Terakurat – Rekomendasi SSD External Terbaik – SSD atau singkatan dari Solid State Drive ini adalah sebuah media penyimpanan yang memiliki fungsi yang sama seperti HDD. Perbedaannya, SSD memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh HDD. Seperti kecepatan mentransfer data yang lebih baik, mampu menjaga data yang lebih baik, menjagar agar tidak mudah korup ketika perangkat mengalami benturan serta tidak berisik ketika digunakan.

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui, SSD juga tersedia dalam bentuk eksternal. Sehingga data yang disimpan dijamin lebih aman meskipun disimpan pada perangkat yang dibawa kemana-mana. Nah, berikut ini adalah rekomendasi SSD External terbaik di tahun 2021 yang bisa kamu pilih.

Rekomendasi SSD External Terbaik di Tahun 2021

Samsung Portable SSD T5

Samsung yang telah memiliki reputasi yang baik dalam menciptakan produk berteknologi yang mutahkhir, tak terkecuali pada sektor penyimpanan eksternal SSD. Produk Samsung yang diberinama Samsung Portable SSD T5 ini dihadirkan dalam ukuran yang kecil. Yakni hanya, yakni 57,3 mm x 74 mm dengan berat 51 gram saja, sehingga sangat cocok dibawa kemana-mana dengan ringan dan praktis.

Selain itu, kecepatan transfer data yang diusung pada SSD External ini juga cukup menakjubkan. Kamu dapat mentrasfer data hingga 540 MB/s, sempat kali lebih cepat dari HDD eksternal biasa.

Selain itu, produk ini juga didesain dengan body yang kokoh, sehingga mampu menahan data agar tidak hilang ketika terkena benturan, asalkan tidak terjatuh dari ketinggian 2 meter. SSD eksternal ini tersedia dalam empat varia kapasitas yang bisa dipilih, yakni 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB.

Dari segi konektivitas, SSD external ini dapat kompatibel dengan perangat PC maupun MAC menggunakan koneksi USB Tipe C, dan USB tibe A. Selain itu, Samsung Portable SSD T5 juga memiliki fitur proteksi kata sandi, sehingga data aman meskipun jika SSD hilang ataupun dicuri dan Samsung juga menawarkan garansi hingga 3 tahun.

Baca juga  Rekomendasi Merek Obat Sariawan Paling Ampuh dan Efektif Mengatasi Sariawan

Seagate Fast SSD

Seagate Fast SSD hadir dengan dua pilihan warna, yakni Old Style dan New Style. Produk ini juga termasuk kedalam SSD external yang performanya tidak bisa dianggap remeh karena memiliki kecepatan baca hingga 540 MB/s dan kecepatan tulis hingga 500 MB/s.

Kamu juga dapat menikmati fitur formating bawaan yang mampu mengoptimalisasi SSD dan juga mengganti format SSD agar dapat terbaca pada sistem operasi yang berbeda-beda. Selain itu, terdapat juga folder sinkronisasi yang dapat digunakan untuk membuat file di dalamnya selalu up to date dengan perubahan yang terjadi pada semua perangkat.

SSD eksternal ini hadir dengan varian 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB, kamu bisa memilih kapasitas manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Tak perlu khawatir akan rusak, karena SSD ini didesain tahan terhadap benturan dan kamu juga dapat menikmati garansi terbatas selam 3 tahun.

SanDisk Extreme Pro Portable

Rekomendasi SSD External Terbaik

SanDisk merupakan salah satu merk ternama dalam bidang penyimpanan data. Kamu sudah tidak perlu khawatir lagi jika data mu hilang. Pasalnya pada SanDisk Extreme Pro Portable ini sudah dilengkapi dengan tambahan perangkat lunak bernama SanDisk SecureAcces. Fungsinya adalah agar folder yang terproteksi dengan password dapat menjaga privasi file yang kamu miliki.

Kecepatan data yang di atas rata-rata juga turut menjadikan produk ini sungguh layak dimiliki, yakni hingga 1050 Mb/s. Selain itu, material alumunium yang diusung pada body merek SSD external ini juga dapat meredam guncangan serta tahan panas. SanDisk Extreme Pro ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP55 yang tahan terhadap air bertekanan 30 kPa selama 30 menit.

Bicara soal dimensi, ukuran fisik produk ini memiliki panjang 110,26 mm dengan lebar 57, 34 mm. Varian kapasitasnya juga kurang beragam, hanya 500 GB, 1 TB dan 2 TB. Tetapi produk ini tetap ungugl mengingat performanya yang sulit ditandingi oleh SSD External lain.

Baca juga  Rekomendasi Parfum Calvin Klein Paling Harum.

WD My Passport Go SSD

Rekomendasi SSD External Terbaik

Semua produk yang datang dari WD sudah tidak perlu di ragukan lagi mengenai kualitasnya, tak terkecuali produk SSD External berukuran mungil ini yang pas masuk di kanting. WD My Passport Go SSD ini memiliki dimensi panjang 95mm dengan lebar 67 mm dan kabel yang dapat dimasukan pada perangkat.

Selain itu, bumper yang terdapat pada sisi SDD eksternal ini juga mampu meredam guncangan dan benturan hingga jarak ketinggian 2 meter. Tentunya, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi data hilang karena sudah terdapat fitur backup otomatis yang bisa diaktifkan menggunakan koneksi internet.

Mengenai kecepatan, SSD ini mampu mentransfer data dengan kecepatan 2x lipat dari HDD eksternal manapun dan tersedia juga garansi terbatas 3 tahun jika kamu membelinya.

Crucial Portable SSD X8

Rekomendasi SSD External Terbaik

Jika kamu menginginkan kecepatan transfer yang benar-benar tinggi, maka kamu akan puas dengan Crucial Portable SSD X8 ini. Pasalnya Crucial Portable SSD X8 memiliki kecepatan transfer hingga 1050 MB/s dan diklaim 1,8 lebih cepat dibandingkan SSD eksternal lainnya yang berada di pasaran.

Berbekal konektivitas USB tipe C dan A, produk ini dijamin kompatibel dengan berbagai perangkat seperti PC, MAC, Android, bahkan konsol gaming seperti PlayStation 4 dan Xbox One.

Namun sayangnya, tidak ada fitur proteksi data bawaan, tetapi kamu masih bisa melakukan backup data menggunakan fitur pada sistem operasi Windows dan MAC. Varian kapasitasnya juga terbatas, yakni hanya 500 GB dan 1 TB saja.

Samsung X5 Portable

Rekomendasi SSD External Terbaik

Buat kamu yang PC atau laptopnya sudah mendukung port Thunderbolt 3, bersiap-siaplah dengan kehadiran SSD eksternal super canggih ini. Pasalnya, Samsung X5 Portable didesain untuk kamu yang menyukai kecepatan, terlihat dari desain bodinya yang terlihat seperti mobil balap.

Baca juga  Rekomendasi Speaker Bluetooth Murah dan Berkualitas

Hal ini juga direfleksikan dengan baik oleh perfoma tinggi yang dimilikinya, yakni mampu mentransfer hingga 2300 MB/s kecepatan baca dan 2300 MB/s kecepatan tulis. Namun, untuk mencapai kecepatan ini kamu harus mengkoneksikannya dengan antarmuka Thunderbolt 3 yang mampu menerima data dengan kecepatan hingga 40 GB/s.

Tak hanya performanya yang cepat saja, Samsung X5 Portable juga unggul dari segi portabilitas karen aukurannya yang kecil, yakni berdimensi panjang 119 mm dengan lebar 62 mm dan berat 150 gram. Selain itu, terdapat fitur manajemen suhu yang baik bernama Dynamic Thermal Guard yang mampu menjaga suhu SSD agar tetap berada di bawah 45 derajat celcius.

Untuk lebih aman lagi, kamu bisa mengenskripsikan data yang kamu miliki menggunakan fitur proteksi password berbasiskan enkripsi AES 256-bit. Selain itu, merk SSD ini juga hadir dengan garansi terbatas 3 tahun dengan varian kapasitas 500 GB, 1 TB dan 2 TB saja.

Setelah kamu mengetahui berbagai merek SSD eksternal yang memiliki teknologi mutakhir tersebut, pastinya kamu sudah tidak perlu ragu dan bingung untuk memilih produk mana yang cocok dengan kebutuhan kamu. SSD eksternal memang merupakan opsi terbaik untuk media penyimpanan portable karena menawarkan kecepatan transfer yang tak tertandingi serta daya tahan yang kuat.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here