Terakurat.com – Banten hingga saat ini masih dikategorikan sebagai sebuah Provinsi baru, meski sudah 20 tahun memisahkan diri dari Jawa Barat. Provinsi banten ini baru saja memisahkan diri dari Provinsi jawa barat pada tahun 2000 lalu. Dengan renggang beberapa tahun saja, Provinsi banten ini telah mengalami perkembangan ekonomi serta industri yang sangat pesat.

Namun tak hanya di bidang industrinya saja, melainkan dari sektor wisata. Baik itu wisata kuliner, wisata alam maupun wisata religi Provinsi banten memiliki daya tarik tersendiri.

Sambil menikmati keindahan alam, kamu juga wajib mencicipi kuliner yang menjadi primadona dan banyak diburu oleh para wisata kuliner.

Mungkin, bagi masyarakat Banten sendiri akan merasa tak aing dengan beberapa hidangan yang akan di paparkan di bawah ini. Namun, buat kamu yang baru berkunjung ke Banten dan saat ini sedang mencari rekomendasi makanan khas banten. Maka simak ulasannya berikut ini.

Nasi Sumsum

Sesuai dengan namanya, makanan khas Banten yang direkomendasikan ini adalah Nasi Sumsum. Nasi ini berbahan dasar dari Nasi yang dicampur dengan sumsum dari tulang kerbau. Uniknya, Makanan yang satu ini dimasak dengan cara di bakar. Bumbu dari tulang sumsum dan nasi dimasak dengan cara yang terpisah. Kemudian dicampur dengan cara digoreng.

Tak hanya sampai disana saja, proses pembuatan Nasi Sumsun dilanjutkan dengan cara membungkus nasi dan sumsum menggunakan daun pisang yang sudah dibersihkan dan langkah terakhir adalah dibakar.

Nasi Sumsum merupakan makanan khas Banten yang menjadi andalan hingga saat ini. Hal ini dikarenakan Nasi Sumsum memiliki citarasa yang gurih dan juga lezat. Namun, Nasi Sumsum ini agak sulit dijumpai karena sudah sedikit penjual makanan khas banten yang satu ini.

Baca juga  Tempat Bermain Anak di Jakarta.

Nasi Uduk Empal

Nasi Uduk Empal merupakan makanan khas Serang Banten yang sangat direkomendasikan ketika berkunjung kesana. Jika kamu berkunjung ke Serang, maka kamu tidak akan kesulitan menjumpai penjual nasi uduk empal ini. Karena penjual Nasi Uduk Empal akan mudah kamu jumpai di pinggir-pinggir jalan.

Nasi Uduk Empal merupakan makanan yang bahan dasarnya Nasi yang dimasak menggunakan santan lalu diberi salam san sereh. Cara penyajiannya yaitu hanya ditambah lauk pauk berupa Telur, Tempe Orek, dan pelengkap lainnya seperti kerupuk ataupun emping. Sesuai namanya, Nasi Uduk khas banten ini disajikan dengan Empal.

Nasi Belut

Nasi Belut merupakan makanan khas dari banten yang cukup difavoritkan. Selain karena Lezat dan Gurih, Nasi Belut juga mempunyai kandungan protein yang tinggi. Sehingga Nasi Belut sangat bagus untuk pertumbuhan. Buat kamu pecinta belut, tentunya jangan sampai melewatkan makanan yang berbahan dasar belut satu ini.

Sate Bandeng

Apabila kamu kurang menyukai Belut, maka alternatif lainnya adalah mencicipi ikan bandeng dalam bentuk sate. Kurang, afdol rasanya apabila berkunjung ke Banten tetapi tidak mencicipi sate bandeng.

Sate Bandeng khas banten ini tentu saja merupakan sebuah makanan yang sudah sangat terkenal. Karena Sate Bandeng sudah ada sejak abad ke 16. Pada saat itu, hidangan bandeng disajikan untuk melayani tamu dengan menyajikan ikan bandengan tanpa dengan durinya. Hingga saat ini ikan bandeng tersebu masih menjadi makanan yang difavoritkan oleh banyak orang.

Cara membuatnya dengan dicampuri bahan rempah-rempah pilihan terbaik yang tak diragukan lagi. Selain memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, sate bandeng juga telah hilang rasa amisnya.

Rabeg

Rabeg merupakan makanan favorit yang berada di Banten. Bahkan hingga saat ini makanan yang satu ini sidah dijadikan makanan kebanggaan Khas Banten.

Baca juga  Menikmati Hari Libur Dengan Berwisata Ke Obyek Wisata Waduk Cirata

Ketika kamu sedang berada di Banten, khususnya di Kota Serang, mencicipi makanan yang satu ini menjadi sesuatu yang wajib. Rabeg terbuat dari daging dan jeroan sapi yang diolah dan dicampur sedemikian rupa dengan bahan seperti jeruk, pala, serai, cengkih dan diberi kayu manis.

Makanan yang satu ini merupakan sajian makanan khas bantn dengan citaraa yang enak dan lezat. Karena aromanya yang menggoda, tentu saja kamu akan semakin penasaran dengan citarasanya yang menggugah selera.

Kue Cucur

Makanan khas banten yang satu ini sering ditemui di beberapa tempat di luar banten. Namun menyantap Kue Cucur langsung dari banten memiliki sensasi tersendiri. Apalagi ke tempat wisata di Banten sambil menikmati Kue Cucur.

Kue Cucur ini biasanya disajikan pada saat sedang ada acara-acara penting di keluarga dan pernikahan. Namun makanan yang satu ini sudah biasa disajikan sebagai cemilan sehari-hari.

Pasung Merah

Nama makanan khas banten yang satu ini memang terdengan cukup aneh. Namanya pasung merah, namun jangan hanya mendengar namanya saja, karena kamu harus tahu rasanya. Makanan khas banten yang satu ini memiliki citarasa yang tak diragukan lagi.

Pasung merah merupakan makanan khas banten yang terbuat dari bahan bagi diataranya yaitu tepung beras, tepung sagu, gula merah dan santan. Bahan baku tersebut dibungkus menggunakan daun pisang.

Sehingga menciptakan aroma yang khas dan alami. Selain namanya yang unik, kue ini juga memiliki bentuk yang unik layaknya corong.

Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek merupakan makanan khas banten yang menjadi favorit bagi warga Banten sendiri. Sate yang berasal dari Cibeber ini jika dilihat sekilas memang terlihat biasa saja, sama seperti pada umumnya.

Baca juga  Taman Wisata Sipinsur Yang Mempesona

Uniknya Sate ini disajikan dengan menggunakan kuah yang terbuat dari gula merah yang sudah dicampur dengan rempah-rempah khas Nusantara. Campuran bumbu tersebutlah yang menjadikan sate ini menjadi jauh berbeda dari sate pada umumnya.

Angeun Lada

Angeun Lada atau biasa dikenal dengan panggilan Sayur Lada ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku sayur-sayuran daging sapi dan daun walang.

Sayur lada berasal dari daerah Lebak dan Pandeglang, Provinsi banten. Untuk hal Cita rasa sudah tidak diragukan lagi karena memiliki citarasa yang segar dan enak. Jangan lupa mencicipi makanan yang satu ini ketika ke Banten.

Ketan Bintul

Makanan yang atu ini merupakan makanan khas banten dengan citarasa yang lezat dan gurih. Ketan bintul paling enak dihidangkankan dengan taburan serundeng kelapayang menjadikannya lebih gurih.

Nah, itulah beberapa makanan khas banten yang paling banyak dicari wisatawan. Kamu bisa mencicipi salah satunya atau membeli beberapa.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here