Teknik hidroponik merupakan cara menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan air yang memiliki kandungan Nutrisi yang tinggi. Penggunaan airnya yang efisien tidak sebanyak ketika menanam dengan cara konvesional menggunakan tanah.

Dengan bergitu, cara ini akan sangat membantu untuk tetap menanan dan bahan makanan. Karena Hidroponik ini memiliki penggunaan air yang efisien maka cara ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan, berikut ini adalah jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam.

Tomat

Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam dan Manfaatnya

Tomat dikenal luas karena mengandung antioksidannya yang luar biasa. Tomat menggandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Manfaat tomat dapat meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik dan juga dapat mengurangi tekanan darah.

Jika kamu pernah memakan tomat pasti sudah tahu bahwa Tomat ini memiliki kandungan air yang cukup banyak. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan infeksi saluran kemih.

Untuk menanam tomat dengan teknik hidroponik, kamu membutuhkan air yang banyak dan cahaya yang baik.

Selada

Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam dan Manfaatnya

Daun selada mengandung Vitamin A dan Vitamin K yang sangat tinggi. Selain itu Delada juga mengandung Nutrisi penting seperti Kalium, Folat, Zat Besi dan Kalsium.

Daun selada mengandung vitamin A dan C yang berdungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung. Tak hanya itu saja daun selada juga dapat menceganh pengeroposan tulang.

Selada merupakan tanaman yang paling banyak ditanam menggunakan teknik Hidroponik, karena selada ini dapat tumbuh dengan sangat cepat jika menggunakan teknik ini. Perawatan tanaman Selada juga tidak sulit sama sekali.

Timun

Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam dan Manfaatnya

Timun merupakan sayuran yang pada umumnya tersedia sebagai pelengkap didalam lalapan, acar, atau salad. Meski dianggap sebagai pelengkap Timun atau Cucumis Sativus ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mentimun juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, Vitamin A, VItamin B1, Vitamin B2, dan VItamin C bahakan biji mentimun juga mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati anak-anak yang terdampak menderita cacingan.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Transkrip Audio ke Teks

Semua jenis timun dapat tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik. Mentimun adalah tanaman yang hangat, jadi kamu harus memastikan suhu dan pencahayaan yang sesuai.

Bayam

Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam dan Manfaatnya

Bayam adalah sayuran yang mengandung Vitamin dan Mineral yang cukup lengkap. Vitamin yang dimiliki bayam diantaranya, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan K. Bayam memiliki manfaat yang sanyat menyehatkan tubuh apabila rajin dikonsumsi. Khasiat bayam diantaranya :

  • Mengurangi Radang
  • Mencegah kangker
  • Mencegah Anemia
  • Menjaga kesehatan Mata

Sama dengan dedaunan yang sudah disebutkan sebelumnya, bayam juga dapat tumbuh dengan baik jika di tanam menggunakan sistem Hidroponik. Selain itu bayam juga tidak membutuhkan begitu banyak cahaya dan suhu yang panas, sehingga akan sangat mudah jika ditanam dengan sistem hidroponik.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang mengandung banyak Nutrisi dan Vitamin. Wortel juga memiliki manfaat yang cukup penting untuk tubuh manusia.

Selain itu wortel juga memiliki votamin B karoten yang di ubah menjadi vitamin A sehingga baik untuk kecantikan wajah. Wortel juga mengandung biotin yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein.

Wortel merupakan bagian dari tanaman umbi-umbian yang memiliki banyak akar. Akar wortel dapat menyebar dengan cepat sehingga dapat menyerap air lebih banyak dan menjadikan tanaman ini cocok ditanam menggunakan sistem Hidroponik. Namun wortel merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kesulitan tinggi untuk ditanam secara hidroponik.

Paprika

Paprika adalah tanaman yang satu anggota dengan keluarga besar cabai. Sehingga memiliki rasa yang pedas kita kita memakannya. Selain bentuk dan rasanya yang unik ternyata paprika mengandung banyak khasiat kesehatan yang menakjubkan.

Vitamin yang bisa ditemukan dalam paprika adalah Vitamin B6 yang khasiatnya dapat menjaga kesehatan sistem saraf dan meregenerasi sel-sel yang berada dalam tubuh. Karena kaya akan vitamin C, maka paprika ini mampu menjaga kesehatan tubuh dan keremajaan kulit.

Baca juga  Contoh Proposal Kegiatan Pengenalan Lapangan

Tanaman ini juga bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik, sama halnya seperti tomat, Paprika juga membutuhkan suhu yang hangat dan pencahayaan yang cukup. Kamu bisa menanam biji paprika atau membelinya secara khusus.

Itulah beberapa tanaman yang memiliki manfaat bagi tubuh dan mudah ditanam menggunakan teknik hidroponik.

Baja juga : Tips Menanam Hidroponik Sendiri di Rumah

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here