Terakurat – Tips Liburan Saat Pandemi – Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2021, para pekerja biasanya banyak yang merencanakan liburan. Baik itu berlibur didalam kota maupun luar negeri.

Namun, pandemi covid-19 yang masih mewabah membuat liburan sedikit tertunda. Pemerintahpun telah menetapkan aturan-aturan protokol kesehatan hingga persyaratan untuk bisa liburan. Aturan pemerintah tersebut juga berlaku di beberapa daerah destinasi wisata.

Selama panademi berlangsung, kamu bisa memanfaatkan beragam promo yang banyak menjual paket liburan. Nah, sebelum kamu pergi berlibur, tetap jalankan dan patuhi protokol kesehatan Covid-19 ya! Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum pergi berlibur agar tetap nyaman dan mengasyikan.

Tips Liburan Saat Pandemi yang Aman dan Nyaman

Menentukan Destinasi Wisata yang Aman

Hal pertama yang harus dilakukan saat merencanakan libur akhir tahun adalah memilih destinasi wisata. Ditengah situasi pandemi seperti saat ini, faktor keamanan menjadi salah sati aspek yang perlu dipertimbangkan.

Ada baiknya jika kamu memilih destinasi wisata yang berada di wilayah zona hijau untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19. Destinasi wisata alam terbuka juga cocok untuk dijadikan pilihan masa di masa new normal karena lazimnya memiliki ruang gerak lebih luas sehingga bisa meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain.

Riset Mengenai Aturan yang Ditetapkan Destinasi Wisata

Setelah kamu menentuan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi, selanjutnya adalah mempelajari aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh pengelola destinasi wisata di masa pandemi.

Contohnya seperti protokol kesehatan apa saja yang diterapkan, apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh calon wisatawan, cara membeli tiket masuk, jam operasional, kapasitas pengunjung hingga beberapa hal yang dibolehkan dan tidak boleh dilakukan.

Baca juga  Warso Farm, Surga Para Durian Lover

Menyiapkan Peralatan Kebersihan dan Kesehatan

Pastikan juga kamu telah menyiapkan dan telah membawa beberapa peralatan kebersihan dan kesehatan selama pergi berlibur. Mulai dari menyiapkan banyak masker, tisu basah dan kering, sabun cair untuk mencuci tangan, hand sanitizer, vitamin, obat-obatan pribadi, cairan disinfektan hingga termometer tubuh.

Nah, agar semakin aman sebaiknya kamu juga perlu membawa berbagai peralatan pribadi sendiri seperti peralatan makan, handuk, dan perlengkapan ubadah.

Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Sehat

Sehat merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum pergi liburan. Maka dari itu, beberapa hari sebelum berangkat liburan, tidak ada salahnya memastikan diri kamu benar-benar sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Selain agar liburan kamu tetap menyenangkan, memastikan kesehatan tubuh juga penting demi keamanan dankenyamanan orang lain di destinasi wisata tujuan. Jangan sampai kamu menjadi perantara penularan penyakit kepada masyarakat lokal atau orang-orang disekitar destinasi wisata.

Booking Tiket dan Hotel Secara Online

Setelah kamu menentukan destinasi wisata mana yang akan kamu tuju dan semua persiapan lain telah dilakukan, jangan lupa juga untuk membeli tiket atau memesan tiket transportasi dan hotel sebelum hari keberangkatan. Selain itu, disarankan juga untuk melakukan pemesanan tiket dan hotel secara online untuk menghindari antrean dan kontak langsung dengan banyak orang.

Untuk tiket transportasi, kamu bisa memesannya 2-3 minggu sebelum tanggal keberangkatan. Begitu juga dengan tempat menginap, pesanlah beberapa minggu sebelum liburan.

Nah setelah kamu melengkapi beberapa hal di atas, berikut ini trend wisata pasca pandemi yang paling banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Wisata Lokal

Berdasarkan hasil riset dari Booking.com yang dilakukan pada tahun 2020, diktahui bahwa sekitar 76% wisatawan Indonesia tidak ingin bepergian ke luar neger di masa yang masih seperti sekarang ini. Saat ini mereka lebih banyak yang memilih destinasi wisata di dalam negeri yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Selain karena resiko keamanan, tetapi juga faktor biaya yang lebih terjangkau.

Baca juga  Foto Pakaian Adat Bali Pria dan Wanita Beserta Penjelasanya

Staycation

Staycation telah menjadi trend wisata yang paling banyak diminati sejak pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Dikarenakan bepergian keluar rumah masih riskan akan penularan Covid-19, maka untuk menyegarkan kembali pikiran setelah lockdown dan bekerja di rumah, banyak yang kemudian memilih menghabiskan waktu liburan dengan Staycation di sejumlah hotel dan resots.

Wisata Alam

Wisata alam juga sangat menarik bagi wisatawan lokal Indonesia, selain perjalanan domestik jarak pendek. Setelah berbulan-bulan lamanya terkurung di dalam rumah, menikmati keindahan alam bisa menjadi media untuk kembali menyegarkan pikiran dari segala tekanan. Tak hanya itu saja, destinasi wisata alam juga lebih disukai karena menjadi salah satu cara agar tetap bisa ber libur namun tetap dapat mengindari kerumunan.

Wisata Murah dan Fleksibel

Saat ini kondisi Ekonomi memang dalam kondisi yang kurang baik sejalan dengan adanya pandemi Covid-19. Sedangkan liburan menjadi kebutuhan yang seolah harus terpenuhi. Oleh karenanya, harga dan penawaran yang kompetitif paket liburan memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan. Mereka juga mencari produk yang fleksibel saat perjalanan, dala hal ini pembatalan gratis. Saat ini, harga menjadi faktor yang penting untuk menyakinkan para wisatawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here