Obat Tetes Telinga dan Cara Menggunakannya

obat tetes telinga

Penggunaan Obat Tetes Telinga Sesuai Kriteria

Terakurat.com – Info Kesehatan – Obat Tetes Telinga dan Cara Menggunakannya – Penggunaan obat tetes telinga menjadi pilihan alternatif yang banyak dicari masyarakat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Telinga merupakan indra yang vital. Terkadang beberapa masalah pada telinga muncul sehingga mengakibatkan telinga kurang berfungsi secara efektif.

Hal inilah perlu ditangani menggunakan obat. Penggunaan obat tetes telinga menjadi pilihan alternatif yang banyak dicari masyarakat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Memilih Obat

Meskipun Anda bukan ahli medis, tetapi perlu memiliki pengetahuan tentang tata cara pemilihan obat salah satunya obat untuk telinga.

Penggunaan obat tetes telinga harus disesuaikan dengan permasalahan yang dialami. Jenis sakit telinga diantaranya obat untuk telinga berdenging, obat sakit telinga, obat infeksi, dan obat untuk mencairkan kotoran telinga.

Menggunakan obat untuk telinga tidak boleh asal pakai karena dapat membahayakan syaraf. Cara memilih obat yang benar adalah mencari tahu suara masyarakat terhadap kualitas obat, memperhatikan tanggal kadaluwarsa,

memperhatikan ukuran usia yang diperbolehkan, sehat, menentukan sertifikat halal dan BPOM.

Selain itu, Anda juga perlu membaca indikasi dan efek samping.

Cara Menggunakan obat tetes telinga

Pada umumnya setiap obat sudah memiliki aturan atau pemakaian. Hal ini bertujuan agar pengguna tidak merasa bingung untuk menggunakannya.

Jika penggunaan obat yang dilakukan salah, maka bukannya cepat sembuh melainkan justru dapat menghilangkan manfaat yang terkandung dalam obat.

1. Memilih sesuai kebutuhan

Obat tetes untuk kuping beraneka macam jenis dan fungsinya. Oleh sebab itu, pilihlah jenis obat yang sesuai dengan keluhan.

2. Kocok sebelum digunakan

Mengkocok obat bersifat cair sebelum digunakan bermaksud agar bahan-bahan kimia obat dapat tercampur tidak mengendap di bawah botol saja.

Baca juga  Tabir Surya Dari Menu Harian.

3. Posisikan badan sesuai

Pada saat pemakaian obat tetes biasanya kepala digelengkan atau tidur dalam posisi miring. Hal ini bertujuan agar obat dapat masuk dan meresap sampai telinga bagian dalam. Memiringkan kepala kurang lebih 2-3 menit.

4. Memperhatikan cara penggunaan sesuai usia

Setiap usia memiliki dosis penggunaan obat yang berbeda-beda. Penggunaan untuk anak balita harus dalam pengawasan orang tua.

Tetesan yang digunakan dipastikan secara teliti.

5. Menutup dan menyimpan kembali

Setelah obat selesai digunakan sebaiknya segera tutup rapat kembali dan disimpan dalam suhu yang telah ditentukan. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Itulah penggunaan obat tetes telinga yang sudah secara umum kita ketahui. Gunakanlah sesuai aturan atau berdasarkan petunjuk dokter.

Baca juga artikel Manfaat Buah Bit

1 thought on “Obat Tetes Telinga dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *