Terakurat.com – Tips Tidak Mengantuk Saat Berpuasa – Saat bulan suci Ramadhan tiba yang kerap kali terjadi adalah Tubuh terasa lemas dan mengantuk. Karena pada saat kita sedang berpuasa tubuh selama siang hari tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama berjam-jam, maka timbulah situasi tersebut.

Apalagi jika pada jam-jam kerja di mana rasa mengantuk ini sangat sering kali terjadi. Ada beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan agar kamu bisa mengatasi rasa ngantuk saat berpuasa. Simak ulasannya berikut ini.

Perbanyak berdiskusi

Perbanyak berdiskusi adalah cara terbaik jika kamu sedang melakukan kegiatan yang konstan seperti bekerja atau di kampus. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Namun jika terlalu banyak mobil tentu akan membuatmu semakin kering maka dari itu imbangi kegiatan kamu dengan ngobrol.

Mencukupi kebutuhan tidur

Tidur merupakan salah satu hal yang sering diabaikan saat puasa. Padahal tidur ini sangatlah erat hubungannya dengan energi kamu dalam menjalankan aktivitas di siang hari. Kekurangan tidur di waktu malam akan membuat kamu kekurangan tenaga jamu membuat kamu tidak bangun saat sahur.

Apalagi kebanyakan dari kita ketika bulan puasa seperti ini jadikan sebagai ajang untuk lebih sering melakukan aktivitas di malam hari alias begadang.

Ganti pemandangan

Jika seharian penuh menghadap layar komputer terus mata maka akan menjadi lelah sehingga kamu menjadi cepat mengantuk. Maka dari itu Usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang.

Alihkan pandangan kamu dari layar selama 20 detik dan ulangi terus sehingga setiap 20 menit hal ini terbukti akan membuat mata menjadi lebih rileks dan segar.

Minum air yang cukup pada saat sahur

Minumlah air 12 pada saat berbuka, 4 gelas air sepanjang malam dan 12 pada saat sahur. Kekurangan air minum menjadi salah satu penyebab badan menjadi lemas saat berpuasa. Dengan jurus 2-4-2 maka kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar bisa tetap segar ketika siang hari.

Baca juga  Tips Berkendara Aman di Jalan Toll.

Menghindari makanan yang membuat perut mulas

Jika kamu adalah penikmat makanan pedas sebaiknya kamu mengurangi makanan pedas selama bulan puasa. Hal ini untuk mencegah perut sakit dan diare. Jika di area tentu saja kamu akan mengalami dehidrasi yang akan membuat kamu menjadi letih, lelah dan lesu selama berpuasa.

Jogging atau berjalan kaki

Menurut sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguap bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi kamu hingga 2 jam kedepan. Pasalnya jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otot dan otak sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

Meditasi

Selain dapat membuat tubuhmu menjadi rileks meditasi ternyata juga bisa membuat tubuh menjadi segar. Pada saat kamu di dada rasa ngantuk saat berpuasa kamu bisa melakukan meditasi sederhana dengan melakukan beberapa latihan pelemasan yang efeknya pada tubuhmu akan terasa lebih segar.

Kemudian mendengarkan musik-musik dengan ritme yang mampu membuatmu lebih termotivasi.

Cari sinar matahari

Gak bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima oleh mata kamu. Jika cahaya meredup mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat, sehingga membuat kamu menjadi mengantuk. Maka dari itu menyalakan lampu ruangan atau Carilah sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan atau cari kaca yang terpapar langsung cahaya matahari.

Mengurangi minum minuman berkafein

Pencipta teh dan kopi lambatnya kamu mengurangi konsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Karena mampu mempercepat degradasi bagi tubuh.

Selain itu kafein dalam teh dan kopi juga bisa membuat kamu menjadi sulit tidur dan tentunya akan berdampak pada tubuh di siang hari.

Rutin berolahraga

Jangan berpikir bahwa aktivitas seperti olahraga bisa membuat badan lemas saat berpuasa. Karena sebenarnya dengan berolahraga secara rutin Tubuh kamu malah akan menjadi lebih kuat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat seperti latihan kardio, olahraga ringan seperti halnya lari kecil jalan kaki saja di pagi hari.

Baca juga  Cara Mendapatkan YouTube Premium Gratis, Gampang dan Gak Pake Ribet!

Nah itulah beberapa Tips ampuh agar tidak mengantuk saat berpuasa sepanjang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here