Terakurat – Tips Merawat Sepatu Putih – Jika kamu memiliki sepatu putih, itu artinya kamu harus siap dengan segala perawatannya. Pasalnya, sepatu putih memang lebih mudah kotor dibandignkan sepatu dengan warna gelap. Sepatu terdiri dari berbagai jenis, ada sepatu kanvas, kulit dan masih banyak lagi bahan sepatu lainnya. Nah, salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah tips merawat sepatu putih sesuai dengan bahannya.

Perawatan sepatu menentukan keawetan dari sepatu tersebut, jadi mulailah memperhatikan perawatan dan kebersihan sepatu putih yang kamu miliki agar awet dan tetap sedap dipandang. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat dan membersihkan sepatu putih yang bisa kamu coba.

Tips Merawat Sepatu Putih Agar Tetap Kinclong

Tips Merawat Sepatu Putih

Bersihkan Sepatu Sesuai Bahannya

Sebelum kamu menentukan cara perawatan sepatu yang akan dipakai, sebaiknya kenali terlebih dahulu bahan sepatu putih apa yang kamu miliki. Pasalnya, beda bahan sepatu maka berbeda pula cara perawatannya. Nah, berikut ini tips merawat sepatu putih sesuai dengan bahannya.

Sepatu Kanvas

Apakah kamu memiliki sepatu kanvas? Nah, cara membersihkan sepatu ini sebaiknya dicuci manual menggunakan tangan. Dan yang perlu kamu lakukan adalah merendam sepati di dalam campuran air bersih dan detergen, lalu gosok noda dan kotoran di sepatu dengan sikat gigi bekas hingga bersih.

Untuk perawatan sederhana agar bersih dari noda, buatlah larutan air dan baking soda, lalu ambil kain bersih dan celupkan ke dalamnya. Setelah itu, gunakan kain bersih untuk membersihkan noda di sepatu putih.

Sepatu Kulit

Jika kamu memiliki sepatu kulit yang terkena noda, caranya cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan perasan air lemon, lalu tuangkan ari perasan lemon tersebut ke bagian sepatu yang terdapat noda, dan gosok dengan kain bersih.

Sepatu Suede

Sepatu suede memiliki bahan berupa kulit halus, tetapi dapat menyerap noda seperti sepatu kanvas. Jika noda pada sepatu yang berbahan suede sudah mengering. Maka kamu bisa mencoba menghandalkan hydrogen peroxide. Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggosok nodanya dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Baca juga  Cara Memindahkan Data Whatsapp dari Iphone ke Android

Tips Menghilangkan Noda pada Sepatu Putih

Ketika kamu mengetahui bahwa sepatu putih yang kamu miliki terkena noda, maka segeralah melakukan pertolongan pertama agar noda tersebut tidak mengering pada sepatu. Pertolongan pertama yang bis akamu lakukan adalah memakai tisu kering yang sudah dibasahi dengan air bersih. Lalu gosokan tisu tersebut ke bagian yang terkena noda hingga warna nodanya memudar.

Lakukan Pembersihan pada Bagian Dalam

Hal yang satu ini mungkin sering dilupakan oleh kita, pasalnya kita hanya berkonsentrasi membersihkan bagian sepatu luarnya saja. Tips merawat sepatu putih yang benar adalah dengan membersihkan sepatu bagian dalamnya juga. Pasalnya, jika kamu tidak membersihkan sepatu secara rutin, maka bakteri akan mengendap di dalam sepatu dan dapat menyebabkan bau kaki.

Pembersihan sepatu pada bagian dalam ini dilakukan sebelum kamu membersihkan bagian luar sepatu. Gunakan campuran air dan baking soda untuk membersihkan bagian dalam sepatu. Jika perlu, gunakanlah sikat gigi bekas untuk menghilangkan berbagai noda yang menumpuk di dalam sepatu.

Poles dengan Semir Warna Putih

Mungkin kamu akan mengira bahwa semir sepatu hanya tersedia dalam warna cokelat dan hitam saja, namun hal tersebut salah. Pasalnya, semir sepatu juga tersedia dalam warna putih. Kamu bisa memanfaatkan semir sepatu warna putih ini akan membuat sepatu yang kamu miliki menjadi kinclong kembali layaknya sepatu baru.

Untuk menyemir sepatu putih, gunakan kain atau sikat halus. Namu saat ini, ada juga semir sepatu yang berbentuk rool seperti deodorant. Yang kamu perlukan hanyalah memutar semir sepatu roll ini ke seluruh bagian luar sepatu. Semir sepatu ini sangat kompatibel dipakai untuk sepatu kanvas, kulit, maupun suede.

Baca juga  Tips Menghilangkan Bau Rokok yang Bisa Kamu Coba!
Cuci Tali Sepatu Secara Berkala

Selain bagian dalam dan luar sepatu, tali sepatu juga merupakan bagian yang sering terlupakan begitu saja. Padahal, sepatu akan terlihat dekil jika tali sepatunya tidak dibersihkan secara berkala. Ketika kamu mencuci sepatu putih, tak ada salahnya jika kamu melepas tali sepatu dan turut mencucinya.

Untuk cara mencucinya juga terbilang mudah, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah merendamnya di dalam campuran air detergen, lalu gosok tali sepatu dengan sikat gigi. Setelah itu, jemur tali sepatu yang telah dicuci di bawah sinar matahari. Jika sepatu dan talinya sudah kering, maka kamu hanyalah perlu memasang lagi tali tersebut.

Hindari Mesin Pengering dan Keringkan Secara Alami

Untuk menghindari sepatu menjadi menyusut setelah dimasukan ke dalam mesin cuci, maka sangat disarankan untuk mengeringkan sepatu secara alami. Namun, untuk sepatu berjenis kulit sebaiknya dijemur tanpa langsung terpapar sinar matahari. Pasalnya, panas dari sinar matahari dapat merusak kulit sepatu. Sehingga penampilannya akan tampak pecah-pecah. Jika ingin menjemur sepatu di bawah sinar matahari, pastikan sudah ditutupi dengan kain tipis. Kain ini fungsinya mencegah sepatu terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Simpan di Tempat yang Kering

Tips merawat sepatu putih yang harus kamu perhatikan adalah cara penyimpanan sepatu. Pastikan tempat penyimpanan selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab. Pasalnya, tempat yang lembab dapat memicu tumbuhnya jamur pada sepatu. Jika kamu berniat untuk menyimpan sepatu dalam jangka waktu yang lama, maka bungkuslah sepatu dengan kain, lalu masukan di tempat yang kering.

Disamping itu, semprotkan watter repellent ke sepatu yang kamu miliki. Bahan yang satu ini akan membuat sepatu yang kamu miliki kedap air. Hal ini dilakukan agar sepatu tidak menjadi basah ketika ketumpahan cairan pada saat disimpan.

Baca juga  Cara Mengatasi Otentikasi Wifi di Android Dengan Mudah!

Gunakan Bahan Alami untuk Menghilangkan Noda

Tahukah kamu bahwa terdapat sejumlah bahan alami yang bermanfaat untuk membersihkan noda pada sepatu putih? Bahan alami pada umumnya tidak akan merusak bahan sepatu yang kamu miliki. Nah berikut ini beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan sepatu.

  • Pasta Gigi

Jangan terburu-buru membersihkan sepatu kesayanganmu dengan pemutih. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi putih yang ada di kamar mandi. Cara menggunakannya, oleskan pasta gigi pada bagian yang terkena noda, lalu gosok dengan sikat gigi bekas di bawah sinar matahari.

  • Bedak Tabur

Bedak tabur juga dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda, sehingga kamu tidak memerlukan usaha ekstra untuk mencuci sepatu tersebut. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan bedak tabur tersebut pada bagian yang terkena noda, lalu diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu, cuci sepatu dengan air dan detergen.

  • Baking soda

Bahan sepatu yang satu ini juga dapat membantu kamu menghilangkan noda di sepatu putih dengan cepat. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda dengan air, lalu celupkan kain bersih dan gosokan kain tersebut pada sepatu.

Itulah beberapa tips merawat sepatu putih yang akan membuat sepatu kesayanganmu agar selalu terlihat bersih dan kinclong seperti baru. Usahakan untuk selalu melakukan pembersihan secara rutin jika sepatu terlalu kotor, agar kamu tidak kesusahan saat harus membersihkan sepatu kesayanganmu tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here