Terakurat.com – Kuliner Tradisional Khas Kediri – Kediri merupakan salah satu kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota yang satu ini juga terkenal sebagai pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, Kediri juga terkenal akan kuliner tradisionalnya yang khas dan populer.

Berkunjung ke kediri tentunya tak akan lengkap apabila tidak mencicipi ragam citarasa kulinernya. Berikut ini kuliner tradisional kediri yang khas dan populer yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kediri.

Kuliner Tradisional Khas Kediri

Nasi Pecel Sambal Tumpang

Jika berbicara tentang wisata kuliner di Kediri, Nasi Pecel Sambal Tumpang jelas menjadi salah satu primadona favorit. Untuk isinya mungkin tak jauh berbeda dari pecel-pecel lainnya, seperti halnya telur, daging, suwiran daging ayam, tauge dan sayuran lainnya. Namun, yang membuat kuliner Khas Kediri ini menjadi spesial adalah tambahan Sambal Tumpang nya yang di olah dari fermentasi tempe. Rasanya yang pedas dan gurih, dilengkapi juga dengan rempeyek sebagai pelengkap, sehingga menambah cita rasa dari kuliner khas kediri yang satu ini.

Bli Puthu

Desinasi wisata kuliner di kediri selanjutnya ini sangatlah pas buat kamu yang sangat menyukai makanan yang manis. Es krim Bli Puthu ini merupakan salah satu produk Es Krim rumahan yang dimiliki Bli Puthu.

Kelezatannya sudah tak diragukan lagi sehingga membuatnya menjadi terkenal di kediri dan sekitarnya. Hadir dengan berbagai varian rasa serta olahan es krim, mulai dari yang dikombinasikan dengan brownies ataupun waffle bisa kamu pilih sesuai selera.

Sate Emprit Mbah Darmo

Sate ayam maupun sate kambing pastinya sudah biasa, namun di kediri kamu bisa menikmati sate yang tak hanya lezat tapi juga nikmat, yakni sate Emprit. Sesuai dengan namanya, wisata kuliner Kediri yang satu ini terbuat dari burung emprit, sejenis burung kecil yang kerap kali terbang bergerombol.

Baca juga  Rekomendasi Game PC Offline Terbaik dan Gratis

Tak hanya diolah menjadi sate, daging dari burung emprit ini juga diolah menjadi krengsengan yang tak kalah lezat. Diracik dengan beragam bumbu, sehingga menjadikannya nikmat untuk di hidangkan dan menjadikanya salah satu kuliner khas Kediri yang wajib kamu cicipi.

Tahu Takwa

Tahu Takwa merupakan kuliner yang dibawa oleh warga yang berasal dari daratan Tiongkok ketika bermigrasi ke wilayah Kediri. Tepatnya pada tahun 1912, ketika Lauw Seo Heok membuka usaha pembuatan tahu.

Ciri khas dari kuliner yang satu ini adalah warna dari permukaannya yang kuning keemasan serta teksturnya yang lebih padat dan juga kenyal. Saking populernya kuliner yang satu ini membuat kediri dikenal sebagai Kota Tahu.

Sate Bekicot

Tak hanya sate emprit saja, masih ada sate unik lainnya yang bisa kamu cicipi saat berwisata kuliner di kediri, yakni Sate Bekicot. Kenyalnya daging bekicot yang diolah bersamaan dengan berbagai rempah dan juga bumbu kacang menghadirkan cita rasa yang lezat dan unik.

Nah buat kamu yang tertarik untuk mencicipi kuliner yang berasal dari Kediri ini, maka cobalah untuk mengunjungi Dusun Jengkol, Plosoklaten, Kediri pasalnya terdapat beberapa warung makanan yang menjajakan kuliner unik yang satu ini.

Balungan Pecok Pedas

Tujuan wisata kuliner kediri menawarkan cita rasa yang menggoda lainnya adalah Balungan Pecok Pedas. Sajian tulang sapi bersama kuah santan yang aya akan rempah dengan cita rasa yang pedas sehingga sangat khas.

Sensasi ketika menyeruput gurihnya sumsum tulang dikombinasikan dengan rasa pedas dari kuah santan, tentunya akan memanjakan lidahmu saat berwisata kuliner di Kota Kediri.

Nasi Bebek Kraton

Destinasi wisata kuliner kota Kediri selanjutnya ini sangatlah cocok untuk kamu yang menyukai makanan berbahan dasar bebek. Tak hanya menyajikan olahan daging bebek yang memilik rasa gurih dan teksturnya empuk tanpa aroma amis.

Baca juga  Fakta Menarik Golongan Darah O Yang Harus Kamu Tahu!

Nasi bebek kraton juga terkenal akan sambal pelengkapnya yang lezat dan pedas. Disajikan bersama sepiring nasi hangat lengkap dengan lalapan segar tentunya akan menggugah selera.

Kopi pancal

Ketika kamu berkunjung ke Kota Kediri maka cobalah untuk mencicipi kopi yang satu ini. Pasalnya Kopi Pancal diolah secara tradisional, sehingga cita rasa asli kopi masih sangat terjaga.

Di dalam bahasa jawa, pancal memiliki arti mengayuh sepeda. Pada jaman dahulu pedagang kopi pancal ini menjajakan kopinya menggunakan sepeda.

Namun, pada saat ini, kuliner kediri yang satu ini telah memiliki warung tetap dan kamu masih bisa melihat sepeda yang digunakan untuk menjajakan kopi yang satu ini.

Nah, itulah beberapa Kuliner Tradisional Khas Kediri yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke kota Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here