Terakurat.com – Rekomendasi Destinasi Wisata Pekanbaru – Selain terkenal akan perkebunan sawit, Provinsi Riau juga terkenal dengan beberapa destinasi wisatanya yang indah. Tak terkecuali Pekanbaru, walaupun dijuluki dengan kota perdagangan dan jasa di Riau, ada banyak tujuan tempat wisata Pekanbaru yang tak kalah bagus dari daerah lain.

Kali ini kami punya rekomendasi buat kamu mengenai tempat-tempat wisata terbaik di Pekanbaru yang juga favoritnya para traveler.

Rekomendasi Destinasi Wisata Pekanbaru

Kawah Biru

Kawah Biru yang terletak di Desa Tanah Merah ini sebenarnya adalah lokasi bekas galian yang terisi air hujan sehingga membentuk kawah. Warna air biru yang indah pada objek wisata Pekanbaru ini dihasilkan disebabkan oleh galian pasir berwarna putih bening sehingga warna air terlihat jelas berwarna biru. Wisata ini terletak di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Sungai Kampar

Siapa bilang berselancar hanya bisa dilakukan di laut? Di Sungai Kampar, kamu bisa berselancar karena sungai ini memiliki ombak yang dikenal oleh warga lokal sebagai “Bono”. Toppers akan merasakan kecepatan ombak 40 kilometer per jam di tujuan wisata favorit Pekanbaru ini dan ombak inilah yang akan membawamu naik hingga ke ketinggian 4 sampai 6 meter.

Danau Buatan Khayangan

Selain berfungsi sebagai saluran irigasi, Danau Khayangan juga populer sebagai salah satu destinasi wisata di Pekanbaru. Di Danau Khayangan, pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menggunakan sampan atau speedboat, dan para pengunjung juga dapat mendaki bukit di sekitar danau.

Air Terjun Aek Martua

Salah satu hal yang menarik dari Air Terjun Aek Martua adalah karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan tempat mengalirnya air, dan ketinggian dari masing-masing tingkatan tersebut berbeda-beda mulai dari 15 hingga 40 meter. Wisata ini terletak di Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

Baca juga  Wisata Unik yang Ada di Dunia!

Selain menikmati pesona alam, Toppers bisa memanfaatkan kamera terbaik untu hunting foto di objek wisata Pekanbaru satu ini.

Air Terjun Guruh Gemurai

Air terjun ini memiliki dua sumber aliran air yang mana air tersebut akan ditampung di kolam di bawahnya. Di kolam inilah para wisatawan melakukan kegiatan bermain air dan berenang yang memang merupakan daya tarik dari tempat wisata di Provinsi Riau satu ini.

Air terjun ini terletak di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi.

Masjid Agung An-Nur

Selain memiliki fungsi menjadi tempat ibadah, Masjid Agung An-Nur juga populer sebagai objek wisata religi di Pekanbaru karena barsitektur bangunannya yang begitu indah.

Memadukan gaya Melayu, Turki, Arab, dan India, objek wisata di Pekanbaru ini dikenal sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru. Pada malam hari, lampu warna-warni yang dipantulkan dari kolam menambah keindahan suasana Masjid Agung An-Nur ini.

Perpustakaan Soeman H.S

Layaknya sebuah pusat perbelanjaan modern, perpustakaan Soeman H.S dapat dikatakan sebagai perpustakaan termegah di Pekanbaru. Keindahan dari perpustakaan ini tidak hanya dinilai dari bentuk bangunan gedung yang seperti buku sedang dibuka, namun juga karena fasilitas yang ditawarkan lengkap, yaitu WiFi, buku-buku edisi baru, komputer, ruangan ber-AC, dan lain-lain. Tak heran tempat ini kerap dijadikan tujuan wisata kota Pekanbaru.

Taman Wisata Alam Mayang

Menjunjung konsep alam, Taman Wisata Alam Mayang adalah tujuan wisata Pekanbaru yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Kegiatan yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari tempat memancing, outbond, area mandi bola, tempat bermain anak-anak, dan lain lain. Tempat wisata ini terletak di Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Baca juga  Tempat Wisata di Salatiga Dengan Panorama Indah

Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun binatang akan selalu menjadi pilihan tempat wisata yang tepat untuk mengajarkan anak-anak mengenal binatang. Tak hanya ada berbagai macam binatang, tempat wisata keluarga di Pekanbaru satu ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak yang menyediakan ayunan, kolam renang anak, dan papan seluncur sehingga anak-anak akan merasa nyaman berada di Kebun Binatang Sang Kulim. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jl. Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here