Terakurat – Rekomendasi Software Laptop Terbaik – Agar Tidak Mudah Cepat PanasMasalah Overheat pada laptop merupakan salah satu masalah yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Penyebab laptop cepat panas bisa bermacam-macam. Mulai dari beberapa komponen yang mengalami kerusakan sampai sering digunakan untuk bermain game.

 Sama halnya seperti komputer, jika laptop bekerja terlalu berat maka suhu laptop akan naik secara drastis dan hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya overheat.

Rekomendasi Software Laptop Terbaik

Menggunanakan alat pendingin merupakan salah satu cara terbaik untuk mendinginkan suhu. Namun, agar semakin optimal maka kamu dapat menggunakan software pendingin laptop berikut.

SpeedFan

Software pertama yang bisa kamu gunakan adalah SpeedFan. Software yang satu ini bisa kamu dapatkan secara gratis serta mudah untuk digunakan. SpeedFan dapat digunakan sebagai pendingin laptop dan juga dapat digunakan untuk memantau hardware agar tetap terjaga suhunya.

Dengan adanya sensor digital ini, maka sistem dapat dengan mudah memberikan laporan rinci mengenai suhu komputer. Dengan begitu maka kita dapat mengetahui perangkat keras mana saja yang suhunya sedang tinggi, sehingga kita dapat memperbaiki kinerja komputer.

Diantara software pendingin lainnya, SpeedFan ini sering digunakan sebagai software paling direkomendasi oleh beberapa orang. Beberapa fitur tersebut adalah pengaturan kustomisasi. Pengaturan ini dapat mengelola beban berat pada laptop dan juga dapat membantu menganalisis setiap reboot yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Ukuran aplikasi ini juga terbilang cukup kecil dan ringan digunakan.

HWMonitor

Selanjutnya adalah software pendingin yang sering digunakan untuk memonitor suhu seluruh sistem komputer pada laptop. Nama software tersebut adalah HWMonitor.

Software ini tak jauh berbeda dengan software yang sudah dibahas sebelumnya, yakni memiliki laporan suhu yang cukup detail. Rincian tersebut secara khusus berkaitan dengan CPU, Hardisk, dan juga beberapa komponen motherboard lainnya.

Baca juga  Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Selalu Nyaman Selama Perjalanan

Kelebihan software ini terletak pada bagian sensornya, pada software ini terdapat sebuah sensor yang dapat memantau suhu di dalam komputer pada laptop. Bahkan sensor ini juga dapat memantau suhu pada bagian GPU dan juga bagian SMART. Maka dari itu, software ini sangat pas digunakan terutama buat kamu yang ingin mengawasi suhu perangkat keras agar suhunya tetap stabil.

Core Temp

Software selanjutnya adalah Core Temp. Tak jauh berbeda dengan beberapa software aplikasi sebelumnya, software ini juga dapat digunakan untuk memantau suhu CPU dan berbagai hardware laptop lainnya. Software ini dapat menghasilkan laporan secara lebih rinci pada setiap perangkat laptop yang digunakan.

Core tempt juga telah mendukung semua prosesor seri manapun, mulai dari seri lama hingga seri yang terbaru. Bahkan jenis sensor suhu dan juga sebagian besar chip hardware juga didukung oleh software yang satu ini.

Kelebihan lainnya dari software ini adalah dapat dikustomisasi dengan mudah oleh pengguna. Dengan begitu maka user dapat menambahkan beberapa tambahan seperti plugin ataupun Add-on agar dapat memperluas fungsi perangkat lunak maupun perangkat keras.

Jika kamu membutuhkan laporan dari software yang satu ini, kamu bisa mendapatkannya dari monitor sistem di dalam inbuilt digital thermal sensor. Laporan tersebut dapat memastikan bahwa pembacaan dari masing-masing sendor dapat mencapati 100% akurat.

Beberapa kelebihan lainnya dari software yang satu ini adalah, dapat memonitor suhu pada laptop secara realtime. Dalam artian, suhu yang ditampilkan sesuai dengan apa adanya. Jika suhu hardware naik, maka laporannya akan menunjukan peningkatan.

Cool sense

Cool sense merupakan software terakhir yang banyak digunakan untuk mendinginkan dan juga memberikan kestabilan suh pada laptop. Pad software ini terdapat beberapa fitur yang tak kalah canggihnya dengan beberapa software di atas.

Baca juga  Tips Mengelem Sepatu Agar Bagus Kembali!

Beberapa diantaranya, software ini dapat membantu menurunkan suhu pada perangkat laptop agar kembali stabil.

Kelebihan lainnya adalah, software ini dapat menyesuaikan suhu dengan lingkungan sekitar dan meredam penyebab panas pada perangkat laptop lainnya. Ukuran software ini juga terbilang kecil, sehingga tidak memerlukan kapasitas banyak dan kamu tetap dapat menggunakan software ini meskipun laptop kamu memiliki spesifikasi yang pas-pasan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasasi software laptop terbaik agat tidak mudah panas yang bisa kamu coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here