Terakurat.com – Manfaat Labu Siam – Pernahkah kamu mengonsumsi labu siam? Labu siam awalnya berasal dari Amerika Tengah, namun saat ini kerap kali digunakan dalam berbagai kuliner di Negara barat dan Negara timur.

Karena rasanya yang manis, sehingga labu siam mudah sekali dipadukan dengan berbagai lauk pauk. Mulai dari tumisan, sup, hingga jus. Selain itu labu siam juga bisa dijadikan sebagai bahan andalan dalam menu makanan dan minuman sehari-hari.

Selain menggugah selera, labu siam yang mirip dengan buah pir ini penuh akan kandungan vitamin dan nutrisi. Karena memiliki banyak khasiat ini lah sehingga sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit yang mengancam nyawa. Nah, berikut ini beberapa khasiat labu siam bagi kesehatan tubuh.

Mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh

Dalam labu siam terkandung ragkaian senyawa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral inilah yang merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas agar tubuh terjauh dari penyakit.

Dari satu labu siam saja, kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin C, vitamin B, potasium, magnesium, asam folat dan kandungan penting lainnya yang cukup tinggi.

Meskipun kaya akan nutrisi, labu siam juga memiliki lemak, kalori, dan karbohidrat yang cenderung rendah, sehingga sangat cocok disertai dalam berbagai diet.

Mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Bagi penderita diabetes, tentunya tahu betapa pentingnya menjaga gula darah. Kombinasi serat larut yang tinggi dan karbohidrat yang rendah dalam labu siam ini sangat ampuh untuk menurunkan gula darah dan mampu melawan resistensi tubuh terhadap insulin.

Kandungan serat tinggi ini juga memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga gula darah tidak langsung naik setelah makan. Selain itu kamu juga tidak akan mudah lapar.

Baca juga  Manfaat Daun Sirsak.

Mampu membantu menurunkan berat badan

Buat kamu yang kerap kali kesulitan untuk menghilangkan lemak di area perut, maka cobalah untuk mengonsumsi labu siam setiap hari.

Bayangkan saja, 100 gram labu siam hanya mengandung 16 kalori, sedangkan 100 gram nasi mengandung hampir 100 kalori.

Cobalah untuk menukar setengah asupan nasi kamu dengan satu porsi labu siam. Labu siam yang rendah kalori dan tinggi akan serat ini akan membantu menurunkan berat badan sekaligus menekan nafsu makan.

Menjaga kesehatan Kehamilan

Vitamin B9 atau Asam Folat merupakan salah satu asupan yang penting dikonsumsi menjelang kehamilan, namun tak jarang sering diabaikan.

Asam folat ini sebenarnya memiliki peran esensial dalam mencegah kelahiran prematur, serta cacat otak dan syaraf pada bayi. Ibu hamil pada umumnya disarankan untuk mengonsumsi sekitar 600 mcg asam folat setiap harinya.

Nah salah satu sumbernya tersebut bisa di dapatkan dari labu siam yang mengandung 200 mcg dalam satu porsi.

Mampu menurunkan kolestrol

Dengan marak beredarnya jajanan lezat yang tinggi akan lemak jenuh, tigkat pasien dengan kolestror di Indonesia semakin meningkat. Resikonya kamu dapat dengan mudah terserang penyakit stroke dan jantung.

Salah satu manfaat dari labu siam adalah mampu menurunkan kolestrol jahat (LDL).  Untuk mengonsumsinya kamu dapat mengkombinasikannya dengan makanan lain seperti salmon, alpukat dan kacang almond dalam diet untuk menstabilkan tingkat kolestrol secara keseluruhan.

Mampu mencegah sembelit

Apakah kamu tipe orang yang sering kesulitan pada saat BAB? Gangguan pada saluran pencernaan ini pada umunya tidak menimbulkan komplikasi serius. Namun, perut kembung serta berat badan yang terus bertambah kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca juga  Manfaat Nabeez atau Air Rendaman Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Menambahkan labu siam kedalam menu makanan bisa menjadi solusi praktis mu. Pasalnya kandungan serat dan air di dalam sayur yang satu ini terbukti efektif mengatasi konstipasi.

Mampu mencegah penuaan dini

Siapa sangka ternyata labu siam berkhasiat untuk menghambat keriput di area wajah. Menurut para ahli, kandungan anti oksidan yang terdapat didalamnya mampu memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam labu siam mempunyai manfaat yang mampu memproduksi kolagen, yakti protein esensial yang ditemukan dalam kulit. Kolagen inilah yang membuat kulit kamu cenderung kencang serta awet muda.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain daging labu siam, daun labu siam juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Banyak penderita hipertensi yang menggunakan daun labu siam ini sebagai obat alami darah tinggi.

Kandungan potasium dan magnesiumnyalah yanng memiliki khasiat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini caranya cukup mudah, didihkan daun labu siam di dalam air panas untuk dijadikan teh, lalu minum satu kali dalam sehari.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari labu siam untuk kesehatan. Agar tubuh mu menjadi sehat dan terhindari dari ancaman berbagai penyakit, marilah secara rutin mengonsumsi labu siam.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here