Terakurat.com – Tips Gampang Bangun Sahur – Selama bulan Ramadan, salah satu tantangan terberat yang harus dijalani setiap orang ketika berpuasa adalah bangun sebelum subuh untuk menikmati hidangan santap sahur.

Jika kamu tidak mengatur siasat dengan baik bisa saja puasa kamu terkendala karena selalu ketiduran dan melewatkan jadwal makan sahur. Kalo kamu tidak ingin mengalami hal seperti ini berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bangun sahur pada saat berpuasa.

Tips Gampang Bangun Sahur

Niat untuk bangun sahur

Niat merupakan faktor terbesar yang bisa membuatmu bangun sahur.

Pada saat kamu sudah memiliki niat secara reflek badan dan pikiranmu akan tersadar untuk segera beranjak bangun dari kasur. Bahkan niat yang kuat juga bisa membuat kamu alasanmu menjadi lenyap, jadi pastikanlah hal seperti itu sudah kamu Tanamkan dalam dirimu.

Pasang alarm

Sebelum kamu tertidur pastikan juga kamu sudah menyetel jam weker untuk waktu sebelum dan sesudah bangun. Karena akan ada keinginan untuk mematikan alarm dan melanjutkan tidur maka jauhkan jam weker dari jangkauan kamu.

Letakkan HP di dalam gelas agar dari menjadi lantang

Jika kamu termasuk orang yang suka bangun dan tidak punya jam beker tidak ada salahnya apabila kamu mencoba mengakali dengan memasukkan smartphone yang sudah di setel alarm nya terlebih dahulu ke dalam Gelas Kaca.

Dengan cara ini suara alarm akan jauh lebih kencang dari biasanya.

Pasang alarm dengan nada dering panggilan masuk.

Selain memasukkan smartphone yang kamu gunakan ke dalam gelas kamu juga bisa menggunakan trik nada alarm sesuai dengan panggilan masuk handphone. Karena secara tidak sadar kamu akan kaget dan merespon cepat sumber bunyi tersebut.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Transkrip Audio ke Teks

Tidur lebih awal

Tidur lebih awal dari jam biasanya akan membantu kamu bangun tepat waktu. Jika kamu ingin mengetahui lebih awal Maka jangan begadang atau tidur diatas pukul jam 22:00.

Begitu pukul 21:00 maka segera masuk kamar untuk tidur. Jauhkan tubuh dari gadget yang akan membuat mata terus terjaga. Tak hanya itu saja,kamu juga akan lebih Fit pada saat beraktivitas karena sudah cukup beristirahat.

Jangan begadang sambil meminum kafein

Mengkonsumsi kafein mampu membuat mata akan selalu tetap terjaga, maka dari itu cobalah menghindari minuman berkafein sebelum waktu tidur tiba.

Hindari makanan terlalu berlemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang banyak akan memperlambat kinerja pencernaan. Jika pencernaan berjalan dengan lambat dampaknya adalah kamu akan sulit tidur dikarenakan dalam pencernaan sedang bekerja keras.

Rajin olahraga

Olahraga secara rutin mampu membantu peredaran darah berjalan lancar sehingga kamu akan mudah untuk tertidur. Saat kondisi Tubuh terasa lelah akibat berolahraga maka yang terjadi pada tubuhmu adalah menurunnya organ dengan cepat agar penyembuhan bisa terjadi. Pada proses ini terjadi kamu bisa tidur dengan nyenyak namun tetap hindari berolahraga yang terlalu intens maka dengan jam tidurmu. Sangat disarankan berolahraga di pagi hari.

Mengusap mata dengan handuk basah

Cara yang satu ini terbukti lumayan ampuh untuk membuat mata kamu jadi segar. Pada saat alarm sudah berbunyi maka segeralah siapkan baskom yang telah berisi air dan handuk di dalamnya lalu usapkan handuk di sekitar area mata.

Meredupkan lampu kamar

Dikutip dari webMD, ternyata lampu yang terang dalam ruangan pada saat malam hari dapat mengurangi kadar melatonin. Saya dari smartphone, komputer dan TV juga berpengaruh pada produksi melatonin.

Baca juga  Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman

Melatonin ini diperlukan tumbuh agar keadaan tidur tetap terjaga dengan tenang dan meningkatkan kualitas tidur.

Jika kamu tertidur maka usahakan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Apabila kamu takut dalam gelap maka gunakan lampu tidur yang cukup redup di sebelah tempat tidur. Hal seperti ini terbukti bisa membantu kamu untuk bangun lebih awal dan dapat mengikuti sahur tepat waktu.

Nah itulah beberapa tips agar mudah terbangun sahur. Selain tips gampang bangun sahur diatas tadi kamu juga bisa meminta kepada teman atau keluarga untuk membangunkan Mu saat kamu tertidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here