5 Penyebab Benjolan Di Ketiak Yang Bisa Jadi Berbahaya

benjolan di ketiak

Waspadai Berbagai Penyebab Benjolan Di Ketiak

Terakurat.com – Info Kesehatan – Saat mendapati adanya benjolan di ketiak, pasti Anda akan merasa was-was dan khawatir karena bisa jadi itu adalah tanda dari kanker payudara.

Jika diraba dan terasa sakit dan membuat tidak nyaman, Anda perlu mewaspadainya dan segeralah untuk mengkonsultasikannya ke dokter agar segera ditangani.

Jangan menunggu terlalu lama hingga membesar dan ternyata sudah semakin parah.

Penyebab benjolan di ketiak

Agar lebih waspada dan tahu apa saja yang sekiranya dapat menyebabkan benjolan di ketiak, berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang dapat terjadi.

1. Benjolan Kanker

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami kanker payudara, Anda harus lebih waspada karena dapat menurun secara genetik.

Kanker payudara bila di diamkan akan menjadi masalah yang besar dan dapat dengan mudah berkembang ke organ yang lainnya.

Oleh karena itu, segeralah periksa ke dokter bila ada riwayat dan benjolan di ketiak.

2. Lipoma

Lipoma adalah benjolan yang muncul karena endapan lemak yang berada di tengah kulit dan otot.

Hal ini dapat membuat Anda merasa tak nyaman dan sakit.

Apabila tidak menyebabkan sakit, tentu saja hal ini tidak nyaman sehingga lebih baik diatasi secepat mungkin agar tidak mengganggu aktivitas.

3. Infeksi Virus

Adanya virus yang menginfeksi bagian ketiak seperti herpes, AIDS ataupun cacar air dapat menyebabkan benjolan di ketiak.

Hal ini terjadi karena tubuh melakukan proteksi dengan menangkap virus yang ada dengan kelenjar getah bening agar tidak menyebar di bagian tubuh lainnya.

4. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri dapat membuat tumbuhnya benjolan di ketiak.

Hal ini dapat terjadi saat kita mencabuti bulu ketiak dan tidak memperhatikan kebersihan membuat bakteri masuk ke pori-pori.

Baca juga  Cara Mengonsumsi Obat Ranitidin Yang Benar & Aman

Lama kelamaan hal ini infeksi ini bisa berubah menjadi abses yang bernanah dan sangat tidak nyaman saat bergesekan kulit dengan kulit.

5. Pemakaian deodorant

Apabila Anda tidak cocok dalam menggunakan deodorant, hal ini dapat memicu timbulnya benjolan karena adanya reaksi bahan kimia.

Jadi sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih deodorant sehingga tidak menyebabkan efek yang berbahaya bagi tubuh.

Apapun penyebabnya, Anda harus waspada bila terdapat benjolan di ketiak. Bisa jadi itu adalah bakal penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa bila dibiarkan begitu saja.

Periksakan segera ke dokter untuk meyakinkan jenis penyakitnya.

Bila sekiranya tidak berbahaya, Anda akan merasa tenang dan tidak khawatir terlalu lama.

Baca juga artikel Obat Sariawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *