Terakurat.com – Mewarnai dan Meluruskan Rambut – Temuan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal International Journal of Cancer mengaitkan bahwa pewarna rambut permanen dan pelurus rambut kimia dapat menimbulkan risiko kanker payudara pada wanita.

Mewarnai dan Meluruskan Rambut Dapat Menimbulkan Kanker?

Dalam penelitiannya ini para peneliti National Institute of Health menggunakan data dari 46.709 wanita Amerika yang telah terdaftar dalam Sister Study (Sebuah studi bagi para wanita bebas kanker dengan saudara perempuan yang didiagnosis menderita kanker payudara).

Para wanita akan ditanyai mengenai berbagai faktor gaya hidup, termasuk jenis produk rambut apa yang mereka gunakan dalam 1 tahun belakangan dan rata-tata perubahan produk slama 8 tahun. Hasilnya lebih dari separuh wanita mengatakan bahwa mereka menggunakan pewarna rambut permanen dan sekitar 10% lainnya mengatakan bahwa mereka menggunakan pelurus rambut kimia. Para peneliti mengemukan bahwa wanita yang menggunakan pewarna rambut permanen 9% lebih mungkin terjangkit kanker payudara daripada wanita yang tidak mewarnai rambut mereka.

Namun warna kulit hitam yang menggunakan pewarna rambut permanen memiliki terkena kanker payudara 45% lebih tinggi dan ketika mereka menggunakannya setiap 8 minggu lebih mereka akan memiliki resiko 60 persen lebih tinggi terkena kanker payudara. Meskipun demikian, para ahli mengatakan untuk tidak perlu khawatir.

Memiliki resiko kanker payudara

Dalam pembuatan penelitian tersebut, terdapat beberapa teori. Seperti dilansir pada situs Prevention, pada akhirnya semua itu hanyalah teori. Perlu dicata bahwa wanita yanf diteliti memiliki saudara perempuan yang mengidap kanker payudara, dan berarti mereka sudah terlebih dahulu memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit ini, dibandingkan dengan wanita yang tidak memilki hubungan genetik tingkat pertama.

Baca juga  Fitur Android Q Berikut ini Membuatnya Menjadi OS yang Lebih Menyenangkan!

“Temuan ini menunjukan bahwa wanita harus mempertimbangkan penggunaan produk rambut mereka, mengingat fakta bahwa bahan kimia dalam pewarna rambut dan pelurus kimia dapat mengakibatkan resiko mereka terkena penyakit kanker payudara” ujar penulis studi sekaligus kepala Epidemiologi Lingkungan dan Kanker dari National Institute of Environmental Health Sciences Alexandra White.

“Namun resiko keseluruhan dari mewarnai dan meluruskan rambut tidaklah besar, dan produk rambut kimia hanyalah salah satu dari banyak faktor yang dapat memengaruhi peluang wanita terkena penyakit kanker payudara” ujar White.

Menurutnya terdapat banyak faktor resiko kanker payudara, beberapa faktor resiko yang bisa dikendalikan seperti halnya kelebihan berat badan, meminum alkohol dalam jumlah yang besar dan faktor usia.

Para ahli juga merekomendasikan untuk fokus mengurangi resiko terkena kanker payudara dengan cara rajin berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, dan menghindari rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here