Terakurat.com – Misteri Nina Bobo – Alunan Musik memanglah tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Mungkin kamu setiap harinya selalu mendengarkan lagu bukan? Terkadang kamu memutar lagu sesuai dengan Mood pada hari itu. Atau mungkin saat dalam perjalanan ke rumah, kamu mendengarkan musik yang sedang di putar pada transportasi umum yang kamu naiki.

Nah, terbukti kan bagaimana alunan musik selalu menemani hari-hari anda tanpa kalian sadari. Lantas apakah kamu tipe yang selalu mendengarkan musik agar mudah tertidur? Jika kamu mengingat lagu pengantar tidur atau lullaby past kamu akan teringat dengan lagu Nina Bobo, lagu yang kerap kali dinyanyikan oleh para orang tua kita saat menidurkan kita sewaktu kecil.

Dengan lirik yang sederhana, lagu Nina Bobo ini mudah di ingat serta turun-temurun selalu kita nyanyikan. Tanpa tahu sejarah lagu nina bobo itu sendiri. Lalu apakah Nina adalah nama seorang anak yang menciptakan lagu ini.

Terdapat berberapa versi dari lagi nina bobo yang sangat melegenda ini. Simak berikut ini asal usul lagu pengantar tidur yang ternyata konon katanya ada cerita mistis yang menyelimuti lagunya.

Beragam Versi Cerita Misteri Nina Bobo

Versi Helenina

Versi yang pertama dari asal usul lagu pengantar tidur Nina Bobo ini konon katanya berawal dari sebuah keluarga kecil yang memiliki satu orang anak perempuan bernama Helenina. Helenina merupakan campuran antara Belanda dan Jawa. Sang ayah kelahiran Belanda bernama Van Rodjnik sedangkan ibunya wanita asal jawa bernama Mustika.

Helenina atau biasa dipanggil nina ini memiliki masalah kesulitan untuk tidur. Maka ibundanya Mustika setiap malam bersenandung untuk menidurkan Nina. Nina pun menjadi ketergantungan dengan senandung pengantar tidur dari ibunya.

Baca juga  Tempat Mengerikan di Kyoto, Jepang!

Atas saran dari ayahnya tersebut sang ibu menciptakan liriknya dengan tidak bersenandung lagi. Lirik lagunya sama halnya seperti yang kita ketahui sekarang ini : “Nina bobo ooh nina boo.. kalau tidak bobo digigit nyamuk..”.

Setiap malam ibunya selalu menyanyikan lagu tersebut hingga pada suatu hari Nina sakit parah lalu meninggal dunia. Nina meninggal pada usia masih 6 taun dan meninggalkan kesediah yang amat mendalam para orang tuanya.

Pada suatu malam, ayahnya nina menemukan Mustika sang ibu dari Nina sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa ia nyanyikan untuk Nina. Mustika lalu bercerita kalau ia selalu mendengar suara nina sedang menangis dan minta dinyanyikan lagu Nina Bobo.

Maka setiap malam meskipun anaknya telah meninggal, sang iibu selalu menyanyikan lagu tersebut sampai akhirnya ia juga meninggal dunia.

Setelah Mustika meninggal dunia, lalu giliran Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta dinyanikan lagu pengantar tidur Nina Bobo yang selalu dinyanyikan oleh ibunya tersebut.

Hal inilah yang membuat pikiran Van Rodjink menjadi terganggu dan iapun lalu menyanyikan lagu Nina Bobo berulang-ulang hingga akhirnya iapun ikut meninggal dunia.

Versi Nina Mijk

Versi lagu nina bobo yang lainnya menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Nina Mijk. Nina mijk berasal dari keluarga musisi belanda yang ingin mengembangkan karirnya di Indonesia.

Semuanya berawal dari suati malam ketika hujan disertai petir, Nina tiba-tiba berubah seperti bukan dirinya. Ia lalu menjerit-jeri serta badannya melipat lentur seperti sedang kenyang dan mengumpat seperti sedang kesurupan. Kejadian tersebut terjadi setiap malam dan membuat seluruh keluarga kebingungan. Ibundanya Nina sangat sedih melihat kejadian seperti ini karena Nina kerap kali harus di ikat atau di pasung agar tidak melukai dirinya yang semakin hari semakin kurus serta pucat.

Baca juga  Misteri Candi Prambanan, Peninggalan Budaya yang Dikenal Dunia

Keadaannya semakin hari menjadi tidak normal inilah yang membuat ayahnya tidak kuat melihatnya dan kembali ke negaranya lalu meninggalkan Nina dan ibunya. Keadaan semakin mencekam ketika satu persatu pembantu pun pergi karena ketakutan, jadi di dalam rumah yang semakin tak terurus tersebut itu hanya tinggal nina yang masih terkunci dikamarnya dan ibunya.

Hinga pada akhirnya pada suatu malam Nina tidak lagi menjerit-jerit eperti malam biasanya. Hening dan ibunya yang penasaran tersebut mengintip kekamar nina. Ia melihat nina sedang duduk di kamar tempat tidurnya sambil menangis, pada malam itu ibunya seperti melihat Nina anaknya yang sebenarnya.

Meskipun penampilan nina menyeramkan matanya yang menghitam, rambut yang berantakan, serta pucat lalu ibunya masuk dan memeluk ibunya. Lalu Nina meminta ibunya untuk menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya karena ia sudah sangat lelah. Diiringi dengan nyanyian ibunya “Nina bobo ooh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”, Nina pun tertidur dan akhirnya dia pun tertidur dalam dan tidak terbangun lagi.

Kebenaran dari Misteri Nina Bobo keduanya hingga kini masih menjadi misteri, masih belum ada fakta yang pasti darimana lagu tersebut berasal. Bagaimana jika Nina yang berada di cerita di atas ternyata kerap kali muncul ketika kita menyanyikannya? Misteri Nina Bobo Sangat menyeramkan bukan.

Baca Juga : Beragam Misteri Pesugihan yang Berada di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here