Kuas Lukis, Kuas untuk melukis ada beberapa macam, biasanya dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok menurut bentuk bulu kuas, di antaranya adalah bulat lancip, bulat tumpul, persegi rata, persegi lancip, besar dan ukurannya tiap merek tidak sama, nomor bisa sama tetapi besarnya bisa berbeda.

Kegunaan masing-masing kuas tidak selalu sama, misalnya saja yang bulat lancip untuk mengerjakan bagian yang rumit, sedang yang persegi rata untuk menangani bidang yang lebih lebar, cocok untuk mengeblok bidang lukisan.

Berdasarkan Stiknya dibedakan menjadi dua.

Berdasarkan danganan (stik) kuas dapat dijadikan dua kelompok sedang dan panjang, masing-masing kelompok digunakan pada tingkat kesulitan masing-masing dan bisa berbeda cara dan jarak memegangnya pada batang kuas, untuk mengeblok kanvas cara memegangnya bisa berbeda pada saat pendetailan lukisan, juga berbeda cara dan jarak memegangnya pada saat detail terakhir atau finishing lukisan.

Dari perbedaan panjang kuas ini pada saat menggunakan berbeda-beda cara memegang kuas walau masih menggunakan kuas yang sama, apakah digunakan lurus atau berkelok-kelok. Memilih kuas berdasarkan keperluan. Untuk keperluan melukis bisa dibedakan pada bahan untuk melukis, kuas yang digunakan untuk kertas berbeda dengan yang untuk melukis di atas kain kanvas.

Jika Anda melukis di atas kertas sebaiknya memilih kuas yang berbulu halus dan terasa lembut jika dipegang dengan jari, kuas ini cocok digunakan untuk bahan cat pengencer air. Cat jenis pengencer air ini seperti, water color, gouache, cat poster color dan acrylic. Kuas dan bahan ini cocok untuk anak-anak sekolah. Karena jika menggunakan kuas kasar dapat menyebabkan buramnya warna dan bisa juga kertas berlubang.

Untuk melukis di atas kain kanvas yang digunakan terbanyak adalah kuas bulu kasar, dipergunakan juga kuas yang berbulu halus untuk memberi efek-efek tertentu pada lukisan. Untuk melukis cat minyak lebih banyak memerlukan bermacam jenis bulu dan bentuk kuas karena teknik cat minyak lebih rumit dan juga untuk mencapai gradasi dan komposisi warna yang maksimal dapat dicapai oleh cat minyak.

Kuas lukis cepat rusak jika anda menggunakan kuas lukis dalam tahap awal belajar kuas cepat rusak, hal ini karena anda belum tahu alur goresan kuas berbanding arah serat bulu kuas, juga dari sudut kemiringan cara menggunakan kuas berapa derajat sebaiknya saat menggunakan. Tekanan kuas pada saat menggunakan sangat berpengaruh, jika tidak sesuai akan cepat rusak juga.

Baca juga  BB Cream Terbaik

Cara memilih jenis kuas.

Cara memilih kuas yang lurus Kuas yang benar-benar lurus dan rapi bulu kuasnya merupakan keharusan terutama kuas untuk keperluan pendetailan dan finishing karena pada tahap ini diperlukan akurasi tinggi, jika bengkok sedikit saja keakuratan sulit dicapai.

Caranya untuk memilih kuas yang lurus adalah, jari tangan yang satu memegang ujung batang kuas dan jari tangan yang satunya lagi memegang pangkal kuas dan memutar patang kuas. Dengan cara ini dapat diketahui lurus atau bengkok mulai dari ujung kuas (bulu kuas) sampai pangkal kuas.

Berikut Ini Beberapa Kuas Terbaik yang Kami Rekomendasikan Untuk Anda :

1. Lyra Taklon Art Brush Round no. 10.

artgraphicstore.blogspot.com

Bagi kamu yang mencari kuas air dengan fleksibilitas yang tinggi, produk dari Lyra ini adalah pilihan yang tepat. Dengan kuas berbentuk bulat, alat ini mampu mewarnai detail-detail kecil pada lukisan kamu. Tidak hanya dapat digunakan untuk cat air saja tetapi kuas ini juga bisa untuk akrilik maupun cat minyak. Bulunya berasal dari bahan berkualitas sehingga memiliki tekstur yang lembut dan tidak mudah rontok.

2. Joyko Kuas Lukis 1 Set.

shopee.co.id

Joyko turut mengeluarkan produk kuas lukis yang kualitasnya tentu bagus. Maklum, Joyko sudah malang melintang sejak lama di dunia stationary Indonesia. Soal kuas lukis ini, mereka tidak hanya satu atau dua saja yang dirilis tapi satu set berisi enam buah kuas. Bagian pegangannya terbuat dari yang dapat bertahan lama dan tidak mudah lapuk. Bulunya juga lembut sehingga detail lukisan bisa dilakukan dengan baik.

3. Eterna 679 Artist Brush No. 10.

pricetada.id

Kuas dari Eterna ini memiliki bentuk flat dengan ferrule datar dan tekstur lurus yang agak keras. Ciri-ciri ini membuat pelukis bisa dengan mudah membuat garis lurus dengan baik di atas kanvas atau pun di atas kertas. Lebar kuasnya sekitar 1,5 cm dengan panjang 32 cm untuk kemudahan dalam menggerakan dan menggenggam. Kuas flat ini bertipe bright dengan bagian ujung agak melengkung dan lebih pendek dari tipe lainnya.

Baca juga  Kompor Portabel Terbaik.

4. Yijiayi Artist Brush Set 12.

bukalapak.com

Yijiayi mengeluarkan seri satu set kuas lukis. Dalam satu paketnya ada 12 buah kuas dengan jenis bulu kuas flat semua, tetapi dalam ukuran yang berbeda-beda. Keuntungan kuas jenis flat adalah kemampuannya yang maksimal dalam membuat goresan rapi serta bermodel kaku. Tingkat kekerasan bulunya juga sedang, sehingga bisa digunakan untuk segala macam jenis cat seperti air, minyak, dan akrilik.

5. Cotman Brush Series 111 Round No. 0.

tokopedia.com

Kuas lukis Cotman no. 111 ini memiliki ukuran bulu yang sangat tipis dan pendek. Biasanya kuas ini digunakan dalam mewarnai objek-objek dengan ukuran yang sangat kecil. Seluruh bulunya terbuat dari bahan sintetik sehingga sangat bagus untuk membuat garis serta sentuhan akhir pada lukisan. Namun, kuas ini diciptakan khusus untuk penggunaan cat air atau media waterbased saja.

6. Badger.

id.aliexpress.com

Kuas tipe ini biasanya digunakan untuk pencampuran cat minyak di atas kanvas, Badger Hair adalah tradisi kuno, berasal dari berbagai belahan dunia dan lebih mudah tersedia daripada kebanyakan bulu hewan, meskipun kualitas sangat bervariasi.

7. Camel Hair.

tokopedia.com

Kuas ini sebenarnya tidak berasal dari unta sama sekali. Kuas jenis ini biasanya digunakan untuk cat air dan lettering dan biasanya terbuat dari bulu tupai, kambing, sapi, kuda atau campuran dari beberapa rambut, tergantung pada kelembutan yang diinginkan dan biaya pembuatan sikat.

8. Hog Bristle.

sportsmansguide.com

Jenis kuas ini diperoleh dari bulu babi di beberapa bagian dunia, dan yang paling dicari-cari adalah bulu babi yang berasal dari China, makanya sering juga disebut sebagai China Bristle. Kuas ini cocok untuk lukisan cat minyak dan lukisan akrilik.

9. Kevrin/Mongoose Hair.

galleon.ph

Kevrin/Mongoose adalah jenis kuas dengan rambut kuat, tangguh, dan cukup tahan lama, cocok untuk lukisan cat minyak dan lukisan akrilik.

10. Kolinsky Sable.

artsavingsclub.co.za

Kolinsky Sable juga sebenarnya tidak berasal musang, tetapi berasal dari spesies cerpelai yang merupakan anggota dari keluarga musang, ditemukan di Siberia dan timur laut terbaik. Jenis ini diakui menjadi bahan terbaik untuk kuas minyak dan cat air karena kekuatannya dan kemampuannya untuk mempertahankan bentuk. Jika dirawat dengan benar, Kolinsky dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Baca juga  Foot Cream Terbaik

11. Ox Hair.

handover.co.uk

Kualitas terbaiknya berasal dari telinga sapi atau lembu. Kuas bulu lembu cukup tahan lama dengan tekstur cukup halus, biasanya digunakan untuk lettering dan watercolor. Seringnya, kuas ini dicampur dengan bulu alami lainnya untuk meningkatkan ketahanan kuas.

12. Pony Hair.

amazon.in

Kuas bulu kuda poni memiliki tekstur yang lembut namun kuat, terbuat dari bulu hewan dewasa yang berusia minimal 2 tahun. Kuas ini sering dicampur dengan rambut lain untuk cat air murah dan touch-up brush.

13. Red Sable.

rexart.com

Red Sable didapat dari setiap spesies keluarga musang dengan bulu berwarna “merah”. Kuas Red Sable berkualitas baik dapat menjadi alternatif pengganti kuas Kolinsky yang lebih mahal dengan kekuatan dan daya tahan yang sama. Seringkali, rambut musang dicampur dengan rambut lembu agar lebih ekonomis.

14. Sabeline.

unitednow.com

Sabeline sebenarnya bulu lembu berwarna terang untuk menyerupai sable merah. Kuas untuk lettering dan cait air seringkali menggunakan sabeline yang dicampur dengan sable agar lebih murah.

15. Squirrel.

amazon.com

Gray Squirrel (Talayoutky), kuas ini memiliki permintaan paling tinggi lettering dan quills. Brown Squirrel (Kazan) lebih mudah tersedia, dan digunakan terutama untuk kualitas menengah dan kuas cat air skolastik. Kuas ini sangat halus, berambut tipis, diambil dari ekor tupai, kualitasnya mirip dengan Kolinsky, tetapi memiliki sedikit “snap” karena rambut tidak terlalu tangguh.

Kuas ini baik digunakan untuk cat air dan tinta. Gray Squirrel (Talayoutky), kuas yang paling banyak diminati untuk leterring, berasal dari Rusia dan sebenarnya hampir selalu sulit untuk diperoleh. Sementara itu, kuas Brown Squirrel (Kazan) lebih mudah dicari dan umumnya digunakan untuk kuas cat air para pelajar dan kuas berkualitas medium. Kuas ini sangat halus, bulunya tipis, diambil dari ekor tupai. Kuas ini cocok digunakan untuk cat air dan tinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here