Terakurat – Seiring berkembangnya teknologi 5G semakin di gencarkan oleh perusahaan teknologi. Hal ini dapat dikatakan wajar saja, pasalnya ini merupakan jualannya mereka meski dibungkus dengan alasan untuk menyajikan kualitas internet yang lebih baik dan cepat. Salah satu yang cukup agresif adalah Qualcom. Dalam acara Mobile World Congress 2019, Qualcomm mengumumkan bahwa telah mengintegrasikan teknologi G pada System on Chip (SoC) terbaru pada Snapdragon X50 dan X55 nya serta solusi RF front-end (RFFE).

Cristiano Amon selaku President Qualcomm Incorporated mengatakan bahwa pihaknya memungkinkan para produsen smartphone untuk berinovasi dan memproduksi produk-produk terbaru secara global. Berkat hadirnya modem 5G Qualcomm, tahun ini bermunculan perangkat flagship 5G dari lebih 20 OEM dan 20 operator ponsel yang berkomitmen untuk meluncurkan jaringan dan perangkat 5G.

Hadirnya 5G di Snapdragon X50 dan X55

Demi pengadopsian teknologi 5G yang luas dan cepat maka dibutuhkan ekosistem mobile global. Dengan hadirnya SoC tersebut, Qualcomm memperkuat peran perusahaan dalam menyediakan fleksibilitas dan skalabilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan memanfaatkan Snapdragon X50 dan X55 pada integrasi platform 5G yang baru, maka OEM dapat melakukan komersialisasi dengan lebih cepat.

Qualcom merancang solusi modem to antena 5G yang komprehensif agar nantinya produsen perangkat dapat mengembangkan smartphone 5G dengan cepat dan efektif. Dengan demikian dapat menjangkau semua jaringan 5G atau wilayah di dunia. Snapdragon 5G Mobile Platform terintegrasi juga menghadirkan teknologi Qualcomm 5G Powersave agar meningkatkan daya tahan batrai pada perangkat seluler 5G.

Kehadiran Snapdragon 5G Mobile Platform di perangkat smartphone atau perangkat seluler lain rencananya sudah dapat digunakan konsumen pada paruh pertama pada tahun 2020. Modem 5G kedua, snapdragon X55 bersama dengan solusi 5G RFFE generasi ke dua diperkenalkan Qualcomm pada 19 februari 2019.

Baca juga  Jenis Firewall yang Mampu Melindungi Jaringan Komputer

Kedua produk tersebut nantinya akan diperkuat posisinya dengan Qualcomm Technologies pada 5G dan 4G dengan solusi moden to anthena untuk spectrum mmWave dan sub 6 GHz, sehingga dapat memicu kemunculan perangkat 5G.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here