Terakurat.com – Kesalahan Pada Saat Sahur – Agar kamu tetap kuat menjalani ibadah puasa selama seharian penuh maka kamu dianjurkan untuk tidak melewatkan sahur. Sahur adalah waktu makan yang sangat penting selama berpuasa di mana kamu bisa mendapatkan berbagai asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat dan juga kuat menjalani puasa.

Meskipun begitu tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan pada saat sahur yang malah membuat badan menjadi lemas. Simak berikut ini tips agar badan menjadi tidak lemas setelah sahur.

Kesalahan Pada Saat Sahur

Perbanyak makan karbohidrat saat sahur

Banyak orang yang berpikir bahwa mengonsumsi karbohidrat sebanyak-banyaknya yang dapat membuat mereka merasa lebih kenyang saat menjalani ibadah puasa. Namun Tahukah kamu karbohidrat mengandung asam amino yang disebut triptofan yang dapat menyebabkan kantuk.

Mengonsumsi banyak karbohidrat justru malah kan kamu menjadi mengantuk sehingga akhirnya kamu menjadi tidak bersemangat untuk menjalan ibadah sehari-hari. Maka dari itu kamu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat secukupnya dan juga Pilihlah karbohidrat kompleks seperti halnya nasi merah, oatmeal dan kentang. Karbohidrat kompleks lebih sulit dicerna oleh tubuh sehingga dapat membuat kamu menjadi kenyang lebih lama. Dengan demikian kamu pun bisa menjalani puasa dengan kuat dan semangat.

Perbanyak minum teh

Teh merupakan salah satu minuman favorit orang Indonesia. Pada saat sahur banyak orang Indonesia yang memiliki kebiasaan meminum teh manis hangat yang rasanya nikmat dan dapat menyegarkan tubuh. Akan tetapi sebenarnya merupakan minuman berkafein yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Bukannya malah mengatasi rasa haus meminum banyak teh pada saat sahur malah akan membuat kamu lebih halus bahkan beresiko mengalami dehidrasi. Akibatnya badan akan terasa lemas sepanjang hari saat menjalani ibadah puasa.

Baca juga  Ciri dan Gejala Penyakit Tipes Yang Patut Diwaspadai

Maka dari itu apabila ingin meminum teh batasilah Anyar satu hingga dua cangkir saja tanpa menambahkan gula. Selain itu perbanyak juga minum air. Kesalahan pada saat sahur yang sering dilakukan adalah meminum air putih sebanyak-banyaknya menjelang Imsak agar tidak haus saat berpuasa. Namun meminum air putih terlalu banyak justru dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik, sehingga perut kamu akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan. Yang merasa tidak nyaman akhirnya membuat badan kamu menjadi lemas sepanjang hari.

Maka dari itu banyaknya minum air putih secukupnya pada saat sahur yaitu sebanyak 2 gelas

Langsung tidur setelah santap sahur

Langsung tidur Setelah menyantap makanan juga adalah kesalahan saat sahur yang bisa membuat badan menjadi lemas. Hal ini dikarenakan setelah tidur sehabis makan dapat memicu asam lambung naik dan muncul kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan kamu mengalami GERD. GERD adalah sakit yang membakar di tengah dada di belakang tulang dada kamu. Mengalami gangguan pencernaan Seperti ini tak hanya membuat kamu tidak bisa tidur lagi akan tetapi juga merasa tidak nyaman sepanjang hari.

Maka dari itu setelah makan sahur ada baiknya kamu menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan sebentar di sekitar Kompleks sambil menunggu waktu Imsak. Jika ingin tidur lagi para ahli gizi menyarankan untuk menunggu sekitar 3 jam setelah waktu makan terakhir.

Itulah beberapa kesalahan pada saat sahur yang sebaiknya kamu hindari karena hal tersebut bisa membuat badan menjadi lemas selama berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here