Jika anda berlibur ke kota Bandung tidak lengkap jika anda tidak membawa oleh-oleh kembali ke kota masing-masing. Oleh-oleh sudah menjadi hal biasa bila keluarga atau teman sedang berpergian. Inilah referensi oleh-oleh makanan khas bandung yang bisa kalian bawa pulang.

1. Peuyeum Bandung.

Peyeum atau bahasa lainnya sebagai yaitu tape ini terbuat dari singkong yang di fermentasi. Peyeum sendiri sudah melekat menjadi oleh-oleh khas kota Bandung dan mudah di dapatkan.

Makanan ini yang membedakan dengan Peyeum lainnya karena proses pembuatanya yang berbeda dan tekturnya itu lebih kering dari pada yang lainnya. Kalian bisa mendapatkannya di kawasan Cihampelas karena mereka banyak menjajakan disini. dan hargnya sesaui dengan ukuran bentuknya.

2. Kopi Aroma.

Selain dengan aneka jajanan yang anda bawa, kalian harus membawa pulang kopi Aroma. Kopi Aroma merupakan kopi legendari dari kota Bandung yang sudah berdiri sejak 1930 dan sudah populer hingga luar negeri. Kopi ini proses pengolahannya masih dengan alat tradisional, mungkin pada zaman sekarang pabrik kopi sudah memakai alat alat modern.

Namun disini mereka masih dengan cara di jemur bertahun-tahun untuk menghilangkan kadar keasaman dari kopi tersebut. Untuk Kopi jenis arabika di simppan dalam karung goni dan di jemur kurang lebih 6-8 tahun, dan untuk kopi robusta hanya 5 tahun saja. Pabrik kopi ini sudah  mengalami dua generasi dari yang sebelumnya. Anda bisa mengunjungi di kawasan Jl. Banceuy No. 51 Braga, Kota Bandung.

3. Pisang Bolen Kartika Sari Bandung.

Pisang Bolen ini tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung di kota Bandung. Kartika sari sendiri merupakan toko kue paling laris di kota Bandung yang sudah berdiri sejak 1980an.Pisang bolen ini sendiri melejit ketika pemilik toko kue kartika sari menjualnya. Karena semakin larisnya pisang bolen, pemilik kartika sari sendiri mulai menciptakan variasi isian dari bolen.

Baca juga  Cara Dan Syarat Mengajukan Kur BRI 2018

Sekarang anda bisa membeli pilihan isian bolen yaitu, Peyeum bolen, Durian bolen, Kacang hijau bolen, dan lain sebagainya. Untuk harga sendiri anda tidak usah khawatir hanya dengan harga sekitar 50rb-70rban untuk satu box Bollen. Kalian bisa datang ke Jl. H. Akbar No. 4, Kebon Kawung, Bandung.

4. Picnic Roll Primarasa.

Makanan yang satu ini tidak kalah dengan pisang bolen kartika sari. Picnic Roll jangan anda lewatkan untuk menjadi bahan oleh-oleh. Makanan ini merupakan kue yang berisi daging cincang yang diolah dengan bumbu khusus, lalu di masukan kulit pastri didalamnya berisi telur.

Oleh-oleh ini hanya bisa ditemukan di kota Bandung dan hanya ada di beberapa toko yang menyediakan Picnic Roll. Untuk anda ingin kunjungi bisa datang Jalan Kemuning No 20, Merdeka Sumur Bandung, kota Bandung.

5. Gepuk Nyonya Ong.

Gepuk ini merupakan hasil olahan daging sapi dan ayam yang juga terkenal seperti empal. Potongan daging ini diproses secara digeprek lalu di tipikan sesuai rangkai mengunakan lidi agar tidak hancur pada saat di masak. Tak hanya daging sapi saja adapun daging ayam, gepuk ini di olah dengan berbagai macam varian seperti beef salty, beef original, beef extra pedas, beed less sugar dan lainnya sehingga saat menjadi bahan oleh-oleh. Makanan ini bisa langsung di santap dengan nasi panas. Gepuk Nyonya Ong bisa di kunjungdi Jl. Dr.Djunjunan 153E, Kota Bandung.

6. Rujak Cireng.

Kalian kalau sedang di kota Bandung jangan lupa mencicipi cireng alias aci di goreng. Warga Bandung sangat mengemari cireng karena rasanya gurih dan teksturnya kenyal. Tapi biasanya cireng zaman dulu hanya di goreng saja atau di beri isian bumbu kacang, ayam suir dan lainnya.

Baca juga  Naluri Bisnis yang Semakin Kuat

Kini cireng bisa dinikmati mengunakan bumbu rujak manis pedasnya sangat terasa. Rujak cireng kebanyakan banyak dijual dengan keadaan frozen jika anda untuk keperluan oleh-oleh, jika anda ingin mencicipi langsung saat sedang hangat. Untuk harga sangat murah setiap outlet yang anda datangi.

7. Batagor Kingsley.

Kalian harus tahu dengan makanan khas Bandung yang satu ini merupakan tahu isi diberi olahan ikan tenggiri dan tepung lalu di goreng. Batagor ini berbeda dengan yang lain, tahunya terasa lembut dan adonan acinya juga renyah saat di cicipi dengan dipadukan bumbu kacangnya yang manis dan agak pedas. Menu Batagor Kingsley ada baso tahu goreng, baso tahu kuah dan siomay.

Ada juga menu untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh sehingga saat sampai rumah bisa langung masukan kedalam freezer. Untuk harga tidap perlu kuatir hanya dengan 21ribu satu porsi karena haganya sepadan dengan kelezatan. Kalian bisa kunjungi Batagor Kingsley di Jl.Veteran No.25, Kota Bandung.

8. Brownies Kukus Amanda Bandung.

Kue Brownies yang satu ini merupakan pelopor oleh-oleh Bandung. Brownies kukus ini sangat unik karena tidak biasanya brownies dikukus, teksturnya sangt lembut dan cokelatnya yang sangat legit. Makanan ini sudah berdiri tahun 2000an, dan pada memulai usahanya di ebuah outlet kecil di jalan Rancabolang No.29, Margahayu raya kota Bandung.

Namun makanan ini sudah melebarkan saayapnya hampir semua kota di indonesia, misalnya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Pada menu pertama di Brownies kukus Amanda hanya ada rasa cokelat original, namun sekarang sudah banyak varian rasa mulai dari brownies cheese cream, choco marble, sarikaya pandan, tiramisu  dan lain-lain. Brownies kukus cocok untuk oleh-oleh keluarga dirumah, Untuk harga mulai dari 30ribu-70ribu, perboxnya.

Baca juga  Batu Permata yang Bernilai Tinggi.

9. Tahu Susu Lembang.

Tahu Sumedang yang terkenal di jawa barat, namun Bandung juga memiliki punya tahu yang tak kalah enak dari tahu-tahu di Jawa Barat. Memiliki rasa yang gurih dan tektur yang lembut dan rasanya tidak masam.

Makanan ini cocok untuk oleh-oleh khas Lembang Bandung untuk keluarga atau kerabat anda. Anda dapat membeli Tahu Susu Lembang di Jl. Raya Lembang No.117, Tahu Tuhid yang tak kalah enak di Jln Sesko AU No. 20 Lembang dan Tahu Yun Yi di Jln Jendral Sudirman No. 229.

10. Kafetaria Pia 170.

Kafetaria pia 170 mirip seperti Bakpia jogja, namun untuk bakpia ini sendiri bakpia berbeda dengan yang lain. Tempat makan kantoran di era 80an menjadi bentuk interior dan ekterior menjadi terlihat vintage. Sehingga menjual pia berbagai rasa dan rasa unggulan di kafe pia ini, yaitu Butterscotch yang menarik dari pia tradisional dengan harga sekitar 30ribu saja anda bisa membawa pulang untuk oleh-oleh keluargaa dirumah. Anda bisa datang di Jl. HOS Cokroaminoto No. 170 Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here