Terakurat – Pameran Teknologi Besar Batal – Wabah virus corona yang tak kunjung usai membuat sejumlah kegiatan event dibatalkan, tak terkecuali agenda event teknologi besar yang harus batal meski sudah direncanakan sebelumnya.

Pandemi COVID-19 yang mengguncang banyak industri di seluruh penjuru dunia mengakibatkan anjloknya pasar saha dan harga bahan bakar minyak. Industri teknologi juga terkena imbas dari pandemi ini, seperti Apple yang mengalami penurunan penjualan iPhone hingga 60% di China.

Selain itu tidak sedikit pula pameran teknologi skala besar yang terpaksa harus dibatalkan demi memerangi penyebaran COVID-19 yang lebih masif. Seperti yang sudah diketahui, pemerintah meminta masyarakat untuk menjauhi kerumunan, demi keamanan kegiatan tersebut diputuskan untuk diundur dari jadwal semula atau digantikan dengan live streaming.

Berikut ini adalah beberapa daftar event teknologi besar yang di cancel karena adanya pandemi virus Corona.

Pameran Teknologi Besar Batal Karena Pandemi COVID-19

E3 2020

Pada awalnya E3 2020 direncanakan berlangsung pada bulan Juni, namun ESA (Enternainment Software Association) mengumumkan bahwa expo gamming ini akan dibatalkan karena adanya pandemi virus Corona.

Dengan penurunan popularitas di kalangan gamer hardcore semenjak E3 mulai beralih fokus ke influencer dan bintang film, pembatalan acara ini tentunya semakin berdampak negatif terhadapa reputasi expo gaming super besar ini. Beberapa jurnalis meyakini bahwa ini adalah akhir dari riwayat E3, hal ini dikarenakan korporasi besar seperti Sony dan Nintendo memilih untuk menyelenggarakan acara mereka sendiri, contohnya PSX dan Nintendi Direct.

Mobile World Congress (MWC) 2020

MWC adalah event dimana korporasi besar merilis dan memperkenalkan teknologi baru untuk smartphone publik. Beberapa korporasi bahkan memanfaatkan event ini untuk memamerkan ponsel baru mereka yang belum rilis. Namun, banyak perusahaan yang membatalkan keikut sertaan mereka karena pandemi Covid-19, dan penyelenggara MWC pun memutuskan untuk membatalkan event ini.

Baca juga  Fakta Tentang Kartu Pra Kerja Yang Harus Kamu Tahu

Hal ini memaksa banyak brand smartphone untuk membuat event mereka sendiri untuk memperkenalkan produk dan teknologi terbarunya ke pasaran.

SXSW 2020

SXSW atau South by South West adalah acara utama untuk penggemar teknologi, film dan musik. Ini adalah pertama kalinya event ini harus dibatalkan sejak 34 tahun terakhir. SXSW dibatalkan oleh walikota Austin (lokasi diselenggarakannya event SXSW ini) menurutnya pembatalan ini karena faktor banyak vendor yang mundur dan juga untuk menjaga kesehatan publik figur yang akan hadir di event ini. SXSW pun merilis statement bahwa event ini akan diselengarakan secara online.

Facebook F8

Facebook juga menyelenggarakan acara tahunan mereka yang memamerkan tenologi terbaru dan inovasi yang hadir di seluruh bisnis mereka, termsuk WhatsApp dan Instagram.

Acara ini dijadwalkan akan berlangsung pada 5-6 Mei 2020, namun harus dibatalkan karena adanya pandemi COVID-19. Facebook pun membuat rencara untuk membuat sebuah event pengganti untuk para siswa yang rutin menghadiri event tahunan ini.

Google I/O

Konferensi raksasa yang memamerkan fitur, teknologi dan inovasi terbaru yang hadir di seluruh lini masa produk Google, seperti Android dan Google Assistant. Namun, Google merilis statement bahwa konferensi ini harus dibatalkan, mengikuti aturan dari CDS (Center of Diase Control and Prevention) dan WHO (World Health Organization).

Tiket yang sudah di beli akan di refund (pengembalikan uang) dan para pendaftarnya akan mendapatkan kesempatan untuk langsung membeli tiket Google I/O 2021.

Di beberapa minggu kedepan, Google akan mencari cara untuk memperkenalkan fitur-fitur baru ke para developer, yang mungkin nantinya akan hadir dalam bentuk Live streaming atau event online serupa.

Nah, itulah sejumlah kegiatan event otomotif yang harus ditunda demi meminimalisir penyebaran virus corona.

Baca juga  Lembaga Survei Charta Politik Merilis Hasil Survei Caleg DKI 1

Sangat disayangkan bukan jika banyak event teknologi harus batal karena adanya pandemi COVID-19, namun semua ini tentunya dilakukan demi mencegah penyebaran virus yang semakin tidak terkontrol.

Pertemuan skala besar merupakan salah satu hal yang harus dihindari di waktu seperti sekarang ini, namun tentunya para penyelenggara tetap mencari jalan lain sebagai pengganti beberapa event tadi. Maka, siapkanlah koneksi internet yang lancar dan stabil pasalnya banyak event yang pindah ke online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here