kebotakanРNormal jika seseorang kehilangan rambutnya sekitar 50 sampai 100 helai tiap hari. Namun perlu diperhatikan jika seseorag mengalami kerontokan yang lebih banyak setiap harinya. Kebotakan dini bisa disebut juga kebotakan abnormal yang biasanya sering terjadi pada usia di bawah 30 tahun. Segera temui dokter jika kamu mengalami kerontokan rambut yang tidak biasa. Misalnya kerontokan rambut yang disertai nyeri dan gatal-gatal, kulit diarea kepala berwarna merah, kerontokan disertai pertambahan berat badan atau lemah otot, serta infeksi pada kulit kepala.

Jika kamu mengalami kebotakan dini, jangan khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan bebagai tips berikut ini :

  1. Berhati-hati saat menyisir rambut, lakukanlah dengan lembut dan jangan dipaksa atau ditarik jika kusut, terutama saat rambut dalam keadaan basah.Jika memungkinkan sebaiknya gunakan detangler.
  2. Hindari menggunakan alat yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut seperti curly iron, pelurus rambut, dan pengering rambut.
  3. Perhatikan obat-obatan yang sedang kamu konsumsi, bisa jadi pengaruh dari obat-obatan tersebutlah yang menyebabkan rambut rontok.
  4. Lindungi rambut dari sinar matahari, kamu bisa gunakan topi saat keluar rumah agar tidak terkena sinar matahari langsung.
  5. Merokok juga bisa menyebabkan kerontokan rambut pada pria. Sebaiknya segera berhenti merokok jika kamu tidak ingin rambutmu mengalami kerontokan yang lebih banyak lagi dan menjadi botak.
  6. Stress merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain bisa mempengaruhi kondisi mental dan psikis, stress juga bisa mempengaruhi hormon sehingga bisa menyebabkan kebotakan.
  7. Tidak hanya tulang saja, rambut juga memerlukan nutrisi. Kamu bisa mengkonsumsi protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, dan zat besi untuk menyuburkan rambut.
  8. Kamu juga bisa melakukan transplantasi rambut. Cara ini bisa dilakukan jika area kebotakan sudah meluas. Dalam prosedur ini, dokter akan melakukan pembedahan kemudian mengambil area kulit berambut lalu ditanamkan ke area yang botak.
  9. Kamu juga bisa menggunakan shampo atau conditioner penyubur rambut lainnya.
  10. Lakukan perawatan seara rutin agar kulit kepala tetap berada dalam kondisi yang sehat.
Baca juga  Cara Membuat Body Lotion Alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here