Terakurat.com – Perbedaan Sehat dan Bugar – Banyak orang yang berupaya untuk menjadi sehat, baik itu dimulai dari mengatur pola makan hingga rutin berolah raga. Namun, menjadi sehat tidak menjamin seseorang memiliki tubuh yang bugar. Menurut dokter spesialis kesehatan olah raga, Michael Trianggo “Sehat dan bugar itu jelas berbeda”. Michael memberi contoh berdasarkan hasil cek kesehatan tubuhnya yang dinyatakan sehat, akan tetapi ketika ia harus naik turun tangga hanya beberapa lantai aja, nafasnya sudah terengah-engah hingga 30 menit.

Perbedaan Sehat dan Bugar

“Hal tersebut menandakan orang itu memanglah sehat, namun tidak bugar. Jika orang itu bugar, naik tangga lima atau enam lantai terengah-engah itu wajar, tetapi lima atau enam menit kemudian seharusnya sudah pulih kembali” Jelas Michael.

Michael kemudian menjelaskan bahwa manusia harus memiliki kondisi yang tak hanya sehat, tetapi juga bugar. Michael juga menambahkan, sehat berarti secara mental, fisik dan sosial tidak memiliki keluhan penyakit ataupun gangguan. Sementara bugar berarti mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan lebih dari itu tanpa kelelahan dan berlebihan.

Rutin olah raga menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Maka dari itu, dr Michael menyarankan latihan Aerobik. Namun harus di ingat juga bahwa yang dimaksud dari latihan Aerobik ini berbeda dengan latihan seperti senam Aerobik.

“Disebut juga sebagai latihan karena ditunjukan untuk melatih jantung dan paru-paru. Sehingga tujuan akhir dari latihan kardio adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh”, Ujar Michael.

Contoh dari latihan Aerobik atau kardio adalah jalan cepat, lari-lari ringan ataupun joging, bersepeda, berenang, skiping hingga mendayung. Jika latihan aerobil ini untuk meningkatkan kesehatan, maka latihan non-aerobik bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Baca juga  Tips Memilih Eyeliner yang Bagus!

“Non aerobik adalah latihan yang intensitasnya berat, gerakan yang sedikit pengulangan dan waktu melakukannya dalam waktu yang pendek. Sebagai contoh adalah semua olahraga yang menggunakan otot karena bertujuan untuk melatih massa otot, sehingga tubuh menjadi bugar”, kata Michael.

Ia juga menambahkan contoh dari olahraga non-aerobik adalah angkat besi, sit up, push up, hingga plank. Nah, itulah perbedaan antara sehat dan bugar menurut dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here