Terakurat – Tips Memperbaiki Sepatu Kulit – Sepatu kulit merupakan salah satu item fashion yang tren nya termasuk abadi. Sama halnya seperti jeans yang tidak pernah surut peminat, sepatu kulit selalu memiliki tempat di hari pada fashion enthusiast. Faktor daya tahan serta kekuatan yang dimiliki oleh sepatu kulit menjadi beberapa alasan yang mendasari mengapa orang menggandrungi sepatu jenis ini.

Namun, salah satu yang menjadi permasalahan dari sepatu kulit, baik yang terbuat dari kulit asli maupun kulit sintetis seiring waktu kulit bisa robek atau mengelupas. Penyebabnya bisa beragam dan yang paling umum adalah karena perawatannya yang kurang cepat dan ceroboh ketika menyimpan sepatu.

Penyebab Sepatu Mengelupas

Merawat sepatu kulit memanglah tidak terlalu sulit, tetapi jika asal-asalah maka sepatu kulit akan cepat rusak. Kerusakan awal yang sering terjadi pada sepatu kuilt biasaya dengan mengelupasnya kulit pada sepatu dan permukaannya yang kasar. Hal ini menyebabkan kulit sepatu mengelupas, selain karena tergores biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Sinar UV

Sinar UV merupakan musuh bagi item yang berbahan dari kulit, termasuk sepatu kulit. Maka, hindari menyimpan sepatu kulit di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Pasalnya, panas dari matahari dapat mengurangi kelembapan sepatu kulit.

Lebih baik jika disimpan di lemari yang gelap dan cukup ruang, dan jangan tumpuk sepatumu bersamaan dengan sepatu atau benda lainnya. Sepatu kulit rentan rusak atau terlipat jika terkena tekanan dan goresan. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit sepatu mudah terkelupas.

Suhu Lembab

Tidak hanya kulit muka saja yang membutuhkan hidrasi cukup agar tetap lembap dan sehat, kulit sepatu juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Namun hal tersebut bukan bararti kamu harus menyimpan sepatu kulitmu di tempat yang lembab, salah-salah sepatumu akan jamuran.

Baca juga  Menghapus Cache di Android Hingga Bersih Dengan CC Cleaner

Tempat terbaik untuk menyimpan sepatu adalah tempat yang memiliki ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik. Selain itu, hindari menyimpan sepatu kulit dalam plastik tertutup karena kantong plastik akan mempercepat kerusakan sepatu.

Goresan dan Tekanan

Goresan atau tekanan pada sepatu kulit memang sulit dihindari, apalagi ketika sepatu sedang dikenakan. Namun, bekas goresan pada sepatu kulit dapat diminimalisasi saat menyimpan sepatu.

Setelah digunakan, bersihkan noda dan kotoran sepatu menggunakan kainlap. Usap hingga sepatu benar-benar bersih, lalu simpan sepatu pada box atau rak tanpa ditumpuk. Ketika sepatu disimpan secara ditumpuk, sepatu akan mendapat tekanan sehingga dapat menyebabkan sepatu tertekuk. Kulit sepatu yang tertekuk akan berisiko retak dan mengelupas. Apalagi jika dalam waktu lama dan intensitas tinggi.

Hal ini juga berlaku untuk sepatu kulit asli dan sintetis. Jika kamu berpikir bahwa membeli sepatu kulit sintetis lebih menguntungkan dibandingkan membeli sepatu kulit asli karena sama-sama beresiko mengelupas, maka kamu harus mengubah pandanganmu tersebut.

Kedua jenis sepatu kulit ini memang sama-sama mempunyai resiko kulit mengelupas dan retak. Namun dari segi daya tahan dan usia pakai, sepatu kulit asli lebih tahan lama dan lebih aman dari resiko kulit sepatu mengelupas.

Tips Memperbaiki Sepatu Kulit yang Mengelupas

Tips Memperbaiki Sepatu Kulit

Sepatu kulit yang mengelupas tentu akan mengurangi keindahannya. Tekstur kulit yang tadinya terlihat bagus menjadi tidak indah dilihat lagi. Jika sudah terjadi demikian, maka jangan terburu-buru untuk membawanya ke bengkel sepatu. Kamu juga bisa memperbaikinya di rumah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Bersihkan sepatu

Untuk memperbaiki sepatu, pertama bersihkan terlebih dahulu sepatu dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan kain lap bersih atau tissue. Lalu gosokan dengan perlahan jangan sampai kulit yang mengelupas menjadi semakin lebar.

Baca juga  Situs Download Drama Korea dan Film Korea Terbaru

Gunakan Amplas Agar Lem Dapat Menempel pada Sepatu Kulit

Penggunaan amplas pada langkah ini adalah agar kulit sepatu dapat menempel dengan baik. Sebelum sepatu di lem, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengamplas bagian permukaan kuit sepatu yang mengelupas, amplas bagian tersebut hingga kulit sepatunya terkelupas.

Warnai Bagian Kulit Sepatu yang Telah Diamplas

Warnai bagian yang dihamplas tadi menggunakan marker atau spidol permaen. Sesuaikan dengan warna sepatu. Gunakan spidol permanen warna hitam sepatumu berwarna serupa.

Beri warna pada keseluruhan bagian yang terkelupas sampai warnaya serupa dengan warna asli sepatu kulitmu. Pewarnaan sepatu menggunakan spidol ini akan membuat warna sepatu di bagian yang terkelupas terlihat merata.

Untuk sepatu kulit yang berwarna cokelat, mungkin saja warna spidolnya tidak akan serupa dengan warna asli sepatu. Namun, usahakan cokelatnya tidak begitu jauh dari warna cokelat sepatu kulitmu.

Gunakan Lap Halus untuk Menggosok Cat Sepatu

Celupkan lap kain pada cat sepatu dan ratakan cat tersebut pada bagian yang mengelupas. Ratakan juga pada bagian depan dan kedua sisi sepatu. Pastikan semua permukaan sepatu kulit tertutupi cat sepatu sehingga warnanya seragam. Terutama pada bagian sepatu mengelupas yang telah diampelasi tadi, usahakan kamu membuat bagian tersebut telah tertutupi warna yang serupa.

Oleskan Shoe Goo pada Permukaan Sepatu

Shoe Goo merupakan cairan lem karet dan biasanya digunakan untuk memperbaiki sepatu dan bahan-bahan kulit lainnya. Untuk kulit sepatu yang mengelupas tadi, oleskan Shoe Goo ke semua permukaan sepatu. Shoe Goo bekerja dengan cara menyegel bagian permukaan sepatu kulit dan melindungi lapisan bawah kulit sepatu. Dengan begitu maka sepatumu tidak akan mudah mengelupas lagi.

Baca juga  Fakta Menarik Yang jarang Diketahui.

Cara mengoleskan lem ini juga tidaklah sulit, kamu hanyalah perlu membuthkan kuas kecil berukuran 1,3cm. Lalu keluarkan isi lem dari tabung Shoe Goo dan gunakan kuas tadi untuk meratakan lemnya. Pastikan Shoe Goo telah dioleskan merata pada seluruh permukaan kulit sepatu. Setelah itu biarkan Shoe Goo mengering, untuk memastikannya sentuh bagian permukaan sepatu kulit untuk memastikan apakah lapisan lem diatas permukaan sepatu kulit benar-benar telah kering. Jika Shoe Goo tidak menempel pada jarimu, itu tandanya lem telah mengering dengan sempurna. Jika masih terdapat sisa lem menempel tandanya kamu butuh waktu yang lebih lama mengeringkan sepatumu.

Semprotkan Spray Sepatu Kulit

Spray ini akan membantu merawat kulit sepatu agar tidak mudah pecah-pecah. Cara menggunakannya ketika sepatu telah dibersihkan, lalu semprotkan spray ini pada seluruh permukaan sepatu. Lalu angin-anginkan sepatu yang telah disemprotkan agar cairan dapat meresap dengan sempurna.

Nah, itulah penyebab sepatu mengelupas dan cara memperbaikinya. Selain itu, perhatikan pula cara merawat sepatumu dengan benar. Sepatu yang terawat tentunya akan membuat usia pakainya semakin lama. Semoga tips memperbaiki kulit sepatu diatas tadi bermanfaat.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here