penggunaya untuk membuka aplikasi secara bersamaan dalam satu layar tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya, jadi pengguna dapat memantau semua aplikasi lebih cepat dan optimal.

Penambahan Aplikasi Command Prompt

Salah satu keunggulan dari sistem operasi Windows 10 adala aplikasi Command Prompt yang sangat bermanfaat. Dengan aplikasi ini, maka kamu bisa melakukan interaksi dengan komputer. Melalui aplikasi ini juga, kamu bisa dapat menyelesaikan masalah pada komputer, seperti ketika GUI (Graphic User Interface) yang terserang virus. Aplikasi ini dirancang untuk kamu yang ingin menjelajadi komputer secara online maupun offline.

Baca juga  Istilah Resource Hosting yang Ada di cPanel

Kekurangan dari Windows 10

Meskipun Windows 10 menawarkan berbagai macam kelebihan, namun tetap saja terdapat kekurangan yang dikeluhkan oleh penggunanya. Nah berikut ini adalah berbagai kekurangan yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna Windows 10.

Tidak Mudah digunakan

Setiap orang tentunya menginginkan sebuah sistem operasi yang mudah digunakan atau easy to use. Namun, hal tersebut belum bisa kamu temukan pada Windows 10. Mungkin, microsoft ingin merancang sebuah sistem operasi yang ease to use tetapi, alih-alih dapat digunakan oleh setiap orang, justru Windows 10 ini hanya mudah digunakan oleh orang-orang yang sudah terbiasa menggunkan komputer atau dikenal juga dengan comuter enthusias atau computer expert.

Windows 10 Belum Selesai

Sistem operasi Windows 10 ini belum benar-benar selesai, dengan kata lain Windows 10 diluncurkan bukan versi Windows yang benar-benar di inginkan oleh Microsoft. Pasalnya, masih banyak hal yang perlu untuk diperbaiki dan ditambahkan oleh Microsoft ke sistem operasinya tersebut.

Selai itu, Windows 10 memiliki performa yang kurang optimal. Hal ini dikarenakan Microsoft meluncurkan Windows 10 terkesan hanya untuk tes pasar saja. Jadi secara teknis, sistem operasi Windows 10 ini memang belum benar-benar sempurna.

Tidak dirancang untuk Keperluan Sehari-hari

Kembali lagi pada point pertama dan kedua, Windows 10 yang beredar saat ini nampaknya adalah versi yang belum final. Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan Windows 10 untuk berbagai aktivitas sehari-hari, sebaiknya tetap gunakan Windows 7 atau 8.

Disamping hal tersebut, Windows 10 juga ditujukan untuk kalangan yang sudah terbiasa dengan sistem operasi komputer yang sedikit rumit. Maka Windows 10 ini nampaknya belum kompatibel jika digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Baca juga  Qualcomm Hadirkan Teknologi 5G pada Snapdragon X59 dan X55
Masih Terdapat Banyak Perubahan Pada Windows 10

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika Windows 10 merupakan versi yang belum sempurna. Masih banyak perubahan yang mungkin perlu dilakukan oleh Microsoft untuk menyempurnakan sistem operasi yang satu ini. Dengan kata lain, fitur beserta performa yang ditawarkan oleh Windows 10 ini masih belum terlalu optimal.

Setelah melihat beberapa kekurangan dan kelebihan Windows 10 diatas, sebaiknya jangan terburu-buru untuk melakukan pembaharuan ke Windows 10 jika masih nyaman menggunakan Windows 7 atau 8. Pasalnya, Windows 10 merupakan sistem operasi yang diluncurkan untuk memperbaiki kekurangan Windows 8 saja.

Namun, jika kamu tetap ingin menggunakan Windows 8 atau 8.1 maka sangat dianjurkan mengupgrade ke Windows 18. Pasalnya, beragam permasalahan yang ada pada Windows 8 dan 8.1 sudah diperbaiki pada Windows 10. Selain itu, Seiring dengan berjalannya waktu Windows 10 juga akan semakin sempurna karena Microsoft terus memberikan pembaharuan setiap bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here