Anak Jenius memang sering menjadi perbincangan, kehebatan dan kecerdasan memukau yang dimilikinya kerap membuat orang takjub. Oleh karena itu banyak para sineas yang tertarik untuk mengangkat kisahnya ke layar lebar. Berikut ini beberapa film yang mengangkat cerita tentang anak Jenius yang menarik untuk ditonton.

The Queen’s Gambit.

Film ini menceritakan tentang Beth Harmon, seorang atlet catur yang mengalami lika-liku kehidupan sejak usianya masih kecil. Selama di panti asuhan, ia diasuh dan di rawat oleh seorang pengasuh anak, yang kemudian memperkenalkannya pada permainan catur.

Kisah ini diangkat dari seorang pecatur wanita asal Amerika Serikat yang menjadi Grand Master. Dan diadaptasi dari novel Walker Tevis. Ceritanya bermula dari ibunda Beth yang bunuh diri dengan cara menabrakkan mobilnya ke truk. Beth yang saat itu masih berusia lima tahun, selamat dalam kecelakaan itu.

Alasan sang ibu bunuh diri karena ditolak kembali oleh pasangannya. Mereka sempat bertengkar selama lima tahun sebelum sang ibu memutuskan untuk datang ke rumah ayah Beth. Hidup sebatang kara membuat Beth harus tinggal di sebuah panti asuhan.

Trauma akibat kecelakaan itu berimbas pada kepribadian Beth yang sangat dingin dan tertutup. Dia tidak mau membaur dengan anak-anak panti asuhan lain.

Hanya Jolene, remaja berkulit hitam itu yang selalu menyapa dan ingin berteman dengan Beth kecil. Jolene juga yang memberi saran agar meminum pil penenang sebelum tidur. Setiap anak-anak yang ada panti asuhan memang disediakan dua pil: satu vitamin dan satunya lagi penenang.

Suatu ketika Beth bertemu dengan Mr Shaibel, seorang petugas kebersihan panti asuhan di rubanah ketika ia ditugaskan guru untuk membersihkan papan tulis. Beth melihat keasyikan Mr Shaibel yang sedang memainkan catur seorang diri. Ia pun langsung jatuh hati dengan permainan catur. Beth meminta sang petugas gaek itu mengajarkan dan mengajaknya bermain.

Baca juga  Dapat Oscars, Berikut Fakta Menarik Film The Parasite !

The Kindergarten Teacher.

Lisa Spinelli adalah seorang guru taman anak-anak yang tidak puas dengan kehidupan kelas menengahnya. Kemudian dia menyadari bahwa salah satu muridnya yang bernama Jimmy memiliki bakat membaca dan membaca puisi yang luar biasa. Namun hal ini justru membuat sang guru menjadi terobsesi dengan keajaiban sang anak.

Lisa akhirnya mendekati Jimmy agar bisa segera mencatat jika mendadak Jimmy meracau soal puisi. Jimmy memang suka membaca puisi dengan pamannya, namun sang ayah melarang. Ayah Jimmy tidak ingin Jimmy menjadi penulis atu sastrawan karena ia menganggap masa depannya akan suram dan sama sekali tak menghasilkan uang sebanyak menjadi seorang pebisnis.

Nilai-nilai moral Lisa akhirnya mulai terkikis. Demi diakui orang lain, Lisa mencatat ocehan puitik Jimmy sebagai karya puisinya. Bahkan kini semua kegiatan Lisa mengarah pada satu hal yang mengancam karir dan juga keutuhan keluarganya.

Queen Of Katwe.

Hidup Phiona berubah drastis setelah ia bertemu dengan Robert Katende, pria yang mengajarinya bermain catur. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan berusia 10 tahun bernama Phiona Mutesi (Madina Nalwanga) yang tinggal di perkampungan kumuh dan miskin di Uganda.

Ayahnya meninggal karena penyakit AIDS saat dia berumur tiga tahun, sedangkan kakaknya meninggal tanpa diketahui penyebabnya. Phiona tak sekolah karena ia tak punya biaya. Sehari-hari, ia harus membantu ibunya bekerja untuk membiayai kehidupan keluarganya. Saat teman-temannya bermain sepak bola, Phiona tidak bergabung karena ia takut cedera. Jika cedera maka ia harus berobat, sedangkan ia tak punya biaya.

Robert Katende (David Oyelowo), merupakan seorang misionaris yang datang untuk bertugas ke daerah Phiona tingg. Salah satu agendanya adalah mengajarkan catur untuk anak-anak di daerah tersebut. Katende melihat Phiona mengintipnya saat sedang mengajari anak-anak bermain catur. Ia akhirnya menyuruh Phiona mencoba bermain catur dan ternyata anak tersebut memiliki bakat.

Baca juga  Jadwal Bioskop Trans TV 8-12 April 2020.

Setiap hari Katende mengajari Phiona untuk bermain catur. Ia juga mengajari Phiona untuk tidak mudah menyerah. Sampai akhirnya Phiona berhasil memenangkan pertandingan catur di wilayahnya.

Gifted.

Film ini menceritakan kisah Mary Adler, seorang gadis berusia tujuh tahun yang menunjukan tanda-tanda memiliki kemampuan matematika yang luar biasa. Mary dibesarkan oleh pamannya bernama Frank ( Chris Evans ) setelah ibunya, seorang matematikawan jenius, melakukan bunuh diri.

Billy Eliot.

Seorang anak laki-laki yang sangat berbakat berusaha menentukan pilihan diantara kecintaannya yang besar terhadap menari namun menimbulkan perpecahan di keluarganya untuk melupakan mimpinya.

Searching For Bobby Fischer.

Film ini terinspirasi oleh kehidupan catur ajaib. Josh adalah seorang anak normal dan suka bermain sepak bola. Namun, ayahnya menyadari bahwa dia memiliki tanda-tanda dia menjadi seorang jenius catur dan kemudian sangat mendukungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here