Selamat datang dan selamat menikmati Kota Hujan yang unik dari kuliner khas Bogor memang sangat beragam pilihannya. Menyenangkan dan tidak pernah membosankan ketika siapapun wisatawan yang pernah berkunjung ke Bogor pasti akan setuju jika kota ini begitu menawan. Tak hanya untuk warga Bogor, banyak juga wisatawan luar kota yang sengaja datang hari pekan ke Bogor untuk menikmati kuliner yang sudah terkenal sejak dulu terhadap serangan makanan kekinian saat ini. Namun Bogor menawarkan suasana yang sangat jauh berbeda dengan kota lainnya. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan untuk anda yang akan berlibur di akhir pekan. 

Pokoknya, ketika berkunjung ke Bogor anda harus berwisata kuliner sepuasnya jangan anda lewatkan. Yuk datang bersama keluarga untuk menikmati kulineran ke kota Bogor! Agar waktu menikmati kuliner anda tidak terbuang sia-sia, berikut kami sajikan beberapa kuliner legendaris Bogor yang harus anda dicicipi.

Macaroni Panggang.

Makaroni panggang di kota Bogor merupakan salah satu menu andalan restoran ini yang dimiliki oleh kafe dengan nama yang sama. Kafe Macaroni Panggang memiliki singkatan MP menjadi tempat nongkrong bagi anak muda dan para wisatawan. Bangunan dua lantai itu memiliki dua tempat duduk ada didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor). Tempat duduk outdoor memiliki konsep seperti mini kebun yang diberikan tambahan kursi-kursi besi. Sedangkan indoor bergaya rumah tua ala Eropa dengan tanpa pintu dan jendela terbuka. 

Adapun menu andalan mereka yaitu makaroni ada tiga jenis ukuran yakni bisa dirasakan begitu sampai di mulut, “kress”, keju seketika lumer. Maka keju tersebut merupakan keju panggang menjadi pelengkap bersama makaroni. Potongan daging ham ditemukan di setiap potongan dalam makaroni, dengan gurih keju panggang menjadi pelengkap rasa. Beberapa potong makaroni sebenarnya sudah mampu bisa mencicipi dengan perut yang kenyaang. Kafe Macaroni Panggang terletak di Jalan Salak No 24,  depan Taman Kencana Bogor. Selain macaroni, Cafe ini memiliki lasagna gulung yang menjadi menu alternatif kafe yang harus anda coba disini.

Harga : Mulai dari Rp 23.000 sampai 210.000 saja

Alamat : Jl. Salak No.24, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Operasional : 08.00-20.00

Cungkring 

Cungkring menjadi salah satu kuliner Bogor yang paling dicari wisatawan karena makanan ini legendaris. Makanan ini mulai jarang ditemui di Kota Bogor, biasanya bisa ditemukan di kawasan Jalan Suryakencana ini incaran wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas Bogor dan tempat ini yang dikenal sebagai pusat kuliner Bogor. Makanan ini yang bikin banyak orang selalu membuat orang ketagihan bagi pecinta makanan bibir sapi, otot kaki sapi, dan lontong yang dilumuri bumbu kacang. 

Baca juga  Inovasi Tenun Garut yang Memukau

Namanya saja sudah unik bikin banyak orang penasaran. Jika kalian mendengar kata cungkring, yang dipikir pasti adalah tubuh tinggi dan kurus kering. Namun kaata cungkring di sini memiliki arti yang berbeda dari kata cungkring ini, bahkan di Bogor cungkring sangat disukai. Namun Cungkring adalah  diambil dari nama bahan-bahan yang digunakan didalam makanan tradisional itu. Yaitu ada Cungur biasa di sebut (bibir) dan kaki garing, itu adalah kepanjangannya dari cungkring.

Dari awal makanan ini terkenal ia menceritakan, bahwa awalnya kakek Deden berkeliling untuk menjual makanan ini cungkring. Namun setelah berkeliling, mulai sejak 1975, penerusnya Pak Jumat memutuskan untuk mangkal di Jalan Suryakencana. Jadi kalian harus mencicipi makanan yang enak ini….

Harga: Rp3.000 per lontong, Rp6.000 per lauk

Alamat: Jl Suryakencana No.285, Bogor. 

Jam Operasional: 07.00 – habis

Bir Kotjok.

Bir Kotjok merupakan salah satu minuman tradisional khas Bogor yang bisa kalian cicipi ketika berkunjung ke Kota Bogor. Meskipun minuman ini bernama bir dan terlihat busa di atasnya seperti bir namun minuman ini tak beralkohol justru sebaliknya yaitu memberikan khasiat bagi kesehatan. Menurut salah satu dari pewaris resep tradisional ini menyebutkan bahwa jika awal mula bir kotjok ini mulaid i kenalkan pada tahun 1948 bahwa kakeknya menemukan racikan minuman untuk acara – acara pernikahan maka selalu di sebut dengan nama bir pengantin baru yang dimana tempat kelahirannya kakek ini berada di kawasan pecinaan Bogor. Maka jika ada perayaan pernikahan untuk keluarga beragama Tionghoa,minuman tersebut sangat laris di nikmati. Awalanya pada atahun 1965 bir ini dulunya berjualan keliling di sekitar kawasan Suryakencana hingga pasar Bogor. Namun pad tahun 1980an minuman ini sempat di pegang oleh 

Pada tahun 1965 bir tersebut mulai terkenal dengan sebutan Bir Kotjok Bogor si Abah karena dulunya dijual keliling sama abah di sekitar kawasan Suryakencana hingga Pasar Bogor. Tak hanya laris saat perayaan warga Tionghoa saja namun hingga saat ini minuman tersebut digunakan untuk acara perpisahan, rapat pemerintah hingga acara – acara lainnya. Pada tahun 1980-an, usaha tersebut sempat dipegang sang bapak dan beroperasi di sekitar kawasan Kebun Raya Bogor.

Harga: Rp5.000 (murah meriah!)

Alamat: Jl. Suryakencana No.291-299, Gang Aut, Bogor.

Jam Operasional: 09.30 – 17.30

Bubur Ayam Kabita.

Sajian yang ini kerap difavoritkan oleh orang Indonesia sebagai menu sarapan pagi hari apalagi kalau cuaca lagi dingin-dinginnya. Apalagi kalau bukan bubur ayam. Nah, di Bogor ini ada kedai Bubur Ayam Kabita yang sudah legendaris  sejak 1971 silam gess. Kedai Bubur Ayam Kabita sajikan racikan tersediri dan melegenda khas Sunda yang sudah bertahan lama sampai sekarang. Jika kalian sedang menjelajah wisata Bogor, harus banget mampir ke sini.

Baca juga  5 Tempat Wisata di Lembang Yang Saat Ini Populer

kata-kata ‘legendaris’ ini memiliki arti yang orang ingin tahu sejak kapan Bubur Ayam Kabita eksis berjualan pastinya. bermula kedai sederhana yang terletak di tepi Jalan Raya Gunung Batu , No.67 Bogor Barat ini. Ternyata bubur ayam ini sudah jadi legenda wisata kuliner Bogor sejak tahun 1971. Kabarnya sang pemilik, Alm. Haji Loekman, Beliau mendapat resep bumbu bubur dari seseorang asli Kuningan yang dulunya sempat berjualan di Pasar Anyar Bogor dan berniat gulung tikar saat berdagang. Tapi saat di tangan beliau, resep ini dipertahankan, disempurnakan hingga sekarang dan warung Bubur Ayam Kabita bisa terus eksis.

Harga: Mulai Rp10.000 (seporsi bubur ayam)

Alamat: Jl. Raya Gunung Batu No.67, Bogor.

Jam Operasional: Senin-Sabtu, 06.00 – 24.00 | Minggu, 06.00 – 20.00

Martabak Encek.

Martabak Encek merupakan salah satu yang terkenal sejak lama di Bogor. Keberadaanya sudah ramaikan dunia kuliner sudah sejak puluhan tahun yang lalu. Tepatnya Encek berjualan sejak tahun 1975, dan tetpai tetap terkenal sampai sekarang. Bahkan, saking larisnya, kalian harus rebutan antrian jika ingin membeli martabak Encek karena baru 3 jam saja sudah ludes diburu pembeli. Biasanya mereka rela menunggu Encek belum buka.

Tentu saja kalian pasti bakal heran kenapa martabak si Encek ini begitu digemari oleh para pembeli. Ternyata, rahasianya hanya dengan cara pegolahan yang konsisten menggunakan bara arang, yang biasanya martabak lain bukan kompor gas. Sejak pertama kali ada Encek selalu memai batu arang sehingga cita rasanya yang dulu sampai sekarang tidak berubah sedikitpun. Untuk kalian yang ingin mencicipi martabak ini alamatnya berada di Jl. Surya Kencana No. 289, Bogor di seberang Gang Aut. Jam bukanya biasanya mulai dari pukul 14:00 WIB sampai habis dan itu ludes.

Harga: Rp40.000 – Rp55.000

Alamat: Dekat perempatan Gang Aut – Suryakencana (sebelum Indomaret), Bogor.

Jam Operasional: 14.00 – habis

Sop Buah Pak Ewok.

Pak Ewok bisa dikatakan sebagai pelopor hidangan kuliner yang berasal dari Bandung, sop buah. Sejak tahun 80-an, Pak Ewok sudah berjualan dengan gerobaknya  dan selalu setia menjajakan dagangannya di daerah Jalan Cimandiri, di belakang Gedung Sate, Kota Bandung. Dikarenakan penjualan di Bandung semakin hari semakin naik, Pak ewok membawa hidangan Sop Buah Pak Ewok ini ke kota Bogor pada tahun 2005. Di Bogor, Pak Ewok melakukan penjualan   menjadi lebih besar dan nyaman yang diberi nama: Saung Pak Ewok. Tempatnya sendiri di Jalan Prof. DR. H. Andi Hakim Nasoetion, kini Saung Pak Ewok semakin terkenal oleh wisatawan dan warga Bogor, sop buahnya ikut menjadi ikon kuliner Kota Bogor. Hal itu nampak dari banyaknya pelanggan yang merupakan wisatawan yang sdang berkunjung di daerah Bogor.

Baca juga  Tempat Wisata dengan Nama Unik dan Menggelitik!

Varian yang di hidangkan memberikan cita rasa yang berbeda; dari bahan susu menghadirkan rasa manis, dan jeruk memberikan asam kesegaran. Sementara, yoghurt dalam semangkuk sop buah menghasilkan sensasi segar dicampurkan dengan rasa asam dan manis yang khas. Saung Pak Ewok sendiri mulai pada pukul 10 pagi sampai 10 malam. tempatnya mudah diakses oleh kalian yang sedang di Bogor, lantaran lokasinya yang strategis, tidak jauh dari sebelah timur Kebun Raya Bogor.

Harga: Rp15.000 – Rp37.000 (menu sop buah)

Alamat: Jl. Prof Andi Hakim Nasoetion, Bogor no.15 (Samping IPB Botani). / Jln. Haur Jaya 2 No.5, Air Mancur, Bogor.

Jam Operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 21.00 (Jumat buka mulai pukul 13.00)

Es Pala Bu Aisyah.

Cuaca panas mungkin enaknya minum yang segar-segar atau yang dingin, misalnya es pala. Es pala yang berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kota Bogor ini, apalagi saat tenggorokan anda udah mulai kering. Serutan buah pala ini memiliki rasa yang asam, apalagi saat disajikan dengan air gula dan es batu menjadi kenikmatan siang yang panas. 

Es Pala sudah berdiri sejak tahun 1943 ini, sudah melewati tiga generasi sampai sekarang, Sudah sekitar 72 tahun, dari zamannya masih belum kemerdekaan. Kedai ini selalu ramai dikunjungi pembeli pada siang hari apalagi cuaca panas. 

Minuman ini memiliki tiga varian rasa seperti es pala campur mangga, es pala campur kelapa, dan es pala campur sirsak, kalau sudah nggak musim mangga biasanya diganti dengan buah kemang. Es Pala Bu Aisyah, bisa disajikan dengan kombinasi lainnya. Untuk harga yang ditawarkan cukup murah, hanya Rp 5.000 saja.

Harga: Rp5.000

Alamat: Jl. Suryakencana, Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here