Terakurat.com – Tips Membuat Disinfektan – Banyak cara yang dapat kamu lakukan guna mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya dengan cara menjaga daya tahan tubuh serta kebersihan diri dan lingkungan menjadi beberapa hal yang dirasa dapat mencegah penularan.

Tak hanya menggunakan Handsanitizer dan sabun saja, disinfektan juga diperlukan demi mencegah penyebaran virus Corona. Ada baiknya barang-barang yang sering kamu sentuh atau gunakan dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfektan.

Tidak perlu terburu-buru ke supermarket dan membeli banyak disinfektan sebagai persediaan. Karena kamu bisa membuat disinfektan sendiri hanya dengan bahan yang lebih murah.

Tidak banyak yang tahu bahwa cairan pemutih baju yang mengandung klorin dapat dimanfaatkan sebagai disinfektan yang cukup ampuh membunuh kuman. Namun, untuk menggunakannya kamu tidak dapat secara langsung menyemprotkan cairan pemutih ke benda-benda. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencairkan cairan pemutih tersebut.

Center for Disease Control (CDC) merekomendasikan menggunakan cairan pemutih yang telah dilarutkan dengan perbandingan 1:9 sebelum di semprotkan pada permukaan benda yang mungkin terpapar virus.

Berikut ini langkah-langkah membuat disinfektan dari larutan pemutih yang aman dan efektif.

Tips membuat disinfektan

Pertama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

  • Botol semprot plastik atau botol kaya yang memiliki penutup.
  • Air.
  • Gelas pengukur.
  • Kein lembab.
  • Cairan pemutih pakaian.
  • Sarung tangan karet

Hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat cairan ini adalah harus dilakukan di luar rumah atau ruangan yang memiliki ventilasi yang baik.

Kedua, gunakan pakaian dan sepatu agar jika tidak terkena cipratan atau tumpahan cairan pemutih.

  • Siapkan 100 ml cairan pemutih dan 900 ml air.
  • Tuang pemutih secara hati-hati kedalam botol semprotan atau toples terlebih dahulu.
  • Aduk hingga tercampur.
Baca juga  Tips Memilih Mukena Yang Nyaman.

Jika ingin membuat cairan disinfektan yang lebih banyak, maka tetaplah berpedoman pada perbandingan 1:9 ini. Jika cairan pemutih tersebut secara tidak sengaja mengenai bagian kulitmu maka segera lap dengan kain lembab.

Yang terpenting jangan pernah menambahkan bahan lain ke dalam lauran disinfektan ini. Jika larutan disinfektan sudah jadi, hindari dari panas, sinar matahari langsung dan penguapan.

Baca juga : Tips Agar Anak Disiplin Belajar Dirumah Selama Libur Akibat Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here