Terakurat.com – Rekomendasi obat radang tenggorokan – Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang umumnya terjadi. Penyebab infeksi pada tenggorokan ini bisa jadi disebabkan karena virus atau bakteri, alergi hingga merokok. Namun, biasanya radang tenggorokan paling sering terjadi disebabkan oleh virus. Jika daya tahan tubuh kita dalam kondisi yang lemah, maka kuman akan lebih mudah menyerang tubuh. Beberapa hal kecil seperti kekurangan tidur, jarang olahraga, atau menghirup polutan udara bisa saja melemahkan tubuh kita.

Biasanya radang tenggorokan dapat berlangsung selama 5 hingga 7 hari saja dan dapat disembuhkan dengan obat bebas yang berada di apotik, tanpa harus ke dokter. Pengobatan radang tenggorokan tiap masing-masing berbeda penanganannya tergantung pada tipe dan penyebabnya.

Tipe radang tenggorokan

Virus

Radang pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya disertai dengan adanya gejala flu, seperti hidung meler, mata berair, serta batuk. Radang tenggorokan tipe ini tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Bakteri

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri pada umumnya disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyrogenes atau strep throat. Penyakit seperti ini biasanya lebih sering menyerang anak-anak berusia 5-15 tahun jika dibandingkan orang dewasa.

Radang tenggorokan tipe ini adalah tipe yang paling parah jika dibandingkan dengan tipe lainnya, pasalnya radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dapat berlangsung lama.

Pada umumnya radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri akan disertai dengan susah menelan makanan, amandel yang merah dan membengkak, atau bintik-bintik merah kecil pada bagian atap mulut.

Terkadang juga didampingi dengan demam serta sakit kepala. Kemungkinan jika terjadi pada anak-anak akan merasakan gejala mual dan bahkan muntah. Jika kamu menduganya terkena strep throat, alangkah baiknya kamu sesegera mungkin pergi ke dokter untuk mengobatinya.

Baca juga  Merk Pensil Warna yang Bagus untuk Pemula dan Profesional

Alergi

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh alergi biasanya disertai dengan gejala seperti bersin, mata berwarna merah serta gatal-gatal di bagian atap mulut.

Polutan

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh polutan udara pada biasanya akan segera membaik setelah kamu menjauhi area tersebut, sama halnya seperi rokok atau udara yang kotor.

Nah, setelah kamu mengetahui jenis-jenis radang tenggorokan berdasarkan penyebabnya, berikut ini obat radang tenggorokan di apotik yang sangat ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan.

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan

Degirol

Obat Degirol ini terbilang sangat ampuh dalam mengatasi radang pada tenggorokan, inflamasi di rongga mulut dan tenggorokan serta infeksi pada selaput lendir di mulut.

Obat ini adalah obat tablet hisap dengan rasa lemon yang mudah untuk dikonsumsi sehingga sangat cocok buat kamu yang sulit menelan tablet.

Degirol dapat dengan mudah ditemukan di apotik mana saja. Namun perlu di ingat, jangan digunakan kepada anak dibawah usia 10 tahun dan penderita diabetes. Selain itu pastikan juga disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari cahaya matahari langsung.

Hexadol

Hexadol merupakan salah satu obat yang penggunaanny dengan cara di kumur yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Obat ini diklaim mampu membunuh kuman 99% virus sakit tenggorokan dalam waktu 30 detik, sehingga penyakit yang kamu alami tidak akan bertambah parah.

Selain untuk radang tenggorokan, obat yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, pendarahan pada gusi serta bau mulut.

Strepsils

Strepsil adalah obat yang berbentuk permen hisap yang fungsinya untuk meredakan peradangan pada tenggorokan, nyeri mulut serta bau mulut. Obat ini diklaim bahwa memiliki komponen antibakteri dan antiseptik yang mampu memambasmi bakteri dan virus. Selain itu, obat strepsils juga terdapat berbagai macam rasa, sepertihalnya rasa stoberi, madu serta lemon dan mint yang dapat melegakan rasa gatal.

Baca juga  Rekomendasi Router Wifi Terbaik, Pastikan Internet Cepat dan Stabil

Tantum

Tablet hisap Tantum dapat meringankan rasa sakit pada rongga mulur dan tenggorokan. Selain itu, obat yang satu ini juga kerap kali digunakan untuk penyakit lainnya sepertihalnya faringitis, sariawan, tonsilitis dan penyakit sejenis lainnya.

Jika kamu ke dokter gigi setelah pencabutan gigi, ada kemungkinan kamu akan diberikan obat ini. Tantum memiliki zat bernama benzydamine yang mampu mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh kuman.

Cooling 5

Cooling 5 digunakan sebagai antiseptik mulut serta tenggorokan dalam bentuk semprotan. Kemasan ini sangat mudah digunakan dan bahan aktif di dalamnya sangat ampuh untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kuman, gejala flu, perubahan cuaca atau kurang minum.

Cara penggunaaanya, usahakan semprotkan pada tenggorokan dan jangan mengenai lidah.

SP Troches Meiji

Kandungan obat antiseptik yang satu ini sangatlah ampuh untuk mengatasi bakteri dan juga jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada mulut dan tenggorokan.

Dengan menghisap obat yang satu ini secara perlahan, komposisi aktif akan diserap ke bagian yang terinfeksi. Kamu juga dapat membeli obat yang satu di apotik tanpa resep dokter.

Adem sari

Mungkin kamu sudah tak asing lagi mendengar nama yang satu ini, atau bahkan pernah mengkonsumsi minuman ini. Rasa dari jeruk yang mampu menyegarkan ini mengandung komposisi ekstrak jeruk nipis, vitamin C serta bahan lainnya yang mampu meredakan radang tenggorokan.

Adem sari ini ada dalam bentuk serbuk dan juga kalerng. Minuman populer panas dalam ini kerap kali digunakan untuk mengatasi panas dalam dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, minuman yang satu ini juga dapat mengatasi dehidrasi tubuh serta melembabkan tenggorokan yang kering. Adem sari sangat mudah di dapatkan di setiap apotik dan pastinya minimarket dan warung terdekat.

Baca juga  BB Cream Terbaik

Efisol

Efisol merupakan tablet hisap untuk penderita radang tenggorokan, sariawan dan bau mulut yang disebabkan oleh infeksi. Rasa coklat tablet ini mejadikannya obat yang pas untuk kamu yang sulit mengkonsumsi tablet. Selain itu, obat yang satu ini juga mengandung sedikit vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuhmu.

FG Troches Meiji

Tablet hisap antibiotik yang satu ini khusus digunakan untuk strep throat atau radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Selain itu, obat ini juga sangat ampuh dalam mengatasi infeksi setelah operasi mulut.

Hau Fung San

Buat kamu yang lebih percaya kepada obat tradisional, kamu dapat mencobat produk yang satu ini. Obat hijau ini terkenal sebagai bubuk jamu yang mampu menyembuhkan sariawan dan gusi bengkak. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan untuk mulut dan tenggorokan yang gatal.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan dari golongan obat bebas hingga obat keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here