Terakurat – Rekomendasi aplikasi catatan – Apakah kamu termasuk tipe orang yang sering lupa akan hal-hal menarik yang pernah kamu alami atau kamu pelajari? Atau kamu sering mengalami kesulitan untuk mengingat apa yang telah kamu lakukan beberapa hari atau bulan lalu? Nah, agar kamu tetap mengingatnya maka kamu memerlukan catatan harian. Catatan atau Jurnal dapat membantumu mengingat hal-hal yang telah kamu pelajari, menyimpan cerita kehidupanmu, dan melacak kemajuan yang telah kamu raih. Jika dulu kamu memerlukan pena dan buku tulis untuk menulis catatan harian, kini kamu hanya membutuhkan aplikasi digital untuk memudahkan kamu menulis. Salah satunya adalah aplikasi Catatan Harian yang tersedia pada komputer atau laptop.

Kelebihan Aplikasi Catatan Harian

Buku catatan dan pena merupakan salah satu pilihan terbaik untuk membuat catatan harian, namun aplikasi digital menawarkan lebih banyak kelebihan. Aplikasi catatan digital pada umumnya dilengkapi dengan banyak fitur tambahan, seperti apa yang telah kamu capai, rencana apa yang akan kamu lakukan dan menambahkan foto di catatan untuk membuat catatan harian lebih berkesan.

Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian

Terdapat beberapa aplikasi catatan yang tersedia dan dapat digunakan dengan mudah di PC. Jika kamu belum memiliki referensi, berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi catatan harian yang bisa kamu gunakan di laptop atau PC mu.

Glimpses

Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian

Sebenarnya tidaklah mudah untuk menemukan Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian yang cocok untuk sistem operasi Windows yang juga tak berbayar. Mungkin sebagian orang akan menulis catatan hariannya pada aplikasi ada yang rela membayar untuk hak istimewa. Namun, jika kamu mencari aplikasi yang gratis, Glimpses merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Selain gratis, Glipses dirancang dengan sangat baik, dengan antar muka pengguna yang minimalis dan bersih sehingga memudahkan penggunanya. Aplikasi ini juga menambahkan beberapa fitur menarik dan tidak terlalu banyak serta berlebihan. Jika kamu ingin aplikasi yang simpel dan mudah digunakan maka kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Baca juga  Aplikasi Untuk 'Meeting' Selama Work From Home!

Kamu juga bisa memposting tulisan dan menambahkan foto, tapi aplikasi ini tida memiliki pilihan untuk menambahkan hal-hal lain seperti Audio atau gambar. Namun kamu memiliki pilihan untuk mengizinkan orang lain untuk mengakses catatanmu melalui tautan yang dapat dibagikan.

Jika kamu ingin menemukan sesuatu yang telah kamu tulis, maka kamu dapat menggunakan fitur pencarian atau penelusuran menggunakan kalender. Selain itu aplikasi ini hanya dapat mengekspor file kedalam bentuk PDF saja. Jadi jika kamu ingin beralih ke aplikasi catatan harian lain, kamu akan mengalami sedikit kendala.

PaperStreet Journal

Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian

PaperStreet Journal adalah salah satu aplikasi catatan harian gratis yang tersedia untuk laptop dan smartphone Windows 10. Aplikasi ini memungkinkan penggunaan dua jenis entri tulisan dan gambar, tapi kamu tidak dapat menggabungkan keduanya. Catatan harian yang telah ditulis dapat diarsipkan datanya secara lokal dalam format RTF dan PNG.

Sementara untuk segi antar muka memerlukan sedikit penyesuaian. Aplikasi ini menawarkan perlindungan kata sandi untuk catatanmu, entri yang dapat dicari menggunakan kata kunci dan apliksi ini memiliki fitur pemeriksa ejaan bawaan.

Selain itu, PaperStreet Jurnal mendukung untuk entri suara ke teks yang menjadikannya pilihan terbaik untuk entri jurnal yang hands-free.

iDaily Diary

Aplikasi ini setidaknya memberikan dua keuntungan besar dibandingkan dengan buku harian kertas. Pertama, tidak peduli berapa banyak buku harianmu, kamu selalu dapat menemukan catatan yang kamu inginkan dengan menggunakan fitur pencarian.

Kedua, aplikasi ini menawarkan perlindungan kata sandi dan enskripsi yang jauh lebih aman daripada kunci buku diary.

Jika kamu ingin mempublish beberapa tulisanmu, maka kamu dapat mengekspor entri kedalam format HTML. Simpan buku harianmu pada flashdisk dan kamu dapat memperbaharuinya kapan pun ketika kamu dekat komputer.

Baca juga  Oleh-Oleh Khas Jogjakarta Paling Favorit

Edisi iDaily Diary yang berbayar memiliki fitur tambahan, seperti pilihan untuk mengekspor seluruh buku harian. Namun versi gratisnya sudah menawarkan dukungan untuk berbagai bahasa, termasuk Belanda, Mandarin, Italia, Jerma, Turki dan Jepang.

Diarium

Jika menurutmu Glimpses terlalu minimalis, tapi kamu menyukai ide dasarnya maka kamu mungkin akan cocok dengan Diarium. Aplikasi ini menawarkan fitur yang hampiir sama namun tidak dimiliki oleh Glimpses. Bahkan beberapa fitur yang tidak kamu sadarin dan jika kamu bisa mendapatkannya pada aplikasi ini. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalah setelah uji coba gratis sepuluh hari, maka kamu harus membayar untuk selanjutnya menggunakan aplikasi ini.

Fungsi dasar entry tulisan didukung dan terintegrasi dengan kalender sistem. Jadi jika kamu menambahkan kalender ke dalamnya, maka kamu akan memilki catatan otomatis tentang apapun yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan foto, audio, vidio, dan file lainnya kedalam catatan mu.

Aplikasi ini memiliki beragam pilihan untuk membuat cadangan data catatan harianmu, memungkinkan untuk mengekspor entri catatan harianmu dan bahkan menyediakan statistik tentang entry catatan harianmu. Kamu bahkan dapat menghubungkannya ke akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Google Fit dan dapat mengkoneksikannya secara otomatis pada postinganmu.

Bloom Diary

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencatat semua momen kehidupanmu. Menuliskan peristiwa sekali seumur hidup dan momen-momen sehari-hari. Selain itu, tuliskan semua pengalaman, pikiran, kegiatan dan idemu. Pasalnya aplikasi ini memiliki antarmuka yang elegan. Menggunakan Bloom Diary untuk menulis catatan harian akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Fitur editor yang terdapat pada aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan pemformatan teks. Aplikasi ini menyajikan entri catatanmu sebagai bab dalam buku, dan kamu dapat dengan mudah berpindah setiap babnya. Kamu bisa secara penuh mempersonalisasikan entry catatanmu dengan menambahkan detail ke entri dan foro.

Baca juga  Makanan Pengganti Nasi, Cocok Untuk Diet.

Untuk melakukan oencarian entri tulisan, kamu dapat menggunakan kata kunci apa saja yang ada pada judul. Kamu juga dapat merahasiakan catatan harian dengan menambahkan kata sandi. Jika terjadi kesalahan, kamu bisa mengekspor sebagian entri sebagai dokumen MS Word atau file HTML dan memulihkannya kembali. Entri yang telah kamu hapus bisa dikembalikan dengan keranjang sampah bawaan.

Journal

Aplikasi ini cukup sederhana, tapi muncul dengan nuansa yang modern dan sangat bersih. Seakan-akan catatan harianmu adalah Instagram pribadimu. Namun, Journal bukanlah aplikasi gratis, tapi merupakan aplikasi Cross platform yang besar, yang memungkinkan penggunanya untuk membuat entry catatan harian melalui email dan memiliki sejumlah fitur yang bagus dan menarik.

Story of My Life

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan semua catatan peristiwa yang penting dalam hidupmu. Tulis momen menarikmu tiap hari, bulanan atau tahunan dan cata apa saja yang penting dalam hidupmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan foto dan memorabilia atau merekam momen vidio.

Fitur pencarian yang tersedia dapat membantumu mencari entri, jika kamu ingin mengingat beberapa peristiwa tertentu. Aplikasi ini juga mendukung untuk melakukan tugas, jadi kamu tidak akan pernah melewatkan acara penting.

Aplikasi ini memiliki fitur bucket list yang bisa kamu beli. Kamu bisa membuat cadangan data catatan harianmu ke OneDrive, perangkat portabel dan penyimpanan lokal serta membagikan catatan harianmu dengan mudah jika terjadi kesalahan.

Terdapat banyak pilihan Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian buat kamu yang suka menilis catatan harian. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa menulis catatan harian tanpa harus mengeluh kehabisan buku catatan atau tinta pena.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here