Terakurat – Kesalahan Pengguna PC – Memiliki sebuah PC memanglah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang. Terutama seorang gamer. Mereka rela merelakan uang bahkan hingga puluhan juta rupiah demi merakit benda impannya tersebut. Namun kebanyakan tidak bisa merawatnya dengan baik maka akan menjadi sebuah masalah yang besar bagi pemiliknya di masa mendatang.

Terkadang mereka percaya buta dengan omongan orang di sosmed tanpa menelitinya terlebih dahulu kepada orang-orang yang memang sudah berkompeten untuk masalah perawatan Pc.

Alhasil PC puluhan jutamu bisa saja berumur pendek dan sudah harus diganti komponennya atau berkali-kali datang ke tukang servis untuk di install ulang dalam waktu yang singkat. Setidaknya beberapa bulan hingga beberapa tahun sejak awal PC idamanmu dirakit.

Padahal jika kamu belajar dari kesalahan tersebut, maka kamu tidak perlu dompetmu tak selamanya akan dimiliki oleh oknum penjual komponen yang tidak bertanggung jawab yang hanya menginginkan uangmu saja.

Yang menjadi ironisnya, kesalahan yang kamu lakukan justru kesalahan umum yang kerap kali sering terjadi bagi mereka yang baru saja memiliki PC atas dasar ikutan trend saja atau sekedar mengikuti kata orang yang belum tentu terpercaya. Termasuk para oknum pedagang atau teknisi yang terkadang sarannya malah menjerumuskanmu. Lantas apa saja kesalahan tersebut? Berikut ulasan mengenai kesalahan umum yang masih dilakukan pemilik PC hingga sekarang.

Kesalahan Pengguna PC yang Sering Kali Terjadi

Tidak membaca opsi Instalasi

Dengan membaca opsi installasi maka kamu bisa mendapatkan berbagai informasi sebelum asal mulai menekan tombol Next.

Membaca merupakan pekerjaan yang mungkin membosankan bagi sebagian orang. Namun untuk membaca yang satu ini merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Pasalnya tidak semua program saat instalasi memiliki fitur yang dibutuhkan. Dengan membaca opsi installasi maka kamu juga akan tahu software mana yang akan di install dan tidak memenuhi drive sistem mu. Kamu juga akan tahu apakah setiap software tersebut memiliki tambahan berupa ekstensi browser yang tidak penting atau tidak perlu.

Baca juga  Video Call Di WhatsApp 8 Orang, Begini Caranya!

Tidak mengkostumisasi Start menu pada Windows 10

Hal yang satu ini sebenarnya lebih condong ke masalah preferensi saja. Jika os yang terinstal pada PC kamu adalah windows 10, maka kamu mungkin kamu akan melupakan satu hal yang penting dan sebanranya sudah menjadi fitur aslinya.

Salah satunya adalah tidak mengkostumisasi start menu windows 10. Ketika kamu menekan tombol windows, maka kamu akan melihat start menut default yang dirasa sangat tidak penting sama sekali. Namun pada kenyataannya menu tersebut dapat di drag and drop sesuka hatimu. Bahkan kamu juga bisa menggantinya dengan shortcut game yang kamu sukai.

Dengan melakukan hal tersebut, maka kamu akan dengan mudah menjalankan software yang terinstal tanpa perlu melakukan pencarian berulang-ulang kali atau menanamkan shortcutnya melalui taksbar di deretan ikon start menu.

Tidak mencadangkan data

Backup data atau mencadankan data merupakan salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat memiliki PC. Hal ini bukan karena masalah bagaimana SDD yang kamu pakai bisa rusak, namun kapan SDD mu akan rusak. Hingga saat ini sudah banyak web atau cloud basec backup yang bisa kamu manfaatkan untuk mencadangkan data yang kamu miliki. Tentunya data-data penting kamu seperti skripsi kuliah akan bisa menjadi lebih aman dengan melakukan backup data. Sudah banyak penyedia backup data yang dapat digunakan, mulai dari Mega, Google Drive hingga Backblaze. Dan tentuya servis ini tidak lah murah, berbayar setiap bulannya jia kamu menginginkan datamu berukuran puluhan hingga ratusan giga therabyte aman.

Menggunakan password yang sama

Salah satu kesalahan yang kerap kali dilakukan adalah menggunakan password yang sama. Password merupaan kata kunci paling penting untuk kegiatanmu di internet. Termasi internet banking. Jika kebiasaan menggunakan password yang sama di setiap akunmu, maka kemungkinan besar akunmu akan terbobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga  Jarang diketahui! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Lantas bagaimana caranya agar lebih bervariasi? Kamu bisa menggunakan kombinasi berbeda dari setiap password.

Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi berbayar untuk mengingat semua password mu di internet dan berikan password acak disetiap akunmu yang hanya bisa digunakan menggunakan aplikasi tersebut.

Itulah beberapa kesalahan umum yang masih dilakukan oleh pemilik PC hingga sekarang.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here