Ketika mendengar nama daun binahong, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti merasa asing dengan nama tanaman obat ini. Padahal, daun binahong ini mudah ditemui di pekarangan rumah dan penjual tanaman. Manfaat daun binahong sendiri melimbah untuk berbagai kondisi kesehatan. Meski berasal dari Korea, binahong sebenarnya sudah cukup lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembap. Manfaat Daun Binahong untuk Berbagai Gangguan Kesehatan Selagi mudah didapatkan, yuk ambil manfaat daun binahong untuk kesehatan Anda.

lifestyle.okezone.com

Berikut berbagai khasiat daun binahong yang bisa Anda rasakan:

1. Memelihara Kesehatan Mata.

Radikal bebas yang berbahaya juga bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak bahkan kehilangan penglihatan. Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Daun binahong dapat kamu jadikan salah satu obat herbal yang berguna untuk memelihara kesehatan mata dari radikal bebas. Selain daunnya yang kaya akan vitamin A, batangnya ternyata juga sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

2. Memperkuat Ingatan.

Kandungan daun binahong yang kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya dipercaya dapat mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi. Dengan rutin mengonsumsi daun binahong, maka akan membantu untuk memperkuat ingatanmu. Yuk, buktikan sendiri!

3. Mengatasi Masalah Haid.

Sedangkan untuk para wanita, khasiat daun binahong baik untuk mengatasi masalah haid. Bagi Anda yang mengalami masalah seputar menstruasi seperti terlambat haid, nyeri, atau keputihan, konsumsilah ramuan daun binahong secara teratur. Kandungan zat besi dan mineral lainnya efektif dalam melancarkan haid.

Baca juga  Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

4.Mengatasi Masalah Kulit.

Khasiat daun binahong sangat bagus untuk kulit wajah karena dapat mengatasi jerawat. Kandungan zat di dalam daun binahong secara efektif dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain mengatasi masalah jerawat, manfaat binahong juga bisa mengatasi komedo dan flek hitam dengan menggunakan masker binahong.

Kandungan kolagennya yang tinggi juga dapat membantu mencerahkan wajah dengan cepat. Caranya, haluskan daun binahong muda. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah setelah mandi selama 30 menit. Cara menggunakan daun binahong untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan, ini harus dilakukan secara rutin. Penggunaan yang teratur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, daun binahong akan membuat kulit menjadi halus dan cerah.

5. Mengatasi Kolesterol.

Khasiat daun binahong dipercaya dapat mengatasi kolesterol jahat pada tubuh. Daun binahong akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Kolesterol pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah.

Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Kolesterol tinggi yang dibiarkan dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke. Manfaat binahong untuk kolesterol juga sangat mudah Anda dapatkan, hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin hingga kolesterol jahat hilang dari tubuh.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka.

Bagaiman cara mendapatkan manfaat binahong? Tumbuklah daun binahong yang masih segar. Lalu tempelkan ke luka. Maka kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain luka, kandungan anti-inflamasinya juga membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

7. Mencegah Diabetes.

Meski bukan salah satu penyakit ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengendalikan kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Baca juga  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sederhana

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

8. Mengobati Batuk.

Dengan meminum air rebusan daun binahong ternyata dapat mengobati batuk. Sebab dalam ramuan daun ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Baik batuk berdahak ataupun tidak berdahak, kamu bisa mengatasinya dengan meminum rebusan daun binahong.

9. Mengatasi Anemia.

Manfaat daun binahong juga bisa dijadikan salah satu obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Nah, daun binahong mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat darah rendah, binahong bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

10. Membersihkan Paru-paru dari Kotoran dan Racun.

Bagi Anda yang ingin memiliki paru-paru yang bersih, minumlah air rebusan daun binahong. Senyawa dalam binahong dapat membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru. Namun, manfaat binahong untuk paru-paru masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

11. Obat Wasir.

Bagi penderita wasir, Anda bisa menggunakan daun binahong untuk mengatasi wasir atau ambeien. Gunakan 16 helai daun binahong yang direbus sampai matang. Pastikan Anda minum satu gelas daun binahong rebus, karena manfaatnya bisa membantu mengobati wasir yang membuat Anda tidak nyaman.

12. Sebagai Obat Kanker.

Kаndungаn аntiоksidаn yаng sаngаt tinggi раdа daun binahong bisа mеmbаntu sеsеоrаng dаlаm mеlаwаn keganasan kаnkеr. Untuk mеndараtkаn manfaat ini, kamu perlu mеrеbus sеkitаr 30 grаm daun binahong dеngаn аir mеndidih sеbаnyаk 1 litеr selama kurang lebih 15 menit. Minumlah ramuan ini 3 kаli sеhаri secara teratur.

Baca juga  Obat Imunos - Manfaat Penting dan Efek Samping Obat Imunos

13. Obat Penyakit Maag.

Реnyаkit yаng sаtu ini bisа dikаtаkаn sеbаgаi sаlаh sаtu реnyаkit sеjutа umаt di Indоnеsiа. Mеskiрun cukuр bаnyаk оbаt untuk mengatasi sаkit mааg, nаmun аkаn lеbih bаik jikа kamu mеnggunаkаn bаhаn trаdisiоnаl tеrlеbih dаhulu. Salah satunya adalah daun binahong ini.

14. Menambah Stamina dan Vitalitas Pria.

Kаndungаn alami раdа daun binahong dараt mеngеmbаlikаn tеnаgа dаn stаminа tubuh yаng tеrkurаs аkibаt bеkеrjа. Rеbus 1 lеmbаr daun binahong dеngаn 2 gеlаs аir hinggа mеndidih dаn аir yаng tеrsisа tinggаl 1 gеlаs. Minum sеtiар hаri. Bаgi рriа реndеritа lеmаh syаhwаt jugа bisа mеmреrоlеh vitаlitаsnyа kеmbаli dеngаn rаmuаn binahong.

Rеbus 3 – 10 lеmbаr daun binahong dеngаn аir sеbаnyаk 2 gеlаs. Rеbus hinggа аir yаng tеrsisа tinggаl 1 gеlаs kеmudiаn minum. Lаkukаn tеrарi ini sеtiар hаri. Itulah khasiat atau manfaat daun binahong yang tumbuh di sekitarmu. Tak ada salahnya kamu mencoba sebagai alternatif pengobatan alami.

15. Obat Sariawan Kronis.

Tanaman yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias ini juga dapat digunakan untuk obat sariawan yang sudah kronis. Biasanya sariawan jenis ini terbentuk akibat kurangnya vitamin yang kemudian menimbulkan luka pada mulut dan sekitarnya.

Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan yang dingin. Jangan meminumnya dalam keadaan hangat karena suhu panas akan memperparah kondisi sariawan. Selain dapat menyembuhkan sariawan, daun binahong juga bermanfaat sebagai penghilang rasa pusing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here