Terakurat.com – Cara Mengatasi Bau Mulut – Bau mulut selama menjalankan Ibadah Puasa merupakan hal yang umum kerap ditemui. Namun hal tersebut terkadang membuat kita merasa tidak nyaman sehingga ingin mengatasinya.

Padahal Allah SWT telah menjanjikan bahwa bau mulut orang berpuasa adalah lebih wangi daripada minyak kasturi.

Nah buat kamu yang sedang berpuasa agar nyaman tanpa bau mulu. Kabarnya berkumur dengan air garam dan minum air jeruk nipis yang hangat pada saat sahur mampu mengurangi bau mulut dan membersihkan gigi. Namun kedua hal ini tetap ada aturan mainnya, Alias tidak bisa secara asal-asalan.

Cara mengatasi bau mulut

Berkumur menggunakan air garam memang terbukti kebenarannya. Pasalnya air garam mampu sebuah mulut karena dapat menetralkan asam di mulut.

Sehingga mengembalikan PH alami dan juga membunuh bakteri yang bisa menjadi penyebab bau mulut. Hanya saja pastikan takaran antara garam dan air sudah sesuai jika tidak sesuai malah membuat iritasi pada rongga mulut.

Menurut dokter spesialis penyakit mulut, drg Widya Hapsari Sp. PM “Air garam memang betul dapat berfungsi sebagai cairan antiseptik ringan namun harus dalam takaran yang pas”.

Kemudian buat kamu yang ingin mengurangi bau mulut pada saat berpuasa bisa juga dengan meminum air jeruk nipis yang hangat pada saat sahur. Pasalnya minum minuman kecut ternyata mampu merangsang pengeluaran air ludah. Jika produksi air ludah banyak maka alat yang dapat membantu membersihkan gigi.

“Mugkin itu efek yang terjadi jika meminum air jeruk nipis dapat mengatasi bau mulut ketika berpuasa” ujar drg Widya.

Meskipun begitu drg Widya mengingatkan bahwa mengonsumsi air yang bersifat asam beresiko menyebabkan lapisan enamel gigi anda menjadi mudah larut. Artinya mengkonsumsi secara berlebihan justru bisa berdampak buruk pada gigi.

Baca juga  Tips Agar Anak Tak Bosan Selama Belajar di Rumah

Dokter Widya juga menyarankan agar Anda atau anggota keluarga anda lainnya senang mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam atau kecut. Tunggu 30 menit terlebih dahulu sebelum menyikat gigi tujuannya adalah agar air ludah menjalankan fungsinya sebagai verba atau penetralisir asam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here