4 Tempat Wisata di Solo Yang Menyimpan Cerita Sejarah

tempat wisata di solo

Tempat Wisata di Solo Yang Banyak Menyimpan Cerita Bersejarah

Solo dikenal dengan sebutan bengawan atau sebutan kota Surakarta, tempat wisata di Solo Mengalami perkembangan yang cukup tinggi dan juga lokasi kota yang berdekatan dengan Yogyakarta menjadi destinasi incaran para wisatawan.

Di lihat dari letak geografisya, kota Solo dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu yang berbatasan dengan kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali, luas kota Solo tercatat 44km2 dan berpenduduk sebanyak 503.421 jiwa.

Terdapat beberapa tempat wisata di Solo yang menarik untuk kamu kunjungi.

Terlebih lagi ada dua Keraton yang terkenal di Solo yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta,

Saat ini Keraton Solo masih menggelar pertunjukan adat dan banyak ritual lainnya.

4 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi !

1. Pandawa Water World Solo Baru

 

tempat wisata di solo

 

Salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi bersama keluarga yaitu Pandawa Water World Solo Baru yang berlokasi di Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Solo Baru – Sukoharjo.

Disini kamu bisa menikmati berbagai macam wahana seperti Wave Pool, Racer Slide, Black Hole Slide dan Kunti Children.

Selain itu yang lebih menarik lagi dari tempat wisata di Solo yang satu ini adalah dari bangunannya yang memiliki tema kebudayaan lokal, karena terdapat beberapa patung tokoh pewayangan seperti, Brahma, Krisna, Nakula dan Sadewa.

2. Gorojogan Sewu Tawangmangu

 

tempat wisata di solo

 

Tempat wisata di Solo ini terdapat di kawasan Tawangmangu, Udaranya yang Segar dan dingin, kamu bisa menemukannya di lokasi Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah.

Di kawasan ini juga terdapat banyak kera – kera yang berkeliaran, namun tidak perlu khawatir karena kera yang ada di tempat wisata di Solo ini sudah jinak.

Baca juga  Gua Jepang: Potensi Wisata di Bali yang Patut Diperhitungkan!

Namun sekedar saran untuk tetap berhati – hati dalam perjalanan menuju Gorojogan Sewu Tawangmangu.

Tempat wisata di Solo ini cukup menarik karena teradapat sebuah jembatan yang terkenal dengan sebutan “Jembatan Cinta” namun di balik namanya yang terkenal, terdapat mitos yang berkembang apabila suatu pasangan berhenti diatas jembatan ini maka hubungannya tidak akan harmonis lagi.

3. Keraton Kasunan Surakarta

 

tempat wisata di solo

 

Keraton kasunan memiliki sejarah panjang pada awal berdirinya di tahun 1755, sebelum menjadi tempat wisata di Solo, tempat ini merupakan hasil dari perjanjian Giyanti antara VOC dan pihak kesultanan Mataram.

Pihak kesultanan mataram yang terlibat dalam sengkata yaitu antara sunan Pakubuwana III dan Pangeran Mangkubumi.

Yang pada akhirnya melahirkan dua kerajaan baru, yaitu Pangeran Mangkubumi menjadi raja pada separuh wilayah Mataram dengan gelar Sultan Hamengkubuwana, sedangkan raja kasunanan Surakarta dengan gelar Sunan Pakubuwana.

Tempat wisata di Solo ini menjadi andalan para pelancong yang memburu informasi sejarah kebudayaan Indonesia.

Namun apakah kamu tahu bahwa wilayah Solo menjadi berkurang banyak se usainya Perang Diponegoro pada tahun 1825 dan di berakan kepada Belanda sebagai ganti rugi atas biaya peperangan pada tahun 1830

4. Keraton mangkunegaran Surakarta

 

tempat wisata di solo

 

Setelah keraton Kasunan maka sebaiknya kamu juga berkunjung ke Keraton Mangkunergaraan yang masih memiliki hubungan sejarah yang panjang.

Kamu bisa berkeliling dan melihat pada area pendopo yang lantainya berbahan dari marmer dan sebagai hadiah dari Italia.

Selain itu ada juga Pringgitan yang terletak di belakang pendopo yang merupakan sebuah beranda terbuka dengan ruangan seluas 1000 meter persegi.

Tempat wisata di Solo ini akan membuat pengetahuan mu semakin banyak, karena di Pringgitan ini terdapat banyak lukisan – lukisan tokoh sejarah seperti Mangkunegoro IX, Mangkunegoro VIII dan masih banyak koleksi benda seni lainnya di tempat ini.

Baca juga  Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer

Disisi lain tempat wisata di Solo yang satu ini terdapat juga Dalem Ageng.

Dalem Ageng merupakan sebuah tempat yang biasanya kegiatan upacara adat dilaksanakan, dan menariknya lagi disini juga terdapat koleksi benda – benda purba yang dikumpulkan dari tahun 1926.

Tempat wisata di Solo ini juga punya Garasi Kereta beserta keretanya loh guys kamu bisa melihat koleksinya di sebelah tenggara Istana Mangkunegaraan.

disini terdapat enam buah kereta, koleksi kereta ini tercatat pernah digunakan pada tahun 1850 -1944.

Nah menarik bukan? tempat wisata di Solo ini memang menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia, jangan menunda lagi rencanamu untuk berwisata di kota Solo!

Baca juga artikel Tempat Wisata di Lembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *