Terakurat – Cara Mudah Format Hardisk – Jika kamu adalah pengguna PC pastinya sudah tidak asing lagi dengan Hardisk, Hardisk merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam PC. Pasalnya Hardisk ini digunakan untuk menyipan data pengguna dan sistem itu sendiri.

Kapasitas Hardisk memanglah bervariasi, namun kapasitas yang paling umum digunakan pada PC saat ini adalah 1 Thera Byte. Ukuran perangkat lunak yang semakin besar inilah yang membuat varian penyimpanan ini semakin umum digunakan. Biasanya, ketika kita menghapus perangkat lunak pada PC, kerap kali kita kelupaan untuk menghapus sisa-sisa data dari software tersebut sehingga mampu membuat PC menjadi terasa lambat.

Sisa-sisa data tersebut juga bisa menyebabkan timbulnya error bahkan terkontaminasi virus sehingga membahayakan PC. Nah, daripada nantinya kamu menyesal mending simak ulasan berikut ini mengenai cara format hardisk dengan mudah.

Dalam artikel berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa cara mudah format hardisk eksternal maupun internal tanpa menggunakan aplikasi. Namun, sebelum itu kamu harus terlebih dahulu mengetahui alasan dari memfomat hardisk PC.

Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Penyimpanan Penuh atau tidak mencukupi

Alasan yang pertama adalah hardisk yang sudah mendekati kapasitas penyimpanan maksimal dapat mempengaruhi kinerja laptop yang kamu miliki. Apalagi jika hardisk yang penuh tersebut merupakan drive yang kamu gunakan untuk booting.

Semakin penuh kapasitas penyimpanan pada laptop yang kamu miliki, maka semakin lamban juga kinerja komponen tersebut dalam membaca atau menulis memori.

  • Terinfeksi Virus

Alasan selanjutnya adalah karena hardisk pada laptopmu terserang virus. Akses internet membuat pengguna semakin mudah dalam mendownload sebuah software atau pun game-game terbaru.

Namun masalahnya, tidak semua software yang kamu unduh di internet aman. Terdapat banyak hacker jahat yang menyisipkan virus atau malware yang bisa merusak laptop, bahkan memata-matai kamu lho.

  • Sering terjadinya Error
Baca juga  Fakta Menarik Yang jarang Diketahui.

Bug pada program aplikasi terinstal, registry error dan beberapa aplikasi yang crash jika didiamkan dapat merusak harddisk dan Laptop mu. Maka dari itu mendingan di format saja.

  • Mengganti sistem file

Hardisk memiliki file sistem yang berbeda-beda, tergantung dengan sistem operasi yang digunakan. Biasanya Windows menggunakan system file NTFS. Misalnya jika kamu ingin mengubah harddisku menjadi HD eksternal, maka kamu bisa mulai mengubah file system HDD tersebut dari NTF menjadi FAT32.

Manfaat Memformat Hardisk

Membuat kinerja menjadi lebih ringan

Semakin besar sisa penyimpanan yang tersisa pada hardisk maka, semakin ringan juga kinerja PC. Hal ini juga bisa meminimalisir error yang terjadi pada Laptop kamu.

Membersihkan Virus

Meskipun saat ini sudah banyak software antivirus yang canggih, namun software tersebut tidak bisa membersihkan 100% dari hardisk kamu. Jika virusnya tersebu sudah parah, maka kamu bisa mencoba memformat HDD untuk menghapusnya.

Memastikan terlebih dahulu Kondisi Hardisk pada laptopmu

Dengan memformat hardisk maka kamu jadi bisa mengetahui kondisi hardisk. Baik itu kerusakan pada hardware ataupun pada partisi yang error, jadinya kamu dapat mudah mendeteksinya.

Cara memformat hardisk dengan mudah

Meskipun pada saat ini sudah banyak Laptop atau PC yang menggunakan SSD, namun masih banyak orang yang memilih menggunakan HDD karena harganya terbilang lebih murah. Namun, meski begitu hardisk lebih cepat usang karena masih menggunakan cakaram. Adapun terdapat 2 macam kerusakan pada hardisk diantaranya kerusakan pada  software dan hardware.

Kerusakan pada hardware terbilang agak sulit untuk diperbaiki, sementara pada software masih dapat diperbaiki, salah satunya dengan memformat hardisk tersebut.

Jangan lupa juga untuk mencadangkan terlebih dahulu data-data pentingmu. Nah, berikut cara ampuh memformat HDD tanpa aplikasi tambahan.

Baca juga  Resep Kentang Mustofa Khas Jawa Barat.

Cara format Hardisk dengan mudah melalui My Computer

Cara berikut ini adalah yang paling dasar sehingga akan mudah sekali untuk dilakukan.

  • Pada dekstopmu klik pada ikon Windows Expoler yang memiliki ikon berwarna kuning di sebelah tombol start.
  • Setelah itu klik pada This PC, kemudian klik sekali lagi  pada drive yang ingin kamu format. Lalu klik Format.
  • Kamu bisa menggunakan opsi default NTFS pada file system. Beri nama baru pada hardisk pada kolom Volume Label. Setelah itu, klik pada Quick Format jika kamu ingin memformat HDD dengan Cepat.
  • Klik Start untuk memulai memformat HDD. Tunggu proses formatnya nya tersebut hingga selesai. Mudah Bukan?

Cara Format Hardisk Menggunakan Comand Prompt

Seperti yang kita ketahui, CMD adalah Command line interpreter (CLI) yang berfungsi untuk menjalankan perintah yang dimasukan oleh penggunanya. Ternyata CMD juga bisa kamu manfaatkan untuk memformat HDD. Nah berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pada dekstop, pencet tombol kombinasi Windows+R pada keyboard mu untuk membuka menu Run. Pada kolom yang muncul, masukan perintah CMD kemudian tekan enter.
  • Setelah itu jendela Command prompt akan terbuka, lalu ketikan perintah ‘diskpart’ pada CMD kemudian enter.
  • Untuk melihat daftar hardisk yang terkoneksi pada laptopmu, ketikan perintah ‘list disk’ kemudian enter.
  • Nantinya daftar partisi pada Hardiskmu akan muncul. Ketikan salah satu nama Disk yang ingin kamu format.
  • Pada menu CMD akan muncul banyak perintah yang dapat kamu gunakan. Ketikan ‘clean’ untuk memformat hardisk yang kamu pilih sebelumnya, kemudian tekan Enter.
  • Lalu ketikan perintah Create Partition Primary, lalu tekan enter.
  • Setel system file baru HDD tersebut dengan mengetikan perintah ‘format fs=ntfs’, kemudian Enter.
  • Terakhir kamu tinggal mengetikan perintah ‘assign’ kemudian tekan enter.
Baca juga  Tips Gampang Bangun Sahur Pada Saat Puasa

Cara format Hardisk menggunakan Disk Management

Jika kamu ingin menggunakan Command Prompt terlihat ribet, maka berikut ini cara mudah format hardisk menggunakan Disk Management.

  • Langkah pertama Klik tombol start pada dekstopmu, lalu ketikan disk management.
  • Setelah itu pilih salah satu drive yang ingin kamu format. Klik kanan pada drive tersebut, kemudian pilih opsi format.
  • Pilih delete volume kemudian klik OK. Tunggulah prosesnya tersebut hingga selesai.

Nah, itulah tadi beberapa cara mudah untuk memformat hardisk pada laptop yang kamu miliki. Sebelum kamu memformat partisi pada Hardisk mu pastikan kamu telah mencadangkan semua datamu terlebih dahulu ya sob. Semoga beberapa cara di atas tadi dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here