Pulau Buton atau biasa dikenal dengan produksi aspalnya. Meskipun demikian dikenal sebagai tempat untuk memproduksi aspal Pulau Buton memiliki daya tarik tersendiri yakni berupa pantainya yang indah dan misteri pulau butonnya.

Selain itu di sekitar Pulau Buton ini juga terdapat pulau-pulau kecil yang menjadi tempat wisata yang diminati para wisatawan. Pulau Buton yang cantik ini memanglah sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Dibalik kecantikan Pulau Buton tersebut ternyata ada beberapa kisah misterius Yang menaungi Pulau ini. Salah satu misteri Pulau Buton yang paling terkenal adalah keberadaan lubang misterius yang berada di masjid Keraton Buton yang konon katanya terhubung ke Ka’bah yang berada di Mekah.

Jika kamu ingin mengetahui sejumlah misteri lainnya di Pulau Buton ini maka simak berikut ini seputar misteri Pulau Buton.

Lubang misterius yang berada di masjid Keraton Buton.

Misteri Pulau Buton

Jika dilihat dari luar bangunan masjid Keraton Buton tampak terlihat sederhana dan biasa saja. Masjid Keraton Buton ini mengusung pondasi dari batu yang tidak memiliki ornamen lainnya yang mempercantiknya.

Namun siapa sangka jika di dalam masjid ini terdapat sebuah lubang misterius yang hingga kini masih menjadi misteri dan paling terkenal.

Dikisahkan pada dahulu kala, saat perang terjadi di Buton. Tiba-tiba terdengar suara bedug dan adzan dari sebuah lubang. Padahal pada saat itu tidak ada masjid yang berdiri di sekitar wilayah itu.

Lambat laun akhirnya masyarakat menyadari bahwa suara bedug dan azan tersebut berasal dari lubang. Masyarakat mempercayai bahwa suara bedug dan azan tersebut berasal dari Ka’bah yang berada di Mekkah, Arab Saudi.

Pada tahun 1712, Sultan Buton yang ke-19 yaitu Dakiudin Darul alam, pada akhirnya membangun masjid di atas lubang tersebut. Setelah masjid yaitu dibangun salah satu Imam masjid yang memiliki indra keenam mengatakan bahwa Iya dapat melihat kejadian di Masjidil Haram Mekkah. Hal tersebut tentu menambah kekhusyuan umat saat menjalani ibadah 5 waktu di masjid Keraton Buton.

Baca juga  Hantu China Paling Seram.

Akan tetapi pada tahun 1970-an lubang gaib yang menjadi misteri tersebut ditutup dengan semen. Keputusan ini dilakukan oleh persetujuan beberapa tokoh adat dan imam masjid karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan lubang tersebut untuk meminta sesuatu. Mereka khawatir jika masyarakat menjadi murtad atau mendoakan Tuhan karena tergantung kepada lubang tersebut.

Konon katanya lubang gaib misterius tersebut sudah ditutup dan posisinya tepat terletak dibawah sajadah Imam. Meskipun begitu lubang kaki mati di ini sudah ditutup dengan semen, tetapi banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi salah satu masjid bersejarah ini.

Naga hijau yang berada di Pulau Buton.

Jika kamu berkunjung ke kota bau-bau, Pulau Buton, kamu pasti akan melihat sebuah ikon patung naga yang cukup besar. Akan tetapi ada hal yang aneh dengan patung naga hijau ini karena yang terlihat hanyalah bagian badan dan kepalanya kerja, lantas di manakah letak ekor naga yang terkenal panjang tersebut.

Usut punya usut patung ekor naga diletakkan dengan jarak 5 km dari bagian patung kepalanya. Tujuannya adalah untuk memberi kesan bahwa perut naga tertanam di dalam tanah Kota bau-bau Pulau Buton.

Proses pembuatan patung naga hijau ini sebenarnya merupakan sebuah simbol yang menandakan hubungan kerjasama antara Kesultanan Buton dan Imperium Cina di masa dahulu. Keberadaannya tersebut menandakan bahwa bangsa Cina sudah hadir di Pulau Buton sejak zaman kerajaan.

Meskipun sudah jelas maksud pembuatan patung naga tersebut, akan tetapi masih ada saja misteri Pulau Buton yang berkaitan dengan naga hijau. Mitos penampakan naga hijau di Pulau Buton ini memanglah tidak terlalu santer terdengar di zaman modern seperti ini.

Baca juga  Kisah Seram Mall Angker!

Namun beberapa orang dahulu pernah melihat naga hijau yang besar dan melintas di Buton. Entah benar atau tidaknya konon orang-orang yang pernah melihat naga tersebut konon katanya meninggalnya beberapa hari setelahnya.

Demikianlah sejumlah misteri Pulau Buton yang sangat menarik untuk dibahas. Pulau yang mungkin masih banyak diekspor oleh para wisatawan ini sebenarnya merupakan pulau yang sangat kaya.

Pulau Buton ini memiliki kandungan aspal alam sebanyak 3,8 miliar ton yang artinya Indonesia dapat memperoleh keuntungan hingga 2.301 Triliun Rupiah dari hasil aspal tersebut.

Baca juga : Misteri Anak Gunung Krakatau yang Menarik Untuk Diteliti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here