Terakurat – Tips Memilih Laptop Terbaik – Saat ini sudah banyak sekali laptop yang canggih dimana-mana, laptop yang memiliki daya tarik bagus akan membuat orang tertarik untuk membelinya. Akan tetapi ketika orang-orang telah membeli laptop yang bagus tersebut kebanyakan mereka kecewa.

Pasalnya laptop yang mereka pilih tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, bisa jadi disebabkan karena spesifikasinya terlalu rendah, sehingga mereka kurang nyaman. Atau karena spesifikasinya terlalu tinggi sehingga mereka baru sadar bahwa mereka membuang uang untuk membeli latop yang mumpuni, padahal ia tidak membutuhkannya.

Nah, agar kamu mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan maka simak ulasan tips memilih laptop terbaik berikut ini!

Tips Memilih Laptop Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan!

Tips Memilih Laptop Terbaik
Sumber Gambar : https://pixabay.com

Laptop Baru atau Bekas?

Sebelum kamu membeli laptop, tentukan kondisinya terlebih dahulu, mau yang baru atau bekas. Sebenarnya hal ini bukanlah sebuah masalah selagi persiapannya seperti poin-poin berikutnya. Tapi jika kamu ingin membeli laptop bekas dan kurang tahu tips dan trik-nya kemungkinan akan mengecewakan.

Memilih Sistem Operasi yang Digunakan

Sebelum kita membeli laptop, sering kali kita dihadapkan dengan kebingungan ketika memilih sistem operasi, terutama bagi orang yang masih awam dengan dunia teknologi. Pasalnya terdapat banyak sekali sistem operasi yang digunakan pada laptop, namun terdapat beberapa sistem operasi yang biasanya terjual berserta laptopnya dan ada juga yang dijual tanpa sistem operasi. Jadi kita diharuskan untuk membeli lisensi dari sistem operasi yang kita inginkan.

Sistem operasi yang biasanya ada di pasaran antara lain:

  • MacOS

MacOS merupakan sistem operasi yang hanya dapat didapatkan ketika kamu membeli MacBook. Sistem operasi yang satu ini memiliki antivirus yang bisa dikatakan sangat kuat, jadi ketika kita akan membeli MacBook besar kemungkinan semua data pekerjaan kita dapat dengan aman disimpan tanpa harus terkena virus atau malware.

Hal ini tentunya menjadi sangat efektif, terutama bagi seorang editor video. Maka Macbook ini lebih dikhususkan oleh para video atau konten creator, seperti YouTube, film dan lainnya. Harga dari MacBook ini memang terbilang sedikit mahal, tapi dengan kualitas yang dijanjikan oleh perusahaan apple sendiri memang sangat memumpuni.

  • Windows 10

Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini sangat sering sekali kita jumpai, bahkan hampir semua komputer menggunakan sistem operasi yang satu ini. Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft setelah Windows 8.1.

Baca juga  Aplikasi Edit Vidio Di Android Yang Cukup Mudah Untuk Digunakan

Windows 10 ini menjadi salah satu penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya karena fitur yang ditawarkannya lebih menarik. Selain itu, Windows 10 merupakan sistem operasi kelas tinggi dengan segala kecanggihannya.

  • Chrome OS

Chrome OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google yang akhir-akhir ini sedang marak dibicarakan di banyak media.

Desain interface yang ditawarkan dari sistem operasi ini memanglah sangat menarik dan elegan serta tampilannya tidak jauh berbeda dari sistem operasi produksi Microsoft. Sistem operasi ini juga dapat menjalankan beberapa aplikasi android yang ada di ponsel android kita.

Memilih Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Laptop Terbaik

Disamping faktor sistem operasi, sebelum membeli laptop kamu juga harus memperhatikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini banyak sekali laptop yang mampu menjadi sebuah tablet ataupun menjadi bentuk lain sesuai kebutuhan.

Namun biasanya laptop yang memiliki fasilitas 2 in 1 memiliki masalah pada daya tahan baterainya. Daya tahan dari baterainya terkadang memiliki kelemahan. Kebanyakan diantaranya hanya mampu bertahan Screen on Time selama kurang lebih 60-90 menitan saja.

Jadi untuk para editor maupun gamer sekalipun tentunya hal ini menjadi salah satu masalah yang amat penting. Pasalnya laptop dengan fasilitas ini biasanya lebih mementingkan desain ketimbang kegunaanya. Maka laptop dengan fasilitas ini sangat tidak dianjurkan untuk para editor maupun gamer.

Memilih Ukuran Laptop

Sebelum kamu melihat harga dari sebuah laptop, kamu juga harus memperhatikan ukuran dari laptop yang akan kamu pilih. Ukuran laptop memiliki banyak varian, dari yang kecil hingga yang terbesar. Itu semua tergantung kebutuhan dan biasanya laptop dikategorikan berdasarkan ukuran layarnya.

Koreksi keyboard dan Touchpad

Keyboard dan Touchpad memang menjadi peran yang sangat penting dari sebuah laptop. Tanpa adanya kedua hal tersebut, maka laptop tidak berarti apa-apa. Keyboard dan Touchpad dari setiap laptop memang memiliki perbedaan. Namun perbedaan ini disesuaikan dengan kebutuhan pengguna masing-masing.

Tips memilih laptop dengan keyboard sesuai kebutuhan diantaranya:

  • Pastikan ketika ditekan lalu dilepas, keyboard tersebut dapat kembali ke posisi semula dengan baik.
  • Pastikan jarak antar tombol pada keyboard sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Pastikan ketika mengetik kita merasa nyaman saat menggunakannya.
  • Selain itu keakuratan touchpad juga harus sempurna dan sensitifitas touchpad harus terbilang lumayan.
Baca juga  Resep Minuman Untuk Sahur yang Enak dan Mudah Dibuat

Tentukan Spesifikasi

Laptop memiliki beberapa bagian di dalamnya, ada prosesor, hard drive, RAM, VGA dan lainnya. Semua bagian tersebut merupakan penunjang dari kinerja pada setiap laptop. Semua bagian tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Komponen utama dari laptop yaitu prosesor. Prosesor merupakan otak dari setiap laptop. Prosesor mempunyai banyak sekali varian, mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Prosesor untuk laptop sejauh ini hanya ada dua merk ternama yaitu Intel Corporation dan AMD. Kedua merk ternama ini memang saling beradu kualitas, terutama pada segi hardware.

Kedua prosesor ini memiliki karakter dan harga yang berbeda. Prosesor Intel memang agak mahal dari AMD, tapi performa dari keduanya tidaklah jauh berbeda. Kedia merk tersebut juga bersaing dalam bidang RAM maupun VGA.

Batrai

Jika kamu termasuk seorang yang memiliki banyak waktu di depan laptop, maka lebih baik memilih laptop dengan daya tahan batrai yang lebih dari 2 jam. Karena laptop dengan daya tahan batrai sebesar ini, kita tidak perlu direpotkan lagi dengan charger laptop ketika kita sedang menggunakannya jauh dari sumber listrik.

Sesuaikan dengan Budget

Sebelum kamu membelinya pastikan kamu memiliki budget yang cukup untuk membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita tentunya. Ketika kamu memiliki budget yang lebih, lebih baik kamu membeli laptop dengan spesifikasi yang kamu butuhkan, tak perlu spek tinggi jika belum membutuhkannya.

Namun jika kamu belum memiliki dana yang cukup untuk membeli laptop yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu menabung lagi dan menunggu sampai uang kamu cukup untuk membeli laptop yang kamu butuhkan daripada membeli laptop yang spesifikasinya terlalu rendah dan tidak cukup untuk kebutuhan kamu hanya karena dana terbatas.

Pastikan Aman

Tips Memilih Laptop Terbaik

Seringkali laptop kita pakai untuk bekerja. Dan jika dipakai untuk bekerja, pastinya laptop akan di isi dengan file-file pekerjaan yang penting. Seperti hasil kerja atau bahkan dokumen perusahaan. Makannya keamanan dari laptop yang kita akan beli harus di perhatikan.

Mengamankan laptop hanya dengan menggunakan password saja, rasanya kurang aman. Apalagi jika password yang kamu gunakan adalah hal-hal yang dekat dengan kamu dan sudah diketahui olehbanyak orang, tentu hal ini akan merugikan.

Data-data yang ada pada laptop kamu bisa saja dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nah untuk itu maka diperlukan suatu pengamanan khusus seperti fingger print sensor. Cap jari kamu tentunya tidak dimiliki oleh orang lain. Itulah mengapa perangkat yang ada finggerprint nya terbilang aman.

Baca juga  Tips Untuk Mengatasi Rasa Malas!

Garansi dan Customer Service

Garansi sangat penting, untuk jaga-jaga jika laptop yang kamu beli itu produk cacat. Coba bayangkan, jika kita beli laptop tersebut dari hasil menabung bertahun-tahun lalu ketika sudah kamu beli tiba-tiba rusak dan tidak ada garansi? Cukup membingungkan bukan ketika memikirkan biaya service nya.

Selain itu usahakan juga untuk mencari tahu bagaimana pelayanan customer service dari produk tersebut, apakah ramah atau cuek. Jangan sampai customer service nya kurang memuaskan.

Upgrade-able

Kamu pastinya sudah tahu bahwa waktu ke waktu pasti ada saja yang baru. Setiap bulannya pasti ada saja produk laptop baru yang diluncurkan dengan membawa kualitas dan performa yang semakin baik tentunya. Hal ini untuk mengimbangi software dan fiturnya, semakin kompleks maka semakin berat.

Nah daripada kedepannya kamu membeli lagi laptop baru untuk jangka waktu yang relatif pendek, lebih baik beli saja laptop yang dapat di upgrade. Meskipun yang dapat di upgrade hanyalah Ram, tapi hal tersebut akan membantu kamu nantinya ketika akan menjalankan software dengan versi mutakhirnya.

Kelengkapan dan Konektifitas

Secanggih apapun laptop jika tidak dapat bekerja sendiri pastinya akan membutuhkan hardware lain seperti printer. Seberapa mahalpun macbook, sehebat apapun alienware, pastinya akan membutuhkan printer. Selain printer laptop juga membutuhkan mouse.

Pastikan laptop yang akan kamu beli memiliki port yang cukup dengan kebutuhkan. Untuk masalah konektifitas, untuk saat ini tidak ada masalah. Pasalnya semua laptop sudah dibekali dengan komponen konektifitas yang kita butuhkan, seperti LAN, WiFi, dan Bluetooth. Semua bisa kamu lakukan dengan jaringan lokal, mulai dari mengontrol mouse, berbagi file hingga bermain game bersama teman.

Itulah tips memilih laptop terbaik yang cocok untuk kamu yang akan membeli laptop. Jadi kamu harus mempertimbangkan semua point tersebut ketika akan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here