Terakurat.com – Manfaat Rendaman Air Kurma – Kurma adalah salah satu tanaman palma yang biasanya berwarna cokelat. Meski tidak diketahui dari mana pertumbuhan asalnya, tanaman yang satu ini diprediksi budi dayanya berasal dari daratan di sekitar Teluk Persia atau Teluk Arab. Buah dalam bahasa Inggris date palm ini kerap kali disebut-sebut sebagai buah daratan Timur yang kaya akah khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Tidak heran jika kurma kerap kali dijadikan sebagai makanan pokok di sejumlah daerah Timur Tengah dan Afrika Selatan. Tak sedikit juga orang yang menjadikan kurma sebagai salah satu produk kesehatan. Salah satunya adalah campuran infused water.

Infused Water kurma atau populernya bernama air nabezz merupakan air rendaman kurma yang memiliki beragam khasiat dan manfaat. Mungkin kamu akan merasa asing dengan penggunaan kurma sebagai campuran infused water, namun sebenarnya manfaat air rendaman kurma sudah dikenal sejak dahulu kala.

Apa saja manfaat rendaman air kurma? Simak berbagai manfaatnya berikut ini.

Manfaat Rendaman Air Kurma

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat yang pertama, namun bukanlah yang utama dari air nabeez adalah membantu tubuh dan sistem pencernaan. Manfaat air nabeez ini akan mengurangi racun yang berada di dalam tubuh. Pasalnya air nabeez mengandung alkali dan memiliki sifat detoksifikatif. Dengan meminum air rendaman kurma, maka tubuh akan menjadi semakin bersih dari racun-racun yang berisiko menimbulkan bahaya dan penyakit.

Selain itu, air nabeez mampu membantu tubuh untuk membuang kandungan asam lambung yang berlebihan serta memulihkan sekaligus membersihkan sistem pencernaan tubuh.

Kaya akan nutrisi

Nutrisi yang terkandung di dalam kurma jumlahnya tidaklah sedikit, melainkan sebaliknya. Terdapat folat, asam pantotenat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, sodium, fosfor, magnesium, zat besi dan masih banyak lagi.

Baca juga  Gejala Demam Berdarah Yang Harus Diwaspadai

Bahkan kandungan kalori kurma lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar lainnya. Karena nutrisinya yang sangat baik serta banyak, manfaat air rendaman kurma tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, minuman bernutrisi dan manis ini mampu menyegarkan dahaga dan tubuh.

Melawan kolestrol jahat

Serat tinggi yang dimiliki infused water kurma menjadikan minuman bernutrisi ini sebagai rendaman air kurma yang ampuh untuk melawan kolestrol jahat atau LDL. Pengonsumsian infused water menjadi salah satu cara sehat, lezat dan nikmat untuk mengurangi kadar kolestrol jahat. Apalagi juka kolestrol jahat berisiko menyebabkan serangan jantung, stroke dan penyakit jantung lainnya.

Sementara itu, infused water juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga ampuh untuk mengatasi masalah konstipasi seperti sembelit dan sejenisnya.

Meningkatkan fungsi otak

Kandungan kalium yang terdapat pada kurma ini yang membuatnya begitu istimewa. Kandungan kalium pada kurma sangatlah banyak, sehingga mampu membantu tubuh dalam menyerap oksigen dan menyebarkannya ke otak.

Penyerapan dan penyebaran oksigen yang baik di dalam otak akan meningkatkan fungsi organ vital. Aktivitas otak akan semakin membaik, termasuk proses mengingat, berpikir, merespons dan sebagainya.

Stabilissasi tekanan darah

Buat kamu yang sering bermasalah dengan tekanan darah maka rutinlah meminum infused water kurma. Manfaat dari infused water kurma perihal menstabilan tekanan darah sudah teruji secara klinis. Ahli kesehata dan ahli gizi pun menganjurkan minuman ini untuk dikonsumsi secara rutin.

Sumber manfaatnya terletak pada kandungan potassium yang banyak ditemukan pada kurma. Jadi hal tersebut dapat membantu proses stabilisasi tekanan darah dan mengatur performa jantung. Potassium sangatlah dibutuhkan oleh tubuh, tanpa potassium yang cukup tubuh akan mudah kelelahan.

Baca juga  Perawatan Rambut Dengan Masker Pisang

Meningkatkan resistensi tubuh

Air rendaman kurma juga mengandung mineral yang disebut dengan iron atau zat besi. Zat besi bekerja untuk membantu proses penyerapan protein, metabolisme tubuh, mengatur produksi hemoglobin dan sel darah merah serta meningkatkan resistensi tubuh.

Kondisi tubuh yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan semakin kuat melawan berbagai risiko penyakit.

Baik untuk ibu hamil

Kurma dapat menguatkan dan melenturkan otot-otot yang terdapat pada bagian uterus. Nantinya kurma dapat mempermudah pelebaran mulut rahim, sehingga mampu mengurangi induksi persalinan.

Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam kurma pun bagus untuk memperkaya susu ibu. Oleh karena itu, ibu yang menyusui sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi kurma atau meminum air rendaman kurma.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here