Terakurat – Rekomendasi Perekam Layar – Aplikasi Perekam Layar merupakan software yang kerap kali kita butuhkan ketika kita ingin berbagi pengalaman tertentu kepada orang lain dalam memecahkan suatu masalah pada komputer. Dengan merekam layar, maka pemecahan masalah yang kita ikuti menjadi lebih jelas serta mudah untuk dipahami.

Aplikasi seperti ini juga kerap kali digunakan untuk merekam aktivitas bermain game, video call hingga live streaming. Beberapa aplikasi diantaranya bahkan telah menyediakan fitur editing yang berguna untuk meningkatkan kualitas rekaman. Nah, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik dan gratis yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Camtasia

Rekomendasi Perekam Layar

Camtasia merupakan aplikasi perekam layar yang bagus untuk keperluan rapat ataupun presentasi. Fitur pada aplikasi ini juga terbilang lengkap serta cara penggunaannya yang mudah dipahami, sehingga sangat sayang jika terlewatkan.

Agar video kamu menjadi lebih variatif lagi, aplikasi ini sudah menyediakan beragam template dan preset yang bisa dicocokan untuk segala keperluan. Antarmuka pengeditan video pada Camtasia menggunakan drag and drop, sehingga memudahkan orang awam untuk tetap bisa mengedit video menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, pada aplikasi ini terdapat tambahan berbagai efek seperti panah, highlight dan lainnya yang bisa kamu gunakan agar video editanmu menjadi lebih menarik. Aplikasi Camtasia juga mendukung fitur green screen, closed captipn atau subtitle, menghilangkan backgound noise, dan masih banyak lagi.

 Aplikasi ini dapat dinikmati sesaat menggunakan program free trial, sedangkan jika kamu berminat membelinya, harganya dimulai dari $169.

Movavi Screen Recorder Studio

Rekomendasi Perekam Layar

Rekomendasi aplikasi perekam layar laptop selanjutnya adalah Movavi Screen Recorder Studio. Aplikasi ini memiliki beragam fitur perekaman video dan pengeditannya, sehingga membuatnya sangat inklusif dan serbaguna.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi untuk Nonton Drama Korea di Android

Movavi Screen Recorder Studio memungkinkan penggunanya untuk merekam layar laptop atau sebuah bagian dari layar dan mengedit hasil rekaman tersebut dengan beberapa fitur menarik. Beberapa fitur tersebut diantaranya trim, crop, flip, hingga menambahkan filter dan watermark. Selain itu, pengguna juga bisa mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file gambar. Aplikasi perekam layar ini tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac, serta dapat diunduh secara gratis.

Bandicam

Rekomendasi Perekam Layar

Aplikasi perekam layar yang hanya mendukung sistem operasi Windows ini terkenal karena mampu merekam video berkualitas tinggi. Setelah merekam, pengguna dapat menyimpan rekaman sebagai file video khususnya dalam format AVI atau MP4.

Beberapa fitur yang paling menojol pada aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memilih dan merekam area tertentu atau keseluruhan layar laptop, menggambar pada video ketika sedang di rekam dan menambahkan overlay webcam.

Selain itu, aplikasi Bandicam juga mendukung pencamuran suara mikrofon ke dalam rekaman layar, menambahkan logo ke video dan menambahkan efek tetikus dan animasi lainnya ketika perekaman sedang berlangsung.

Terdapat dua versi yang ditawarkan oleh Bandicam, yakni Registered dan Unregistered. Versi Registered tentu saja memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap karena tidak adanya batasan waktu ketika perekaman berlangsung serta tidak ada watermark.

ShareX

Aplikasi perekam layar yang satu ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja. Selain gratis, ShareX juga bersifat open source, tanpa iklan dan sangat ringan untuk digunakan.

Aplikasi ini dapat menangkap sebagian atau seluruh bagian layar dan dapat merekam area layar dengan menggunakan bentuk persegi panjang, ellips atau dengan tangan bebas. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya menambahkan efekk gambar atau watermark ke dalam rekaman.

Baca juga  Rekomendasi Pekerjaan Online yang Dapat Dilakukan Saat Masih Sekolah

ShareX menawarkan kemudahan dalam membagikan hasil rekaman layar ke laptop orang lain, yakni dengan metode drag and drop.

CamStudio

Sama halnya seperti ShareX, CamStudio juga merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang bersifat open source. Aplikasi ini mampu merekam semua bagianlayar dan aktivitas audio di laptop serta membuat file video AVI yang dapat diubah dengan mudah menjadi video SWF.

Aplikasi CamStudio juga memudahkan penggunanya dalam menambahkan teks berkualitas tinggi ke semua video yang direkam. Selain memiliki beberapa keunggulan dalam fitur teknis videonya, aplikasi ini juga menawarkan kepada pengguanya codec losselessnya sendiri yang mampu menghasilkan video berkualitas lebih tinggi dengan ukuran file yang kecil.

Filmora Scrn

Filmora merupakan salah satu brand yang cukup terkenal atas produk-produk user friendly-nya yang mampu membuat prosedut video awam menjadi terlihat seperti ahli. Hadir dengan antarmuka yang simpel dan beragam fitur menarik, kamu bisa menjadi YouTuber handal hanya menggunakan Filmora Scrn.

Aplikasi Filmora Scrn ini mungkin lebih difokuskan untuk kamu yang berniat menjadi YouTuber gamer, karena sudah tersedia berbagai efek dan template yang gamming. Bahkan aplikasi ini juga dapat merekam layar dan webcam sekaligus.

Free Screen Recorder

Free screen recorder adalah aplikasi perekam layar yang tersedia secara gratis untuk laptop yang menjalankan sistem operasi Windows. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur menarik termasik merekam aktivitas layar dan audio dari mikrofon eksternal.

Pengguna juga dapat melakukan resize, rotasi dan memotong gambar yang diambil dari screencast. Fitur lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah screenshot dengan opsi simpan dan cetak, bahkan kamu juga dapat meng-highlight jalur kursor agar menjadi jelas.

Baca juga  Warm Boot dan Soft Boot Apa Perbedaannya Ketika Proses Booting?

Meskipun aplikasi ini gratis, tetapi tidak mengandung spyware atau adware, sehingga aman untuk digunakan.

AceThinker

Rekomendasi aplikasi perekam layar selanjutnya adalah AceThinker. Aplikasi ini tergolong sederhana dan mudah digunakan. Terbilang sederhana karena semua yang kamu lakuka seperti mengatur perekam, memulai rekaman, dan menyimpan screencast.

Sama halnya seperti aplikasi perekam layar lainnya, AceThinker juga memungkinkan penggunanya untuk merekam layar tertentu dari seluruh bagian layar laptop. Selain itu, kamu juga bisa merkam audio secara langsung dari laptop maupun mikrofon eksternal jika diperlukan.

Selain itu, hasil dari rekamannya juga dapat dikonversikan ke semua format video populer termasuk, AVI, MOV, dan MP4. Kamu juga dapat langsung mengunggah video yang sudah selesai di rekam ke berbagai situs seperti Youtube dan lainnya.

TinyTake

Aplikasi yang paling banyak dicari orang adalah yang mudah digunakan, memiliki beragam fitur serta gratis. TinyTake termasuk salah satu aplikasi perkeam layar yang mendapatkan tiga-tiganya.

Fitur seperti perekaman wilayah jika kamu menginginkan sebagian layar saja yang direkam dari luas layar juga tersemat pada aplikasi ini. Selain itu, aplikasi perekam layar ini juga dapat mengambil tangkapan layar ataupun merekam layar sepenuhnya dengan durasi hingga 2 jam. Antarmukanya yang mirip seperti aplikasi Microsoft Office ini akan memudahkan penggunanya ketika mengunakannya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar laptop dan komputer terbaik dan gratis yang bisa kamu coba. Tentunya, beberapa diantarnya menawarkan versi gratis dan berbayar untuk merekam lebih baik lagi serta lebih profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here