Terakurat.com – Manfaat dan Khasiat Lemon – Menjelang puasa Ramadhan, tubuh kita akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit, alasannya karena kita cenderung tidak mendapatkan cairan serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh secara cukup. Contoh masalah kesehatan yang sering kali dialami pada saat kita sedang melakukan ibadah puasa di antaranya adalah gangguan pencernaan, bau mulut, hingga berat badan yang terus naik.

Salah satu cara praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh kita adalah dengan cara rutin mengonsumsi ramuan lemon dan madu. Memang, perasan air lemon yang ditambahkan dengan madu merupakan ramuan yang sudah lama terkenal akan khasiat kesehatannya. Kedua bahan tersebut menfandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari bagian atas hingga bagian bawah.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat kesehatan yang diberikan dari ramuan lemon dan juga madu ini maka simak berikut ini ulasannya.

Manfaat dan Khasiat Lemon untuk kesehatan tubuh

Mampu mengingkatkan sistem imun tubuh

Minum cairan lemon dan madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk mencegan infeksi dan virus penyakit yang kerap kali timbul pada saat kita sedang melakukan ibadah puasa. Jeruk lemon sendiri kaya akan sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, sedangkan madu dikenal akan proteksi anti bakteri yang kuat. Kombinasi dari kedua bahan inilah yang ampuh untuk kesehatan sistem umun pada saat kita sedang berpuasa.

Detoksifikasi Tubuh

Setiap harinya tubuh kita dimasuki oleh racun, baik itu dari zat kimia di lingkungan ataupun makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Secara alami, tubuh kita akan mengeluarkan racun tersebut melalui keringat dan urin. Proses ini dapat dibantu dengan air lemon dan madu yang juga berkhasiat untuk membersihkan organ hati. Manfaat lemon dan madu sebagai anti detoksifikasi ini didapatkan dari kandungan asat sitratnya yang terdapat di dalamnya.

Baca juga  Inilah 7 Penyebab Vertigo Yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Wajib Waspada

Mampu memperbaiki saluran pencernaan

Mungkin kamu sering mendengar keluhan sembelit dan perut kembung pada saat sedang berpuasa. Hal ini terjadi dikarenakan perubahan aktivitas dan pola makan secara tiba-tiba.

Selain rutin olah raga tiap harinya dan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, coba tambahkan jeruk lemon dan madu dengan air teh hangat setiap harinya.

Sejalan dengan manfaat detoksifikasinya, lemon dan madu dipercaya ampuh membersihkan dan mengeluarkan makanan dalam usus. Buat kamu penderita gangguan pencernaan maka imbangi dengan mengonsumsi air putih yang banyak pada saat berbuka puasa.

Mampu menurunkan berat badan

Jika kamu menginginkan berat badan yang ideal pada saat berpuasa, kabarnya meminum segelas perasan air lemin yang ditambahkan dengan madu dan air hangat pada saat perut kosong dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar timbunan lemak yang membandel.

Selain itu, buat kamu yang sedang diet dan megidamkan minuman yang manis, salah satu tips mudah adalah dengan menggunakan madu secara moderasi sebagai pengganti gula pasir. Madu juga bisa dipakai sebagai bahan pemanis dalam Baking loh.

Mampu mencegah batuk dan radang tenggorokan

Saat kita sedang berpuasa, gangguan yang kerap kali terjadi adalah sakit tenggorokan. Meskipun jarang terjadi kompikasi yang serius, penyakit ini dapat mengganggu kita pada saat sedang berpuasa.

Salah satu manfaat perasan jeruk lemon dan madu adalah mampu meredakan dan mencegah radang tenggorokan. Ramuan yang satu ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal Ayurveda.

Komposisi yang satu ini sangatlah efektif dalam menjaga kelembaban dan mencegah pembentukan lendir berlebihan di saluran pernapasa.

Mampu meningkatkan energi yang hilang

Jika tubuhmu terasa lemas, mudah mengantuk dan sulit menjalani aktivitas di siang hari pada saat atau setelah selesai beribadah puasa, solusi mudahnya dengan meminum perasan jeruk lemon dan madu pada saat sahur dan berbuka. Kandungan elektrolit dalam lemon dan senyawa yang penting di dalam madu dapat mengembalikan energi yang hilang seharian berpuasa karena berkhasuat mempercepat proses pemulihan tubuhm terutama setelah beraktivitas berat pada siang hari.

Baca juga  5 Obat Diare Tradisional & Cara Membuatnya

Mampu mencegah dehidrasi

Apakah kamu tipikal orang yang tidak menyukai air putih yang hambar? Tentu hal ini bisa menjadi masalah besar pada saat puasa. Pada saat dehidrasi orang akan lebih sulit untuk fokus, susah mengontrol emosi, sering sakit kepala atau mudah terserang penyakit lainnya.

Rasa lemon dan madu ini bisa membantu kamu meneguk air putih lebih sering sehingga kebutuhan elektrolit pada tubuh terpenuhi.

Menjaga kesehatan kulit

Selama kita sedang beribadah puasa, mungkin kamu mulai sadar perubahan kulit seperti wajah kusam, berminyak ataupun jerawat. Nah, cara ampuh untuk mengatasi hal ini adalah meminum perasan jeruk lemon dan madu.

Ternyata lemon memiliki khasiat yang dapat mencegah memproduksi minyak berlebihan. Minyak inilah yang seringkali mengakibatkan pori-pori tersumbat dan timbulnya jerawat.

Buah lemon juga berperan sebagai agen pengelupas kulit mati yang berkhasiat mampu mencerahkah wajar. Mungkin kamu sudah tahu khasiat lemon dan madu untuk detoks. Terkadang racun-racun ini memicu berbagai masalah kulit juga.

Mampu mencegah bau mulut

Bau mulut pada saat kita menjalani ibadah puasa adalah hal yang wajar karena pada saat kita sedang berpuasa tubuh kekurangan cairan. Namun tahukah kamu bahaw madu kerap kali digunakan untuk menghilangkan bau mulut secar permanen? Wangi citrus dari jeruk lemon ini juga dapat memberikan rasa segar dimulut.

Untuk merasakan khasiat ini, maka kamu bisa mencampur air lemin hangat dan 1 sdm madu dengan ½ sdm bubuk kayu manis. Rutin meminum laruan ini pada saat sahur dan buka puasa mampu melawan bakteri penyebab bau mulut.

Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi makanan bergula dapat mengakibatkan gula darah melonjak naik. Gula darah yang melonjak naik turun tersebut dapat menyebabkan kamu letih, lesu dan lapar. Kondisi seperti ini tentunya dapat mempersulit puasa kamu.

Baca juga  Obat Imunos - Manfaat Penting dan Efek Samping Obat Imunos

Perasan air lemon terbukti dapat menjaga kestabilan gula darah. Bagi penderita diabetes, segelas air lemon akan sangat membantu disaat kita melakukan ibadah puasa ramadhan.

Jika kamu menginginkan menikmati air lemon dengan sedikit rasa manis, maka gunakan madu sebagai alternatif gula pasir. Karena madu merupakan pemanis alami yang jauh lebih baik dengan glycemic index yang cenderung lebih rendah dan dapat menahan nafsu lapar berlebihan.

Pada saat kita sedang berpuasa, maka jalanilah ibadah puasa dengan semangat. Jaga pola hidup yang sehat dengan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, rutin berolahraga, dan tentunya meminum air lemon dan madu. Nah itulah manfaat dan khasiat lemon bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here