pusuk buhit

Pusuk Buhit – Terakurat.com

Pusuk Buhit sering juga disebut dengan Gunung Suci. Legenda gunung Pusuk Buhit yang awalnya dari seseorang yang berasal dari Siboru Deak Parujar yang turun dari langit.

Dia terpaksa untuk meninggalkan kahyangan karena ia tidak suka untuk dijodohkan dengan Siraja Odap-odap. ternyata mereka berdua juga sama-sama dari keturunan dewa.

Bersama alat tenun dan benang nya, Siboru Deak Parujar percaya bisa menemukan tempat persembunyian di benua bawah.

Dan hasilnya, ia terpaksa meminta bantuan dengan burung – suruhan Sileang-leang Mandi supaya Dewata Mulajadi Nabolon bisa mengirimkan segenggam tanah untuk ditekuk dan dijadikan tempat untuk berpatokan.

Tetapi sampai beberapa kali sekepalan tanah kemudian ditekuk-tekuk, tempat berdirinya itu selalu diganggu oleh Naga Padoha Niaji.

Raksasa ini yang jelek dan tertarik pada Siraja Odap-odap dengan melihat kecantikannya Siboru Deak Parujar.

Akhirnya Siboru Deak Parujar mengambil jalan pintas untuk memakan sirih. Warna sirih yang merah setelah di makan Siboru Deak Parujar kemudian semakin menawan Naga Padoha Niaji.

Dia mau diikat tangan nya asalkan yang membuat merah bibirnya itu dapat dibagikan  kepadanya.

Tetapi setelah kedua tangan nya diikat dengan tali pandan,

Siboru Deak Parujar kemudian tidak memberikan sirih tersebut sama sekali serta membiarkannya hingga meronta – ronta.

 

pusuk buhit

 

Gunung dengan ketinggian 1972 mdpl (meter diatas permukaan laut) dan mencakup beberapa desa disekitarnya di Kecamatan Sianjur Mula – mula dan Kecamatan Pangururan di Kabupaten Samosir Parsaktian di Pusuk Buhit.

Untuk bisa sampai ke kabupaten Samosir ada 2 akses jalur yang bisa dilalui dari Medan.

Pertama, yaitu melalui Kabupaten Karo ke arah Sidikalang (Kab. Dairi) yang melewati menara pandang Tele dan menuju pangururan.

Baca juga  Wisata Bandung Kekinian

Jalur ini yang disebut juga jalur darat untuk bisa sampai menuju Kabupaten Samosir.

Jalur yang kedua adalah jalur air, melalui Kab. Simalungun dengan menyebrang dari parapat hingga sampai ke desa Tomok dan kemudian menuju ke kota Pangururan.

 

pusuk buhit

 

Hal yang harus di Perhatikan jika anda mau liburan, camping atau mendaki di gunung pusuk buhit :

1. Pusuk Buhit merupakan Gunung Sakral atau Keramat dan juga merupakan tempat pertama turun nya Raja Batak di tempat ini sering dijadikan upacara adat istiadat serta pertapaan.

Jadi untuk para pendaki, dimohon untuk bisa menjaga sikap dan tidak memiikirkan hal-hal yang tidak wajar.

2. Membawa kebutuhan air secukupnya karena di kedua akses jalur untuk pendaki, terdapat sedikit sumber air yang bisa ditemui.

jadi harus membawa air secukupnya untuk keperluan sehari-hari pendaki jika ingin camping.

3. Membawa dan memakai lotion atau sun cream karena di Jalur pendakian sinar matahari yang  begitu terik akan terasa menyengat pada kulit.

disarankan harus memakai lotion atau menggunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari gesekan di kulit pada ilalang.

4. Gunakan jasa pemandu didaerah pusuk buhit karena Lokasi gunung pusuk buhit yang keramat dan sakral tersebut diketahui sampai ke belahan dunia.

 

pusuk buhit

 

Aura magis yang begitu terasa saat akan mendaki, Untuk mengantisipasinya hal-hal yang tidak terduga dan tidak di inginkan serta menjaga adat istiadat dan kesakralan dari gunung tersebut,

Sebaiknya mengetahui etika pendakian atau bisa dengan menggunakan jasa pemandu yang sudah terbiasa melakukannya disana.

Di desa Limbong juga terdapat juru kunci atau pemandu lokal yang bisa mengantarkannya serta menjelaskan sejarah jaman dulu dari gunung tersebut.

Baca juga  3 Tempat Wisata di Balikpapan Dengan Alam Yang Indah

Apabila anda dari Desa Aek Rangat disana tidak ada pemandu lokal. Disarankan anda untuk menggunakan jasa pemandu dari Medan di Kab. Samosir.

Baca juga artikel Bukit Gajah Bobok

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *